Jenis Mesin Frais / Milling Machine

Mesin frais (milling) termasuk mesin yang umum digunakan di dunia industri. Mesin ini bisa digunakan untuk membentuk benda kerja menjadi berbagai macam bentuk. Dengan fungsinya yang fleksibel, mesin ini tentunya cukup mahal harganya.

Bagi anda yang ingin membuka bisnis bengkel, mesin frais sangat tepat untuk jadi pilihan anda. Mesin ini bisa digunakan untuk produksi dan juga repair, jadi sangat menguntungkan. Sebelum membelinya, mari kita bahas seputar tentang mesin frais.

Baca juga seri lengkap dari Materi Mesin Frais

A. Jenis mesin frais tipe kolom dan lutut

Jenis mesin frais yang umum ditemukan di bengkel pemesinan. Meja pada mesin ini terhubung dengan lutut yang dapat digerakkan secara vertikal sejajar dengan kolom utama mesin.

Ketinggian lutut bisa diatur sehingga cocok untuk pengefraisan dengan beberapa ketinggian yang berbeda. Mesin frais tipe kolom dan lutut dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

Menurut berbagai metode pemakanannya, perbedaan gerakkan mejanya, dan perbedaan arah putaran spindlenya.

1. Mesin frais tangan (hand milling machine)

hand milling machine
(czjyjc.en.made-in-china.com)

Mesin frais paling sederhana yang gerak pemakanannya dikendalikan dengan tangan. Mesin ini tidak memiliki gerak otomatis. Cocok untuk pekerjaan frais ringan seperti pembuatan alur pasak

2. Mesin frais horizontal

horizontal milling machine
indiamart.com

Mesin frais yang memiliki spindle mesin dengan posisi mendatar. Alat potong atau pisau yang dapat digunakan hanya jenis pisau mantel (helix). Gerakkan mejanya dapat memanjang, melintang, dan vertikal.

3. Mesin frais vertikal

mesin frais vertikal
foto-basa.com

Mesin frais yang memiliki spindle dengan posisi tegak/vertikal. Spindlenya dapat dimiringkan dengan sudut tertentu. Gerakkan mejanya dapat memanjang, melintang, dan vertikal. Ada berbagai macam pisau yang dapat digunakan pada mesin ini. Contohnya : pisau jari, pisau ekor burung, dan lain-lain.

4. Mesin frais universal

universal milling machine
homesecurity.press

 

Mesin frais gabungan antara mesin frais vertikal dan horizontal. Yaitu memiliki spindle dengan posisi tegak dan mendatar. Dengan demikian operator bisa menggunakan berbagai macam alat potong. Baik itu untuk mesin frais vertikal maupun horizontal.

Kelebihan mesin frais ini adalah mejanya dapat digeser atau diputar secara horizontal sebesar 45° derajat. Baik itu digeser ke kiri atau ke kanan. Dengan demikian, mesin ini memiliki empat arah pemakanan.  Yaitu ke kanan, kiri, menyudut dan verikal.

Mesin frais universal juga dapat menggunakan tambahan perlengkapan tertentu. Seperti, kepala pembagi (dividing head), perlengkapan mesin frais vertikal, ragum putar (rotary vice), dan lain-lain.

Mesin frais ini dapat digunakan untuk membuat spur, bevel, spiral, twist drill, reamer, dan lain-lain. Semua jenis pembentukan dapat dikerjakan dengan mesin frais universal.

5. Mesin frais omniversal

Gerakkan pemakanannya sama seperti mesin frais universal. Memiliki 4 gerak pemakanan. Meja pada mesin ini juga dapat dimiringkan secara vertikal untuk keperluan tertentu. Dengan meja yang dapat dimiringkan, mesin ini bisa digunakan untuk membuat alur spiral pada reamer dan roda gigi bevel.

B. Jenis mesin frais fixed bed

Bed Type Milling Machine
maquinariacolas.com

Mesin frais ini memiliki ukuran yang besar, berat , dan kokoh. Pergerakan meja pada mesin ini terbatas pada sudut tertentu tanpa ketentuan untuk penyetelan silang maupun vertikal. Mesin frais ini diklasifikasikan menjadi 3 jenis. Yaitu

  1. Simplex (kepala spindle tunggal),
  2. Duplex (dua kepala spindle), dan
  3. Triplex (tiga kepala spindle).

C. Jenis mesin frais Planer

plano milling machine
indiamart.com

Mesin frais ini disebut juga sebagai “Plano Miller”. Merupakan mesin yang digunakan untuk pekerjaan berat. Spindle mesin dapat diatur dalam arah vertikal ataupun horizontal.

Mesin ini memiliki rel lintas yang bisa dinaikkan atau diturunkan untuk membawa alat potong. Memiliki beberapa spindle dan sadle yang masing-masing didukung kaki yang tegak.

Dengan beberapa pengaturan spindle yang berbeda, mesin ini bisa menghasilkan beberapa permukaan berbeda sekaligus. Sehingga proses pengefraisan bisa lebih efektif. Perbedaan mesin frais planer dan  fixed bed dapat dilihat dari gerakkan mejanya.

Pada mesin frais planer, gerakkan meja digunakan untuk memberikan kecepatan potong. Sedangkan pada mesin frais fixed bed, gerakan meja hanya berfungsi memberikan umpan atau mendekatkan benda kerja agar terpotong.

D. Jenis mesin frais spesial

Mesin frais spesial dikembangkan untuk memenuhi suatu pekerjaan khusus. Spindle pada mesin ini berfungsi untuk memutar alat potong dan bisa menggerakkan alat potong ke arah yang berbeda. Yang termasuk jenis mesin frais spesial antara lain :

1. Mesin frais dengan meja putar (rotary table)

rotary table milling machine
theengineerspost.com

Meja pada mesin ini berbentuk bundar dan bisa berputar dengan sumbu vertikal. Alat potong pada mesin ini diatur pada ketinggian yang berbeda. Satu alat potong untuk pemakanan kasar dan satu alat potong lagi untuk finishing.

Keuntungan menggunakan mesin ini adalah operator bisa terus menerus memasang dan melepas benda kerja saat proses pengefraisan.

2. Mesin frais Drum

drum milling machine
zzlsjc.com

Prinsip kerjanya sama seperti mesin frais dengan rotary table. Namun meja pada mesin ini disebut “Drum” berputar dengan sumbu horizontal. Terdapat tiga atau empat spindle yang berputar.

Spindle pada mesin ini juga dipasang dengan sumbu horizontal. Alat potong terpasang pada spindle dan melakukan pemakanan yang didukung putaran meja frais.

Satu putaran penuh meja frais menandakan proses pengefraisan telah selesai untuk satu benda kerja. Kemudian operator bisa memasang benda kerja baru pada meja frais.

3. Mesin frais planetary

planetary milling machine
tmaxcn.com

Pada mesin frais ini benda kerja dipasang pada posisi diam. Sedangkan alat potong yang bergerak mendekati benda kerja dan melakukan pemotongan.

Alat potong bergerak sesuai dengan jalurnya untuk menyelesaikan permukaan silinder pada benda kerja. Baik itu secara internal maupun eksternal. Mesin ini juga diadaptasi untuk mesin frais penguliran internal dan eksternal.

4. Mesin frais pantograph

pantograph milling machine
liveauctionworld.com

Mesin frais ini bisa digunakan untuk menduplikasi suatu bentuk benda kerja. Ukuran benda duplikat dapat lebih kercil, sama, atau lebih besar dari ukuran aslinya. Dapat juga digunakan untuk model lain dengan tujuan tertentu.

Umumnya mesin ini terdiri dari empat sambungan yang tergabung dalam bentuk parallellogam. Mesin ini dapat unruk menduplikasi benda dua dimensi(contohnya gambar atau tulisan) atau tiga dimensi(berupa bentuk benda kerja dan konturnya).

5. Mesin frais tracer controlled

tracer controlled milling machine
cnczone.com

Mesin frais ini digunakan untuk membuat bentuk-bentuk kompleks seperti pada bentuk cetakan. Gerakan dari pelacak yang menyentuh benda asli akan mengarahkan gerakan pisau frais. Sehingga bentuk benda duplikat akan sama persis.

Gerakan stylus (pelacak) akan menekan sistem hidrolik dan mengangkat meja. Susunan dari semua sistem itu bisa disebut servomechanism.

6. Mesin frais CNC (Computer Numerical Control)

mesin frais cnc
cbecl.info

Mesin frais yang dapat menduplikasi benda kerja secara keseluruhan sesuai program atau template yang telah ditentukan. Spindle pada mesin ini bisa diatur pada posisi vertikal maupun horizontal terhadap meja mesin.

Pin program digunakan untuk mengatur pergerakan pisau frais. Pergerakan meja secara longitudinal (membujur) dan gerakan pisau secara melintang akan menyesuaikan dengan program yang telah dimasukkan.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: