√ Perlengkapan Mesin Frais / Milling [Materi Lengkap]

Perlengkapan mesin frais digunakan untuk menunjang berbagai jenis pekerjaan dalam proses pengefraisan. Sehingga proses pengefraisan menjadi lebih efisien.  Kira-kira apa saja sih perlengkapan mesin frais yang menunjang proses pengefraisan? 

Nah selanjutnya mari kita bahas apa saja perlengkapan mesin frais dan penggunaannya. 

Perlengkapan Mesin Frais

Perlengkapan mesin frais digunakan untuk menunjang berbagai jenis pekerjaan dalam proses pengefraisan. Sehingga proses pengefraisan menjadi lebih efisien. Kira-kira apa saja sih perlengkapan mesin frais yang menunjang proses pengefraisan?

1. Arbor mesin frais

arbor
cutwel.co.uk

Arbor pada mesin frais digunakan sebagai dudukan atau pengikat alat potong (pisau frais). Contohnya pisau mantel, side and face, slitting saw, roda gigi, dan lain-lain.

Arbor ini dipasang pada spindle utama dengan posisi mendatar atau horizontal. Arbor membutuhkan pendukung arbor (support arbor) pada saat digunakan.

2. Support arbor

support arbor
cincinnatimilling.com

Support arbor digunakan untuk menopang salah satu ujung arbor yang panjang. Sehingga pergerakan arbor bisa stabil dan tidak bergetar.

3. Arbor pendek (stub arbor)

stub arbor
assetplant.com

Stub arbor juga digunakan sebagai dudukan atau pengikat alat potong (pisau frais). Contohnya pisau face mill, shell endmill, side and face mill, dan lain-lain.

Pemasangannya diikatkan pada spindle utama dengan posisi horizontal atau vertikal. Stub arbor tidak membutuhkan pendukung arbor.

4. Cekam kolet (collet chuck)

amazon.co.uk

kolet juga digunakan sebagai pengikat alat potong atau pisau frais. Contohnya end mill, slot drill, center drill, mata bor, dan lain-lain. Dapat dipasang pada spindle dengan posisi vertikal atau horizontal.

Umumnya kolet tersedia dalam satu set yang terdiri dari kolet, rumah kolet, dan kunci C sebagai pengencang dan pembuka alat potong. Perbedaan dengan stub arbor adalah ukuran alat potong yang dipasang lebih kecil dibanding pada stub arbor.

5. Adaptor mesin frais

adaptor
knuth-usa.com

Adaptor fungsinya sama dengan perlengkapan yang sebelumnya, yaitu sebagai dudukan dan pengikat alat potong pada mesin frais.

Adaptor sendiri memiliki dua jenis yaitu adaptor lubang lurus untuk alat potong bertangkai lurus. Dan adaptor lubang tirus untuk alat potong bertangkai tirus.

6. Pembesar lubang (boring head)

boring head
ebay.co.uk

Yaitu perlengkapan mesin frais yang digunakan sebagai pengikat alat potong (flying cutter) yang digunakan pada proses memperbesar lubang.

7. Ragum mesin

 

ragum
axminster.co.uk

Ragum digunakan untuk menjepit atau memegang benda kerja dengan kuat ketika proses pengefraisan. Pemasangannya harus sejajar dengan meja mesin sehingga dapat menghasilkan pengefraisan yang rata, siku, dan sejajar.

8. Meja putar (rotary table)

axminster.co.uk

Fungsi dari rotary table antara lain :

  1. Membentuk lingkaran atau radius
  2. Membagi jarak lubang atau alur
  3. Membagi bidang segi banyak beraturan dan tidak beraturan

Dilakukan berdasarkan sudut tertentu dalam satu keliling lingkaran pada pusat sumbu. Ada tiga jenis meja putar, yaitu meja putar horizontal, horizontal/vertikal, dan universal miring.

Penggunaanya disesuaikan dengan kebutuhan proses pengefraisan.

9. Kepala pembagi (dividing head)

dividing head
johnfsworkshop.org

Yaitu perlengkapan yang fungsinya sama dengan rotary table. Namun pembagian sisi yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan dengan rotary table. Jenis kepala pembagi antara lain :

  1. Kepala pembagi dengan pelat beralur V
  2. Kepala pembagi dengan pelat pembagi
  3. Kepala pembagi dengan penggerak roda gigi cacing dan ulir cacing
  4. Kepala pembagi Universal

10. Kepala lepas (tailstock)

tailstock
prolinemax.com

Perlengkapan yang berfungsi untuk menyangga benda kerja yang diikat dengan kepala pembagi. Sehingga pada saat proses pengefraisan, benda kerja tidak bergetar atau bergeser dan menjaga sumbu senter benda kerja.

Toolpost pada mesin frais diikat pada meja mesin dengan mur dan baut.

11. Penjepit atau klem mesin (clamp)

clamp
axminster.co.uk

Yaitu perlengkapan yang berfungsi untuk menjepit benda kerja yang tidak memungkinkan dijepit menggunakan ragum. Contohnya benda kerja yang panjang dan lebar.

Penjepitan dilakukan langsung pada benda kerja yang diletakkan diatas meja mesin. Jika ukuran panjang atau lebarnya melebihi mesin frai, maka penjepitannya disesuaikan dengan jangkauan dari pisau frais.

Tinggalkan komentar

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: