√ Mesin Sekrap [Materi Lengkap + Gambar]

Mesin sekrap adalah mesin perkakas yang memiliki gerak utama lurus bolak-balik secara vertikal maupun horizontal. Nama lainnya antara lain shaping machine,  mesin ketam atau mesin serut.

Mesin ini digunakan untuk mengerjakan bidang-bidang yang rata, cekung, cembung, beralur, dan lain-lain. Baik pada posisi mendatar, tegak ataupun miring.

Prinsip Kerja

Benda kerja diikat atau dijepit pada ragum, kemudian disayat menggunakan pahat yang bergerak lurus maju mundur. Gerakan maju untuk menyayat dan gerakan mundur tanpa penyayatan.

Gerakan maju mundur lengan mesin atau pahat diperoleh dari motor yang dihubungkan dengan roda bertingkat melalui sabung (belt).

Dari roda bertingkat diteruskan ke roda gigi antara dan dihubungkan ke roda gigi penggerak engkol besar. Roda gigi tersebut memiliki alur dan dipasang pada engkol melalui tap.

Pada saat roda gigi berputar maka tap engkol berputar eksentrik dan menghasilkan gerakan lengan maju mundur. Kedudukan tap dapat digeser sehingga panjang eksentrik dan panjang langkah dapat diubah.

Jenis Mesin Sekrap

A. Menurut Sumber Gerakan

1. Mesin Sekrap Engkol (crank shaper)

mesin sekrap engkol
pmmodelengines.com

Merupakan jenis yang paling umum. Dimana gerakan ramnya berasal dari engkol, blok engkol, dan pin engkol. Ukuran pembentuk dikenal oleh pukulan ram terbesar. Biasanya panjang langkah antara 12″ hingga 36″. Umumnya 24″.

2. Mesin Sekrap Roda Gigi (gear type shaper)

mesin sekrap roda gigi
indiamart.com

Jenis ini memperoleh gerakan maju mundur dari gerakan roda gigi rack dan pinion. Kecepatan gerakan maju mundur tergantung pada jumlah gigi pada rack.

3. Mesin Sekrap Hidrolik (Hydraulic shaper)

mesin sekrap hidraulyc
indiamart.com

Jenis ini memperoleh gerakan maju mundur dari tenaga hidrolik. Oli yang mengalami tekanan tinggi dipompa ke dalam silinder yang dilengkapi dengan piston.

Ujung batang piston terhubung dengan ram. Pertama-tama oli bertekanan tinggi bekerja pada satu sisi piston. Sehingga menyebabkan piston bergerak dan gerakan tersebut ditransmisikan ke ram.

Kecepatan piston dapat diubah dengan cara mengatur jumlah oli yang dikirim oleh pompa. Keuntungan dari jenis mesin ini adalah kecepatan dan kekuatan dorongan ram konstan dari awal hingga akhir.

B. Menurut Posisi Ram

1. Mesin Sekrap Horizontal

mesin sekrap horizontal
alibaba.com

Pada mesin sekrap jenis ini, ram pemegang pahat bergerak maju mundur pada posisi horizontal. Umumnya digunakan untuk pemotongan permukaan yang rata. Panjang langkah maksimum mencapai 1000 mm.

2. Mesin Sekrap Vertikal (slotter)

mesin sekrap vertikal
alibaba.com

Pada mesin sekrap jenis ini, ram pemegang pahat bergerak maju mundur pada posisi vertikal. Biasanya digunakan untuk pemotongan yang dalam, menyudut, serta untuk pengerjaan yang sulit dijangkau.

3. Traveling Head Shaper

mesin sekrap traveling head
etwinternational

Pada mesin sekrap jenis ini, ram pemegang pahat bergerak maju mundur dan melakukan pemakanan. Pada saat gerakan maju mundur, ram juga bergerak ke kanan atau kiri (menyilang) untuk terus melakukan pemakanan.

C. Menurut Bentuk Bed atau Meja Mesin

1. Mesin Sekrap Standar atau Planer

mesin sekrap horizontal
alibaba.com

Jenis mesin sekrap ini memiliki dua gerakan meja yaitu secara vertikal dan horizontal untuk melakukan pemakanan.

2. Mesin Sekrap Universal

mesin sekrap universal
alibaba.com

Meja pada mesin sekrap universal tidak hanya dapat digerakkan secara horizontal dan vertikal. Tapi dapat juga diputar sejajar dengan sumbu ram. Dan mejanya juga dapat dimiringkan secara horizontal.

Bagian-Bagian Mesin

bagian-bagian mesin sekrap
teknikmesin.id

1. Badan mesin

Berfungsi sebagai tempat seluruh bagian mesin, mekanik penggerak dan tuas pengatur.

2. Meja mesin

Berfungsi sebagai tempat dudukan benda kerja atau penjepit benda kerja. Meja mesin dapat  digerakkan oleh eretan lintang dan eretan tegak. Gerakan eretan lintang dapat diatur otomatis.

3. Lengan atau Ram

Berfungsi untuk menggerakan pahat maju mundur. Lengan diikat pada engkol menggunakan pengikat lengan. Kedudukan lengan berada di atas badan dan dijepit pelindung lengan agar gerakannya tetap lurus.

4. Eretan pahat

Berfungsi untuk mengatur ketebalan pemakanan pahat. Dengan memutar roda pemutar maka pahat dinaikkan atau diturunkan. Ketebalan pemakanan dapat dibaca menggunakan dial indikator.

Eretan pahat terpasang pada bagian ujung lengan. Dan ditumpu oleh dua pasang mur baut pengikat. Eretan dapat dimiringkan untuk penyekrapan bidang sudut atau miring. Kemiringan eretan dapat dibaca pada pengukur sudut eretan.

5. Pengatur kecepatan

Berfungsi untuk mengatur atau memilih jumlah langkah lengan mesin per menit. Untuk pemakanan yang tipis dapat dipercepat. Pengaturan hanya dapat dilakukan pada saat mesin berhenti.

6. Tuas panjang langkah

Berfungsi mengatur panjang pendeknya langkah pahat atau lengan. Disesuaikan dengan panjang benda yang disekrap. Pengaturan ini dilakukan dengan cara memutar tap ke arah kanan atau kiri.

7. Tuas posisi pahat

Tuas ini terletak pada lengan mesin. Berfungsi untuk mengatur kedudukan pahat terhadap benda kerja. Pengaturan posisi pahat dapat dilakukan setelah mengendorkan pengikat lengan.

8. Tuas pengatur gerakan otomatis meja melintang  

Untuk menyekrap secara otomatis dibutuhkan pengaturan panjang engkol. Pengaturan ini dapat mengubah gerakan putar mesin pada roda gigi menjadi gerakan lurus meja. Dengan demikian meja dapat melakukan gerak ingsutan (feeding).

Alat Potong yang Digunakan

Mesin sekrap memiliki satu alat potong, yaitu berupa pahat. Pemotongan pada mesin sekrap terjadi ketika pahat bergerak maju. Pada saat mundur, pahat tidak melakukan pemotongan.

Menurut material penyusunnya, jenis pahat sekrap yaitu pahat hss dan karbida. Yang sudah kami jelaskan pada artikel material pahat. Pahat sekrap yang digunakan ada berbagai macam bentuk, antara lain :

1. Pahat Sekrap Kasar Lurus

pahat sekrap kasar
uny.ac.id

2. Pahat Sekrap Kasar Lengkung

pahat sekrap kasar lengkung
uny.ac.id

3. Pahat Sekrap Datar

pahat sekrap datar
uny.ac.id

4. Pahat Sekrap Runcing

pahat sekrap runcing
uny.ac.id

5. Pahat Sekrap Sisi

pahat sekrap sisi
uny.ac.id

6. Pahat Sekrap Sisi Kasar

pahat sekrap sisi kasar
uny.ac.id

7. Pahat Sekrap Sisi Datar

pahat sekrap sisi datar
uny.ac.id

8. Pahat Sekrap Profil

pahat sekrap profil
uny.ac.id

Geometri Pahat Sekrap

geometri pahat sekrap
uny.ac.id

Tinggalkan komentar

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: