√ Teori Dasar Mesin Frais [Materi Lengkap + Gambar]

Mesin Frais disebut juga mesin milling merupakan salah satu mesin yang penting dalam dunia industri. Pengertian mesin frais adalah mesin yang memiliki gerak utama berputar yang berfungsi memutar pisau frais.

Mesin ini bisa digunakan untuk produksi massal dan memberikan hasil yang seragam. Mesin ini memiliki prinsip kerja memutar pisau frais untuk menyayat benda kerja. Termasuk salah satu mesin yang penting dan berguna dalam dunia industri.

Karena banyak sekali produk yang dapat diciptakan menggunakan mesin ini. Berikut ini kami jelaskan teorinya secara lengkap.

Daftar isi

Bagian-bagian mesin frais

mesin frais vertikal
http://mesinnews.blogspot.com

1. Alas Mesin (Base)

Bagian mesin paling bawah. Berfungsi sebagai pondasi dari mesin frais dan juga sebagai tempat pembuangan coolant yang telah digunakan. Semua beban berada pada alas mesin sehingga harus tahan terhadap tekanan tinggi. Terbuat dari besi cor.

2. Kolom mesin (badan mesin)

Kolom mesin berfungsi sebagai penopang atau tempat kedudukan bagian-bagian mesin seperti spindel, tuas-tuas, motor penggerak beserta puli-pulinya.

Bagian yang berbentuk ekor burung dengan posisi tegak berfungsi untuk geran naik turunnya lutut yang membawa sadel dan meja. Posisi badan mesin berdiri tegak dan kokoh, dipakai sebagai patokan dan merupakan dudukan dan rumah dari roda gigi.

Selain itu badan mesin jadi dudukan dari sumbu utama, bahkan untuk tempat atau dudukan motor dan puli-pulinya. Bagian depan yang dikerjakan secara khusus, adalah berbentuk ekor burung dengan posisi tegak untuk gerak turun naiknya lutut yang membawa sadel dan meja.

3. Lutut (Knee)

Bagian ini memiliki dua alur ekor burung yang saling tegak lurus. Satu berpasangan dengan kolom mesin dan satu lagi berpasangan dengan sadel. Lutut pada mesin frais terbuat dari besi cor dan hanya bisa digerakkan secara vertikal.

Di dalam lutut terdapat berbagai roda gigi yang mengatur gerakan otomatis. Baik itu gerak otomatis ke kanan, kiri, maju atau mundur. Bagian ini juga dapat dikunci dengan kolom agar kokoh saat proses pengefraisan.

4. Sadel (dudukan meja)

Sadel ini berada diantara lutut dan meja mesin frais. Berbentuk persegi, terbuat dari besi cor dan memiliki alur ekor burung yang berpasangan dengan lutut.

Sadel dapat digerakkan secara melintang mendekati kolom (gerakan maju mundur). Dapat juga dikunci ke lutut apa bila dibutuhkan. Di bagian atas sadel dibuat alur T yang melingkar 360° yang berhubungan dengan meja.

Sehingga memungkinkan meja diputar atau digeser untuk keperluan tertentu. Besar derajat perputaran meja dapat dilihat pada sadel. Sadel juga dilengkapi handle yang digunakan untuk membalik arah gerakan otomatis.

5. Meja mesin (Table)

Berada di atas sadel dan terbuat dari besi cor. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat untuk mengikat benda kerja dalam proses pengefraisan. Berbentuk persegi panjang dan memiliki alur-alur T.

Alur T pada meja berfungsi sebagai tempat mur dan baut yang digunakan untuk mengikat benda kerja atau ragum. Pada mesin frais universal, meja ini dapat diputar atau digeser 0-45 derajat.

Baik itu ke kiri maupun ke kanan. Meja ini dapat dikunci pada sadel agar tidak bergetar saat proses pengefraisan. Untuk memasang benda kerja dan pisau frais, kita membutuhkan berbagai macam perlengkapan.

6. Lengan (Arm)

Berada di atas kolom mesin frais horisontal dan universal. Bagian bawahnya memiliki alur ekor burung yang ujungnya berpasangan dengan bagian paling atas mesin.

Ujung yang satunya digunakan sebagai tempat pendukung arbor (support arbor) yang memiliki alur ekor burung pula. Lengan ini dapat dikunci dan dilepas untuk keperluan tertentu.

Pendukung arbor juga dapat dikunci dan dilepas pada posisi tertentu, sehingga cocok untuk pekerjaan tertentu.

7. Spindle

Spindle merupakan bagian penting dari mesin frais. Berfungsi sebagai tempat penahan alat potong pada mesin frais vertikal dan sebagai tempat arbor pada mesin frais horisontal.

Pada proses pengefraisan motor penggerak akan menggerakkan spindle sehingga alat potong berputar. Pada ujung spindle terdapat slot sebagai tempat penahan alat potong.

8. Arbor

Arbor merupakan bagian mekanis dari mesin frais. Berfungsi sebagai ekstensi spindle pada mesin frais horizontal. Arbor juga berfungsi sebagai pemegang alat potong (pisau frais) dan berputar sesuai arah pemakanan alat potong.

9. Support Arbor (Pendukung arbor)

Berfungsi untuk mendukung arbor agar gerakan arbor bisa stabil. Memiliki alur ekor burung yang berpasangan dengan lengan mesin frais dan lubang yang berpasangan dengan arbor.

10. Milling Head

Berada di bagian paling atas mesin frais vertikal. Bagian ini terdiri dari spindle, motor penggerak dan mekanisme pengendali lainnya.

11. Ram

Ram adalah lengan yang menjorok pada mesin frais vertikal. Ujung dari ram terhubung langsung dengan kolom mesin. Sedangkan ujung yang satunya terhubung dengan milling head.

12. Motor Penggerak

Berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau memberikan mesin tenaga untuk bergerak.

13. Handle

Berfungsi untuk menggerakan meja mesin secara manual. Baik itu secara vertikal maupun horizontal.

 

Baca juga : “√Teori Dasar Mesin Bubut [Materi Lengkap]

 

Parameter Proses Pengefraisan

1. Kecepatan potong (Cutting speed) – Cs

Setiap material memiliki kecepatan potong sendiri-sendiri berdasarkan karakteristiknya. Harga kecepatan potong dari tiap material ini dapat dilihat pada table yang terdapat didalam buku atau referensi. Rumus kecepatan potong, yaitu :

Cs = π. d . n ( m/menit )

Keterangan:

Cs =Cutting Speed ( m/menit )

d = Diameter Cutter ( mm )

n = Putaran Spindle ( Rpm )

π = Konstanta ( 3,14 )

2. Kecepatan Putaran Mesin (Spindle Machine)

Kecepatan putaran mesin adalah kecepatan putaran mesin dalam satu menit. Maka komponen yang bisa diatur dalam proses penyayatan adalah putaran mesin/pisau frais. Dengan demikian rumus putaran mesin, yaitu :

3. Kecepatan Pemakanan (Feeding)

Umumnya pada mesin , terdapat tabel kecepatan pemakanan atau feeding dalam satuan mm/menit. Jadi misalnya pada mesin disetel besar kecepatan pemakannya 28.

Artinya kecepatan pemakanan pisau frais sebesar 28 mm/menit. Semakin kecil kecepatan pemakanan pisau frais, maka permukaan benda kerja yang dihasilkan semakin halus. Tabel besar pemakanan pada mesin baru dapat digunakan jika mesin frais tersebut dijalankan dengan cara/mode otomatis.

Menghitung kecepatan pemakanan/feeding= F (mm/menit)

F (mm/men) = f (mm/putaran) x n ( put/menit)

Dimana, f adalah bergesernya benda kerja dalam satu putaran.

4. Perhitungan Waktu Pemesinan Frais

untuk mencari waktu pengefraisan dapat dihitung dengan rumus:

Metode Pemotongan

metode pemotongan1. Pemotongan searah

Yaitu pemotongan dengan arah gerakan benda kerja searah dengan putaran spindle/pisau frais.

2. Pemotongan berlawanan arah

Yaitu pemotongan dengan arah gerakan benda kerja berlawanan arah dengan putaran spindle/pisau frais.

Namun disarankan untuk memilih metode pemotongan searah. Karena memiliki beberapa keunggulan dibanding pemakanan berlawanan arah, antara lain :

  1. Beban yang diterima meja mesin lebih ringan.
  2. Hasil pengefraisan lebih halus.
  3. Tatal sisa hasil pengefraisan tidak mengganggu proses pengefraisan karena otomatis tersingkir.

Jenis proses pengefraisan

1. Pengefraisan Rata Sejajar dan Siku Arah Mendatar (Horizontal)

pengefraisan horizontalDalam melakukan pemotongan horizontal, jenis mesin yang digunakan yaitu mesin frais horizontal. Pisau yang digunakan yaitu jenis pisau frais mantel.

2. Pemotongan Rata Sejajar dan Siku Arah Tegak(Vertical)

pengefraisan vertikalUntuk mengefrais bidang rata dapat digunakan shell endmill cutter dengan cara yang sama, tetapi menggunakan mesin frais tegak. Untuk mesin frais universal dapat juga digunakan untuk mengefrais rata pada sisi benda kerja, dengan cara menggunakan stub arbor yang dipasang langsung pada spindel mesin.

3. Pengefraisan Bidang Miring

pengefraisan bidang miringPengefraisan bidang miring dapat dikerjakan dengan memiringkan benda kerja pada ragum universal. Apabila bidang permukaannya lebih lebar, diperlukan memasang cutter pada arbor yang panjang dengan pendukung atau menggunakan mesin frais horizontal.

4. Pengefraisan Alur

A. Pengefraisan Alur V Menggunakan pisau Sudut

pengefraisan alur vPengefraisan bidang miring atau sudut juga dapat dibuat dengan pisau sudut.

B. Pengefraisan Alur Tembus

pengefraisan alur tembusBanyak bagian mesin yang mempunyai bentuk/bidang beralur

C. Pengefraisan Alur Pasak

pengefraisan alur pasakPoros yang digunakan sebagai penerus daya biasanya dibuat alur pasak pada ujungnya. Alur pasak tersebut dapat dibuat menggunakan mesin frais.

D. Pengefraisan Bentuk Persegi

pengefraisan bentuk persegiBentuk-bentuk persegi misalnya membuat segienam, segiempat, dan sebagainya dapat dilakukan dengan mesin frais dengan alat bantu kepala pembagi.

E. Pengefraisan roda gigi

pengefraisan roda gigiPengefraisan ini membutuhkan pisau khusus untuk roda gigi dan juga menggunakan alat bantu kepala pembagi.

Pisau Frais (Milling Cutter)

Dalam menggunakan mesin frais, terdapat berbagai jenis alat potong atau pisau frais yang dapat digunakan. Pemilihan pisau frais akan berpengaruh terhadap profil dan bidang hasil pengefraisan. 

Berbeda profil hasil pengefraisan, berbeda pula pisau frais atau milling cutter yang digunakan. Berikut ini kami jelaskan secara lengkap berbagai informasi tentang pisau frais. Mulai dari geometri pisau frais, jenis pisau frais menurut bentuknya, dan material penyusun pisau frais.

Geometri Pisau Frais

Umumnya profil pisau frais itu berbentuk roda gigi. Baik itu roda gigi lurus maupun helix. Sehingga memiliki unsur-unsur sebagai berikut :

geometri pisau frais
quora.com

Pisau frais dengan bentuk ini terdiri dari beberapa bagian, antara lain :

  1. Lubang sebagai tempat arbor.
  2. Alur spi sebagai tempat memasang spi atau pasak.
  3. Diameter Luar
  4. Diameter Pitch
  5. Sudut Bebas
  6. Kedalaman Gigi
  7. Muka Gigi
geometri pisau frais endmill
destinytool.com

Menurut Mata Sayat Pisau Frais

1. Menyatu dengan Pisau Frais

endmill
dansdiscounttools.com

Pisau frais ini merupakan pisau frais yang utuh. Dari ujung mata sayat hingga pangkal pisau frais ini terbuat dari bahan yang sama. Sehingga ketika mengasah pisau frais harus diasah semua mata potongnya.

Kerugian menggunakan pisau frais jenis ini adalah semakin sering diasah, pisau frais menjadi semakin pendek. Ketika salah satu mata sayat patah, maka semuanya harus dipapras semua hingga patahannya tidak terlihat lagi.

2. Mata Sayat Sisipan

imimg.com

Mata sayat pada pisau ini dapat diikat dan dilepas dari badan pisau frais atau holdernya. Mata sayat dan holder masing-masing terbuat dari bahan yang berbeda.

Dengan pisau ini kita dapat mengganti mata sayatnya sehingga tidak memperpendek holder pisau fraisnya ketika diasah. Pengikatan mata sayat ini dengan cara dibaut atau diklem.

Menurut bentuk pisau frais

1. Pisau frais mantel (plain milling cutter/ helical milling cutter)

plain milling cutter
travers.com

Pisau frais jenis ini digunakan untuk mengefrais bidang yang lebar dan rata. Menurut arah mata sayatnya, pisau ini terbagi menjadi dua jenis. Yaitu pisau frais mantel helix kanan dan helix kiri.

Arah pemakanan benda kerja disesuaikan dengan arah mata potongnya, yaitu berlawanan dengan arah mata potong. Menurut tingkat kekerasan benda kerja yang akan difrais, pisau ini terbagi menjadi tiga jenis. yaitu :

A. Pisau mantel H (keras)
H plain milling cutter
travers.com

Pisau yang memiliki sudut potong 81° dan jarak antar gigi pisau dekat. Jenis pisau ini digunakan untuk pengefraisan baja karbon sedang.

B. Pisau mantel N (sedang)
N plain milling cutter
travers.com

Pisau yang memiliki sudut potong 73° dan jarak antar gigi pisau sedang. Jenis pisau ini digunakan untuk pengefraisan baja karbon rendah atau baja lunak.

C. Pisau mantel W (lunak)
W plain milling cutter
travers.com

Pisau yang memiliki sudut 69° dan jarak antar gigi pisau jarang. Jenis pisau ini digunakan untuk pengefraisan logam non ferro.

2. Pisau frais sudut (angle milling cutter)

angle milling cutter
amazon.com

Pisau frais sudut umumnya memiliki sudut 30°, 45°, 60° dan 90°. Sedangkan menurut jumlah sisi sudutnya, ada yang memiliki sudut tunggal (single angle milling cutter) dan sudut ganda (double angle milling cutter).

Pisau frais jenis ini digunakan untuk membuat alur yang memiliki sudut sesuai dengan sudut pisau yang digunakan.

3. Pisau ekor burung (Dove Tail Milling Cutter)

pisau frais ekor burung
zps-fn.cz

Pisau frais yang digunakan untuk membuat profil menyerupai ekor burung. Umumnya memiliki sudut 30°, 45° dan  60°. Sebelum menggunakan pisau ini, sebelumnya dilakukan pembuatan alur dengan pisau jari.

4. Pisau frais alur melingkar (woodruff keyseat milling cutter)

pisau frais alur melingkar
imimg.com

Pisau frais ini digunakan untuk mengefrais alur pasak (berbentuk bulan sabit) pada poros. Letak alurnya tidak terletak pada ujung porosnya.

5. Pisau frais sisi dan muka (side and face milling cutter)

side and face milling cutter
watcuttingtools.com

Pisau frais yang memiliki mata sayat pada sisi muka dan samping. Digunakan untuk mengefrais alur pada permukaan benda kerja.

6. Pisau frais sisi dan muka gigi silang (staggered tooth side and face milling cutter)

side and face milling cutter
travers.com

Pisau frais yang memiliki mata sayat pada sisi muka dan samping bersilang. Fungsinya sama dengan pisau frais sisi dan muka, perbedaannya adalah pemakanannya lebih ringan. Karena pemotongan mata sayatnya bergantian.

7. Pisau frais bentuk (form milling cutter)

Pisau frais yang berfungsi untuk membuat permukaan bidang bagian luar berbentuk radius. Menurut bentuk alur yang dihasilkan, pisau ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu.

A. Convex milling cutter
zps-fn.cz

Digunakan untuk membuat alur radius (alur cekung).

B. Concave milling cutter
concave milling cutter
zps-fn.cz

Digunakan untuk membuat bentuk radius menonjol keluar (alur cembung).

C. Corner rounding milling cutter
corner rounding cutter
amazon.com

Digunakan untuk membentuk alur cembung pada bagian sisi benda kerja.

8. Pisau frais alur T (T slot milling cutter)

t slot cutter
cutwel.co.uk

Pisau frais yang digunakan untuk membentuk alur T. Contohnya seperti pada meja mesin frais, sekrap, bor, dan eretan atas pada mesin bubut.

9. Pisau frais jari (endmill cutter)

endmill
dansdiscounttools.com

Pisau frais yang digunakan untuk membuat alur tembus atau bertingkat dan mengefrais rata untuk bidang yang lebarnya relatif kecil. Menurut bentuk tangkainya, pisau frais jari memiliki 3 jenis, yaitu pisau jari tangkai lurus, pisau jari tangkai bertingkat, dan pisau jari tangkai tirus.

10. Pisau frais jari radius (bull nose endmill cutter)

bull nose milling cutter
amazon.com

Pisau frais yang digunakan untuk membuat alur pada permukaan bidang berbentuk radius ke dalam (cekung).

11. Pisau frais jari radius sudut (corner rounding endmill cutter)

corner rounding endmill cutter
apt.co.uk

Pisau frais yang digunakan untuk membuat sisi pada sudut bisang berbentuk radius keluar (cembung)

12. Pisau frais modul roda gigi (gear milling cutter)

gear milling cutter
alicdn.com

Pisau frais yang digunakan untuk membuat roda gigi atau gigi rack. Ada dua macam jenis pisau roda gigi, yaitu pisau roda gigi untuk sistem modul (mm) dan Dp (diameter pitch).

13. Pisau frais muka (face mill cutter)

imimg.com

Pisau frais yang digunakan untuk mengefrais pada bidang permukaan rata dan luas). Mata potong pada pisau frais ini dipasang dengan cara diikatkan pada badan (body) dengan cara dilas atau dibaut.

Umumnya mata pisau ini terbuat dari cermented carbide.

14. Pisau frais sisi dan muka (shell endmill cutter)

shell endmill cutter
mimg.com

Pisau frais yang digunakan untuk pemakanan bagian samping dan muka, sehingga digunakan untuk mengefrais bidang siku. Pisau ini memiliki 2 macam, yaitu untuk pemakanan ringan dan pemakanan berat.

15. Pisau frais gergaji (slitting saw)

3 slitting saw
amazon.com

Pisau frais yang digunakan untuk membelah benda kerja yang tipis. Pisau ini memiliki tiga jenis, yaitu pisau frais dengan mata sayat polos, dengan mata sayat sisi lurus, dan dengan mata sayat sisi bersilang.

Perlengkapan Mesin Frais

Perlengkapan mesin frais digunakan untuk menunjang berbagai jenis pekerjaan dalam proses pengefraisan. Sehingga proses pengefraisan menjadi lebih efisien. Kira-kira apa saja sih perlengkapan mesin frais yang menunjang proses pengefraisan?

1. Arbor mesin frais

arbor
cutwel.co.uk

Arbor pada mesin frais digunakan sebagai dudukan atau pengikat alat potong (pisau frais). Arbor ini dipasang pada spindle utama dengan posisi mendatar atau horizontal. Arbor membutuhkan pendukung arbor (support arbor) pada saat digunakan.

2. Support arbor

support arbor
cincinnatimilling.com

Support arbor digunakan untuk menopang salah satu ujung arbor yang panjang. Sehingga pergerakan arbor bisa stabil dan tidak bergetar.

3. Arbor pendek (stub arbor)

stub arbor
assetplant.com

Stub arbor juga digunakan sebagai dudukan atau pengikat alat potong (pisau frais). Contohnya pisau face mill, shell endmill, side and face mill, dan lain-lain. Pemasangannya diikatkan pada spindle utama dengan posisi horizontal atau vertikal. Stub arbor tidak membutuhkan pendukung arbor.

4. Cekam kolet (collet chuck)

amazon.co.uk

kolet juga digunakan sebagai pengikat alat potong atau pisau frais. Contohnya end mill, slot drill, center drill, mata bor, dan lain-lain. Dapat dipasang pada spindle dengan posisi vertikal atau horizontal.

Umumnya kolet tersedia dalam satu set yang terdiri dari kolet, rumah kolet, dan kunci C sebagai pengencang dan pembuka alat potong. Perbedaan dengan stub arbor adalah ukuran alat potong yang dipasang lebih kecil dibanding pada stub arbor.

5. Adaptor mesin frais

adaptor
knuth-usa.com

Adaptor fungsinya sama dengan perlengkapan yang sebelumnya, yaitu sebagai dudukan dan pengikat alat potong pada mesin frais.  Adaptor sendiri memiliki dua jenis yaitu adaptor lubang lurus untuk alat potong bertangkai lurus. Dan adaptor lubang tirus untuk alat potong bertangkai tirus.

6. Pembesar lubang (boring head)

boring head
ebay.co.uk

Yaitu perlengkapan mesin frais yang digunakan sebagai pengikat alat potong (flying cutter) yang digunakan pada proses memperbesar lubang.

7. Ragum mesin

 

ragum
axminster.co.uk

Ragum digunakan untuk menjepit atau memegang benda kerja dengan kuat ketika proses pengefraisan. Pemasangannya harus sejajar dengan meja mesin sehingga dapat menghasilkan pengefraisan yang rata, siku, dan sejajar.

8. Meja putar (rotary table)

axminster.co.uk

Fungsi dari rotary table antara lain :

  1. Membentuk lingkaran atau radius
  2. Membagi jarak lubang atau alur
  3. Membagi bidang segi banyak beraturan dan tidak beraturan

Dilakukan berdasarkan sudut tertentu dalam satu keliling lingkaran pada pusat sumbu. Ada tiga jenis meja putar, yaitu meja putar horizontal, horizontal/vertikal, dan universal miring.  Penggunaanya disesuaikan dengan kebutuhan proses pengefraisan.

9. Kepala pembagi (dividing head)

dividing head
johnfsworkshop.org

Yaitu perlengkapan yang fungsinya sama dengan rotary table. Namun pembagian sisi yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan dengan rotary table. Jenis kepala pembagi antara lain :

  1. Kepala pembagi dengan pelat beralur V
  2. Kepala pembagi dengan pelat pembagi
  3. Kepala pembagi dengan penggerak roda gigi cacing dan ulir cacing
  4. Kepala pembagi Universal

10. Kepala lepas (tailstock)

tailstock
prolinemax.com

Perlengkapan yang berfungsi untuk menyangga benda kerja yang diikat dengan kepala pembagi. Sehingga pada saat proses pengefraisan, benda kerja tidak bergetar atau bergeser dan menjaga sumbu senter benda kerja.  Toolpost pada mesin frais diikat pada meja mesin dengan mur dan baut.

11. Penjepit atau klem mesin (clamp)

clamp
axminster.co.uk

Yaitu perlengkapan yang berfungsi untuk menjepit benda kerja yang tidak memungkinkan dijepit menggunakan ragum. Contohnya benda kerja yang panjang dan lebar.

Penjepitan dilakukan langsung pada benda kerja yang diletakkan diatas meja mesin. Jika ukuran panjang atau lebarnya melebihi mesin frai, maka penjepitannya disesuaikan dengan jangkauan dari pisau frais.

Jenis Mesin Frais

A. Jenis mesin frais tipe kolom dan lutut

Jenis mesin frais yang umum ditemukan di bengkel pemesinan. Meja pada mesin ini terhubung dengan lutut yang dapat digerakkan secara vertikal sejajar dengan kolom utama mesin.

Ketinggian lutut bisa diatur sehingga cocok untuk pengefraisan dengan beberapa ketinggian yang berbeda. Mesin frais tipe kolom dan lutut dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

Menurut berbagai metode pemakanannya, perbedaan gerakkan mejanya, dan perbedaan arah putaran spindlenya.

1. Mesin frais tangan (hand milling machine)

hand milling machine
(czjyjc.en.made-in-china.com)

Mesin frais paling sederhana yang gerak pemakanannya dikendalikan dengan tangan. Mesin ini tidak memiliki gerak otomatis. Cocok untuk pekerjaan frais ringan seperti pembuatan alur pasak

2. Mesin frais horizontal

horizontal milling machine
indiamart.com

Mesin frais yang memiliki spindle mesin dengan posisi mendatar. Alat potong atau pisau yang dapat digunakan hanya jenis pisau mantel (helix). Gerakkan mejanya dapat memanjang, melintang, dan vertikal.

3. Mesin frais vertikal

mesin frais vertikal
foto-basa.com

Mesin frais yang memiliki spindle dengan posisi tegak/vertikal. Spindlenya dapat dimiringkan dengan sudut tertentu. Gerakkan mejanya dapat memanjang, melintang, dan vertikal. Ada berbagai macam pisau yang dapat digunakan pada mesin ini. Contohnya : pisau jari, pisau ekor burung, dan lain-lain.

4. Mesin frais universal

universal milling machine
homesecurity.press

 

Mesin frais gabungan antara mesin frais vertikal dan horizontal. Yaitu memiliki spindle dengan posisi tegak dan mendatar. Dengan demikian operator bisa menggunakan berbagai macam alat potong. Baik itu untuk mesin frais vertikal maupun horizontal.

Kelebihan mesin frais ini adalah mejanya dapat digeser atau diputar secara horizontal sebesar 45° derajat. Baik itu digeser ke kiri atau ke kanan. Dengan demikian, mesin ini memiliki empat arah pemakanan.  Yaitu ke kanan, kiri, menyudut dan verikal.

Mesin frais universal juga dapat menggunakan tambahan perlengkapan tertentu. Seperti, kepala pembagi (dividing head), perlengkapan mesin frais vertikal, ragum putar (rotary vice), dan lain-lain.

Mesin frais ini dapat digunakan untuk membuat spur, bevel, spiral, twist drill, reamer, dan lain-lain. Semua jenis pembentukan dapat dikerjakan dengan mesin frais universal.

5. Mesin frais omniversal

Gerakkan pemakanannya sama seperti mesin frais universal. Memiliki 4 gerak pemakanan. Meja pada mesin ini juga dapat dimiringkan secara vertikal untuk keperluan tertentu. Dengan meja yang dapat dimiringkan, mesin ini bisa digunakan untuk membuat alur spiral pada reamer dan roda gigi bevel.

B. Jenis mesin frais fixed bed

Bed Type Milling Machine
maquinariacolas.com

Mesin frais ini memiliki ukuran yang besar, berat , dan kokoh. Pergerakan meja pada mesin ini terbatas pada sudut tertentu tanpa ketentuan untuk penyetelan silang maupun vertikal. Mesin frais ini diklasifikasikan menjadi 3 jenis. Yaitu

  1. Simplex (kepala spindle tunggal),
  2. Duplex (dua kepala spindle), dan
  3. Triplex (tiga kepala spindle).

C. Jenis mesin frais Planer

plano milling machine
indiamart.com

Mesin frais ini disebut juga sebagai “Plano Miller”. Merupakan mesin yang digunakan untuk pekerjaan berat. Spindle mesin dapat diatur dalam arah vertikal ataupun horizontal.

Mesin ini memiliki rel lintas yang bisa dinaikkan atau diturunkan untuk membawa alat potong. Memiliki beberapa spindle dan sadle yang masing-masing didukung kaki yang tegak.

Dengan beberapa pengaturan spindle yang berbeda, mesin ini bisa menghasilkan beberapa permukaan berbeda sekaligus. Sehingga proses pengefraisan bisa lebih efektif. Perbedaan mesin frais planer dan  fixed bed dapat dilihat dari gerakkan mejanya.

Pada mesin frais planer, gerakkan meja digunakan untuk memberikan kecepatan potong. Sedangkan pada mesin frais fixed bed, gerakan meja hanya berfungsi memberikan umpan atau mendekatkan benda kerja agar terpotong.

D. Jenis mesin frais spesial

Mesin frais spesial dikembangkan untuk memenuhi suatu pekerjaan khusus. Spindle pada mesin ini berfungsi untuk memutar alat potong dan bisa menggerakkan alat potong ke arah yang berbeda. Yang termasuk jenis mesin frais spesial antara lain :

1. Mesin frais dengan meja putar (rotary table)

rotary table milling machine
theengineerspost.com

Meja pada mesin ini berbentuk bundar dan bisa berputar dengan sumbu vertikal. Alat potong pada mesin ini diatur pada ketinggian yang berbeda. Satu alat potong untuk pemakanan kasar dan satu alat potong lagi untuk finishing.

Keuntungan menggunakan mesin ini adalah operator bisa terus menerus memasang dan melepas benda kerja saat proses pengefraisan.

2. Mesin frais Drum

drum milling machine
zzlsjc.com

Prinsip kerjanya sama seperti mesin frais dengan rotary table. Namun meja pada mesin ini disebut “Drum” berputar dengan sumbu horizontal. Terdapat tiga atau empat spindle yang berputar.

Spindle pada mesin ini juga dipasang dengan sumbu horizontal. Alat potong terpasang pada spindle dan melakukan pemakanan yang didukung putaran meja frais. Satu putaran penuh meja frais menandakan proses pengefraisan telah selesai untuk satu benda kerja. Kemudian operator bisa memasang benda kerja baru pada meja frais.

3. Mesin frais planetary

planetary milling machine
tmaxcn.com

Pada mesin ini benda kerja dipasang pada posisi diam. Sedangkan alat potong yang bergerak mendekati benda kerja dan melakukan pemotongan.

Alat potong bergerak sesuai dengan jalurnya untuk menyelesaikan permukaan silinder pada benda kerja. Baik itu secara internal maupun eksternal. Mesin ini juga diadaptasi untuk mesin frais penguliran internal dan eksternal.

4. Mesin frais pantograph

pantograph milling machine
liveauctionworld.com

Mesin frais ini bisa digunakan untuk menduplikasi suatu bentuk benda kerja. Ukuran benda duplikat dapat lebih kercil, sama, atau lebih besar dari ukuran aslinya. Dapat juga digunakan untuk model lain dengan tujuan tertentu.

Umumnya mesin ini terdiri dari empat sambungan yang tergabung dalam bentuk parallellogam. Mesin ini dapat unruk menduplikasi benda dua dimensi(contohnya gambar atau tulisan) atau tiga dimensi(berupa bentuk benda kerja dan konturnya).

5. Mesin frais tracer controlled

tracer controlled milling machine
cnczone.com

Mesin frais ini digunakan untuk membuat bentuk-bentuk kompleks seperti pada bentuk cetakan. Gerakan dari pelacak yang menyentuh benda asli akan mengarahkan gerakan pisau frais. Sehingga bentuk benda duplikat akan sama persis.

Gerakan stylus (pelacak) akan menekan sistem hidrolik dan mengangkat meja. Susunan dari semua sistem itu bisa disebut servomechanism.

6. Mesin frais CNC (Computer Numerical Control)

mesin frais cnc
cbecl.info

Tipe mesin yang dapat menduplikasi benda kerja secara keseluruhan sesuai program atau template yang telah ditentukan. Spindle pada mesin ini bisa diatur pada posisi vertikal maupun horizontal terhadap meja mesin.

Pin program digunakan untuk mengatur pergerakan pisau frais. Pergerakan meja secara longitudinal (membujur) dan gerakan pisau secara melintang akan menyesuaikan dengan program yang telah dimasukkan.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: