√ Perlengkapan Mesin Bubut dan Fungsinya [Materi Lengkap]

Perlengkapan mesin bubut digunakan untuk membantu pekerjaan operator mesin bubut. Hal ini sangat dibutuhkan, karena dengan adanya perlengkapan ini pekerjaan operator bisa lebih efisien.

Operator juga harus tau kapan dan bagaimana cara menggunakan masing-masing perlengkapan. Kira-kira apa saja ya perlengkapan yang bisa digunakan di mesin bubut?

Untuk benda kerja seperti apa yang membutuhkan alat bantu? Mari simak perlengkapan mesin bubut dan kegunaannya.

Cekam

Cekam merupakan perlengkapan yang digunakan pada mesin bubut untuk menjepit benda kerja menggunakan rahang-rahangnya. Menurut jumlah rahangnya, cekam dibagi menjadi dua jenis. Yaitu rahang tiga dan rahang empat.

Cekam rahang tiga

cekam rahang 3
sc01.alicdn.com

Cekam ini cocok untuk mencekam benda kerja yang silinder atau bersisi habis dibagi tiga. Seperti 3, 6, 9 sisi, dan seterusnya. Umumnya tiga rahang pada cekam ini bergerak bersamaan ketika penguncinya diputar.

Disarankan ketika menggunakan cekam ini lakukan sekali pencekaman saja. Jangan terlalu sering pasang copot benda kerja. Karena sulit untuk mengembalikan benda kerja kembali ke senter.

Cekam rahang empat

cekam rahang 4
cdn.shopify.com

Rahang pada cekam ini umumnya bergerak secara independen (sendiri-sendiri). Ada juga yang bergerak secara bersamaan seperti pada cekam rahang tiga.

Cekam ini cocok untuk mencekam benda silinder atau bersisi habis dibagi empat. Keuntungan menggunakan cekam rahang empat adalah operator bisa memasang kembali benda kerja sesuai senternya meski sudah pernah melepas benda kerja.

Kunci chuck

kunci chuck
alibaba.com

Kunci ini digunakan untuk mengatur pencekaman pada saat menggunakan cekam (chuck). Biasanya sudah sepaket dengan cekamnya. Karena Setiap cekam memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Cekam Kolet (Collet Chuck)

collet chuck
aliexpress.com

Merupakan perlengkapan mesin bubut yang digunakan untuk menjepit atau mencekam benda kerja yang permukaannya halus dan berukuran kecil. Bentuk lubang pencekam pada kolet ada tiga macam diantaranya, bulat, segi empat dan segi enam.

Pelat Rata (cekam rata)

cekam rata
amazon.com

Pelat rata umumnya digunakan untuk menjepit benda kerja yang lebar dan tipis, bentuknya tidak beraturan dan tidak dapat dijepit dengan alat lain. Alat ini memiliki alur sebagai tempat ganjal, klem penjepit dan baut pengikat benda kerja.

Proses penjepitannya sama halnya bila menjepit benda kerja pada mesin bor atau meja mesin sekrap terhadap benda kerja yang panjang. Penyetelannya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan penyetelan cekam rahang empat.

Pembawa

pembawa
imimg.com

Alat yang digunakan untuk membawa benda kerja sehingga berputar pada saat membubut. Ujung benda kerja yang akan dibubut dimasukkan ke dalam lubangnya lalu diikat dengan baut pengikat.

Bentuk alat ini ada yang berujung lurus dan ada pula yang berujung bengkok. Alat ini digunakan bila benda kerja dipasang dengan dua senter. Yang berujung bengkok digunakan bila dipasang pada pelat pembawa yang beralur.

Pelat pembawa

pelat pembawa
machiningtool.blogspot.com

Alat ini digunakan untuk memutar pembawa sehingga benda kerja yang dibubut berputar. Terdapat alur pada permukaannya.

Alur ini berfungsi untuk meletakkan ujung pembawa yang bentuknya bengkok. Sedangkan untuk pembawa yang berujung lurus dipasang pada pelat pembawa yang memiliki batang pembawa.

Senter bubut

Senter bubut merupakan perlengkapan mesin bubut yang berfungsi sebagai penahan benda kerja yang dibubut. Bentuk badannya tirus(tirus morse) sedangkan bagian kepalanya runcing dan menyudut 60°.

Bagian runcing ini dikeraskan atau terbuat dari bahan yang keras karena bergesek dengan benda kerja yang berputar. Untuk menempatkan senter ini, kita harus mengebor ujung dari benda kerja menggunakan bor senter.

Kemudian masukkan senter ke dalam rumah senter, dan dorong rumah senter tersebut sehingga ujung senter bubut mengenai lubang benda kerja yang sudah kita buat sebelumnya, lalu kunci rumah senter pada landasan dan kunci pula senter tersebut. Jenis senter bubut ada dua macam, yaitu :

Senter putar

senter putar
machiningtool.blogspot.com

Digunakan untuk pekerjaan dengan putaran tinggi dan pemakanan tebal.

Senter mati (tak berputar)

sebter mati
banggood.com

Digunakan pada benda kerja yang berukuran besar, dengan pemotongan berat.

Steady rest (penyangga)

Penyangga yang digunakan untuk menyangga atau menopang benda kerja yang panjang. Karena jika tidak ditopang, gerakan benda kerja menjadi tidak stabil dan membuat benda kerja bentuknya berubah atau bengkok.

Tanpa alat ini benda kerja akan bergetar terutama pada saat pahat bubut berada di tengah-tengah panjang bendanya. Steady rest sendiri ada dua macam, yaitu :

Steady rest jalan (penyangga jalan)

steady rest jalan
shop.koneita.com

Penyangga ini dipasang pada sisi eretan lintang dan ikut bergerak bersama pahat. Umumnya digunakan pada saat membubut benda kerja yang kecil dan panjang.

Steady rest tetap (penyangga tetap)

amazon.es

Penyangga ini dipasang pada alas mesin dan tidak bergerak. Umumnya digunakan untuk menyangga benda kerja yang besar dan panjang.

Kedua penyangga tersebut memiliki penyangga yang terbuat dari kuningan atau perunggu yang masing-masing berjumlah dua atau tiga. Bentuknya seperti senter bubut yang tumpul.

Kedudukan penyangga ini terhadap benda kerja harus disetting dan diberi minyak pelumas.

Rumah pahat (tool post)

toolpost
precisionmatthews.com

Yaitu tempat dipasangnya pahat bubut. Salah satu faktor yang menentukan hasil pembubutan ialah pemasangan pahat pada rumahnya.

Letak pahat yang tidak tepat akan menghasilkan permukaan benda kerja yang kasar. Maka dari itu diupayakan letak pahat harus diatur setinggi senter.

Cekam Bor (drill chuck)

drill chuck
littlemachineshop.com

Merupakan perlengkapan mesin bubut yang berfungsi untuk mencekam alat potong. Cara menggunakan alat ini dipasang pada kepala lepas. Alat potong yang biasa dicekam, antara lain :

  1. senter bor (centre drill)
  2. mata bor (twist drill)
  3. rimer (reamer) atau peluas lubang
  4. Kontersing (counter sink)

Cekam bor ada dua jenis, yaitu cekam bor dengan kunci dan cekam bor tanpa kunci. Hanya berbeda pada sistem pengunciannya. Namun fungsinya tetap sama.

Tinggalkan komentar

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: