Cara Membersihkan RAM HP Android

Cara Membersihkan HP Android – HP Android kamu terasa berat dan lemot ketika sedang digunakan? Itu tandanya RAM hpmu sudah penuh. Solusinya adalah kamu perlu membersihkan RAM HP Androidmu.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang bagaimana cara membersihkan RAM HP Android secara lengkap. Layaknya seperti manusia HP Android juga mempunyai pusat pikiran seperti otak yang kita sebut sebagai RAM.

RAM pad Android memerlukan pembersihan dan perawatan secara teratur agar dapat bekerja secara maksimal. Penuhnya kapasitas RAM dapat menyebabkan kinerja HP terasa berat dan lemot.

Lalu bagaimana cara membersihkan RAM hp atau gadget? Baik lah langsung saja saya bahas bagaimana caranya dan cara ini berlaku bagi semua hp android.

Dari hp Samsung OPPO,Lenovo dan yang lainnya. Tetapi sebelum itu kamu juga harus tau cara mengecek penggunaan dan penyebab penuhnya RAM.

Cara mengecek penggunaan RAM

Untuk mengecek penggunaan RAM pada handphone sebenarnya sangat mudah dilakukan. Buka menu setting > lalu setelah itu masuk pada menu penyimpanan > lihat pada bagian memori.

Lalu yang kedua dapat kita lakukan adalah menggunakan aplikasi tambahan. Yang dapat kita download di google play store seperti clean master,cc cleaner dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir dengan menekan tombol menu nanti akan muncul tampilan penggunaan memori tetapi cara ini tidak suport semua handphone.

Penyebab RAM handphone penuh

Pada dasarnya RAM handphone memiliki kapasitas maksimum penggunaan dan apabila kapasitas tersebut tercapai dapat mempengaruhi kinerja nya. Hal ini dapat dialami oleh semua jenis hp mulai dari Samsung, Lenovo, Vivo, Oppo dan lainnya. Lalu apa yang membuat RAM hp penuh?.

Hal ini dapat disebabkan oleh pemasangan aplikasi yang terlalu banyak.Ya pemasangan terlalu banyak aplikasi dapat membuat RAM penuh karena untuk pemasangan suatu aplikasi memerlukan tempat penyimpanan sumberdaya di RAM.

Selain itu pemasangan aplikasi berukuran besar yang melebihi batas kemampuan RAM juga dapat menyebabkan RAM lemot.

Dan hal lain yang membuat RAM penuh adalah terlalu banyaknya cache dari pemasangan aplikasi.Nah itulah penyebab RAM hp cepat penuh.

8 Cara membersihkan RAM HP Android

Untuk dapat membersihkan RAM hanphone, kamu bisa melakukan beberapa cara membersihkan RAM hp berikut :

1. Menghapus cache aplikasi yang tidak terpakai

Langkah pertama yang dapat kamu coba adalah dengan menghapus cache. Untuk melakukannya cukup mudah kamu bisa mengikuti langkah berikut.

Buka Pengaturan > kemudian Penyimpanan > klik hapus cache

2. Hapus aplikasi tidak penting

Cara berikutnya yang layak kamu coba adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Hal iyu cukup mudah kamu hanya perlu masuk pada menu setting > lalu pilih menu aplikasi > pilih aplikasi yang akan diuninstal > lalu pilih ununstal aplikasi.

3. Matikan animasi dan transisi

Meskipun memiliki fungsi mempercantik tampilan layar,namun sejatinya dua hal itu sangat membebani RAM.Oleh karena itu saya rekomendasikan bagi anda yang hpnya terasa berat dan memiliki kapasitas RAM tidak telalu besar untuk mematikannya saja..

Untuk melakukannya kamu harus mengikuti langkah berikut :

  • Pergi ke menu pengaturan
  • Selanjutnya, masuk ke menu tentang ponsel.
  • Lalu ketuk Build number beberapa kali, sampai muncul pesan “Anda telah menjadi pengembang”.
  • Kemudian, silakan pergi ke halaman utama pengaturan lagi.
  • Pilih menu opsi pengembang yang sudah muncul.
  • Lalu atur animasi windows, animasi transisi, dan skala durasi animatior menjadi nonaktif.

4. Pindahkan aplikasi ke kartu SD

Langkah ke empat yang layak kamu coba adalah dengan memindahkan aplikasi yang dirasab berat ke kartu SD caranya sebenarnya cukup mudah yaitu dengan membuka menu setting lalu masuk menu aplikasi > lalu Manajer aplikasi > ketuk aplikasi yang akan anda pindahkan, klik pada tombol Pindahkan ke kartu SD.

Tetapi ada yang harus kamu ketahui bahwa tidak semua aplikasi resourcenya bisa kamu pindahkan ke kartu SD.

5. Non-aktifkan aplikasi yang jarang dipakai

Ini bisa menjadi opsi bagi kamu yang yang memiliki aplikasi yang jarang dipakai tetapi enggan menghapus pemasangannya.

untuk melakukannya kamu harus melakukan langkah berikut pertama buka menu setting> Lalu masuk pada bagian aplikasi > pilih aplikasi yang hendak dinin aktifkan > lalu klik nonaktifkan aplikasi.

6. Gunakan aplikasi pembersih RAM

Sama dengan cara membersihkan RAM laptop aplikasi pembersih RAM juga tersedia di Android yang dapat dengan mudah kamu download. Untuk penggunaannya sangat mudah karena sudah tersedia fitur pembersihan RAM didalamnya.

7. Hilangkan Penggunaan Widget

Ini adalah langkah bagi kamu yang memasang widget untuk mempercantik tampilan layar handphone tetapi ini bisa mengurangi performa RAM.

Namun jika kamu ingin membuat RAMmu lebih ringan. Sebaiknya kamu hilangkan saja dengan cara menghapusnya dari layar utama.

8. Reset ulang setelan pabrik

Ini adalah langkah terakhir yang terbilang cukup ekstrim tetapi cukup efektif.Kenapa dibilang ekstrim karena dengan mereset ulang setelan pabrik artinya kamu menghapus semua data yang ada di handphone kamu.

Tetapi langkah ini cukup efektif karena setelah direset ulang RAM kamu akan kembali kosong.

Untuk langkah ini saya sarankan kamu simpan data yang kamu anggap penting terlebih dulu agar bisa dibackup nantinya. Cara melakukan reset inikamu tinggal pilih menu setting > kemudian Backup & Reset > Selanjutnya klik Factory Data Reset.

Itu dia Langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi RAM hp kamu yang penuh dan membuat performa hp jadi lemot. Semoga sertelah mencobanya performa hp kamu bisa maksimal.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!