Cara Membuat Ulir Dalam

Ketika anda ingin membuat sebuah lubang berulir atau mur, anda wajib mengetahui cara membuat ulir dalam. Sebelum membuat ulir dalam, anda harus mengetahui terlebih dahulu ukuran dan jenis ulir yang digunakan. 

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat ulir dalam secara lengkap. Untuk membuat ulir dalam, kita bisa menggunakan dua metode yaitu :

Cara Membuat Ulir Dalam Menggunakan Tap

1. Ikat benda kerja pada cekam atau ragum

Pengikatan benda kerja pada ragum bertujuan agar benda kerja tetap pada posisinya. Sehingga pembuatan ulirnya menjadi lebih mudah.

2. Buat lubang yang lebih kecil dari ukuran Tap

Lubang yang akan diulir harus lebih kecil dari ukuran tapnya. Misalkan anda ingin membuat ulir metris dengan ukuran 8×1. Maka lubang yang harus anda buat berdiameter 8-1 = 7 mm.

Diameter tersebut adalah diameter minimal yang dapat digunakan untuk membuat ulir. Namun jika dalam prakteknya terlalu susah, anda bisa menggunakan diameter yang lebih besar. Misalnya 7,1 mm atau 7,2 mm.

3. Buat chamfer atau countersink pada lubang

Chamfer ini berguna agar Tap bisa masuk dengan mudah ke dalam lubang pada saat pembuatan ulir.

4. Siapkan tap beserta handlenya

handle tap
horme.com.sg

Biasanya tap terdiri dari 3 nomor. Nomor 1 untuk pengerjaan awal, nomor 2 untuk pengerjaan lanjut, dan nomor 3 untuk finishing. Gunakan secara berurutan untuk mendapatkan hasil yang bagus.

jenis tap
homedepot.com

5. Posisikan ujung tap pada lubang

Pastikan posisinya benar-benar tegak lurus. Karena jika miring, ulirnya bisa rusak atau tidak berbentuk sama sekali.

6. Tekan dan putar tap

proses pengetapan
makezine.com

Putar handle tap menggunakan kedua tangan. Ketika memutar tap jangan lupa disertai dengan tekanan. Putar sampai terjadi pemakanan. Putar sejauh setengah putaran saja.

Putar ke searah jarum jam jika membuat ulir kanan. Jika membuat ulir kiri, putar berlawanan arah jarum jam.

7. Putar balik tap sepanjang seperempat putaran

Pemutaran balik tap bertujuan untuk membuang sisa hasil penyayatan yang terjadi. Sisa-sisa hasil penyayatan harus dibuang agar mempermudah proses pengetapan selanjutnya.

8. Putar lagi sepanjang setengah putaran

Lanjutkan proses pemakanan. Jika terasa berat, anda bisa memberi pelumas pada lubang ulirnya. Sehingga dapat meringankan putaran.

9. Ganti tap dengan nomor selanjutnya

Jika dirasa sudah cukup dalam, ganti tap yang digunakan dengan tap nomor selanjutnya. Ulangi langkah di atas sampai ulirnya terbentuk dengan sempurna.

10. Cek ulir yang sudah dibuat

Jika proses pengetapan sudah selesai, silahkan cek ulir yang sudah dibuat menggunakan thread gauge atau menggunakan baut yang ukurannya sesuai.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara membuat ulir dalam dengan tap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!