4 tak

Motor 4 tak adalah sebuah motor bakar yang membutuhkan empat langkah kerja untuk menghasilkan satu usaha. Bagi seorang mekanik, pengetahuan mengenai cara kerja motor 4 tak sangatlah penting.

Dengan pengetahuan tersebut, seorang mekanik dapat dengan mudah mendeteksi bagian mesin yang rusak atau tidak bekerja dengan optimal. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas secara lengkap bagaimana cara kerja mesin 4 tak.

Cara Kerja Motor 4 Tak

  1. Langkah Hisap
    Langkah ini bertujuan untuk menghisap bahan bakar dan udara. Tenaga mesin yang diproduksi berdasarkan dari jumlah bahan bakar yang terbakar pada saat proses pembakaran.
    langkah hisap motor 4 tak

    Katup masuk akan terbuka ketika piston bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah.. Tekanan negatif yang disebabkan oleh gerakan piston menyebabkan campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder.
  2. Langkah kompresi
    Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan temperatur  gas campuran udara dan bahan bakar sehingga dapat bersenyawa. Katup masuk dan katup kelar tertutup.
    langkah kompresi motor 4 tak
    Pada langkah ini piston bergerak dari TMB (Titik Mati Bawah) menuju TMA (Titik Mati Atas) sehingga terjadi kompresi gas.
  3. Langkah Usaha
    Pada langkah ini busi akan memercikan api ke gas yang sedang dikompresi dan terjadi ledakan sehingga piston terdorong dari TMA (Titik Mati Atas) menuju TMB (Titik Mati Bawah).
    langkah usaha motor 4 tak
    Pada kondisi ini kedua katup masih tertutup. Gerakan piston ini diubah menjadi gerak rotasi oleh kruk as. Kemudian diteruskan sebagai momentum menuju flywheel.
  4. Langkah Buang
    Yaitu langkah membuang sisa hasil pembakaran. Piston bergerak dari TMB (Titik Mati Bawah) menuju TMA (Titik Mati Atas) dengan kondisi katup buang terbuka. Sisa hasil pembakaran keluar melalui katup out yang terbuka.
    langkah buang motor 4 tak

Setelah langkah buang terjadi, piston bergerak lagi ke titik mati bawah untuk melakukan langkah pertama lagi.

Overlaping Motor Bakar

Overlap merupakan sebuah kondisi dimana kedua katup intake dan out berada dalam posisi sedikit terbuka pada akhir langkah buang hingga awal langkah hisap. Overlaping berfungsi untuk efisiensi kinerja dalam mesin pembakaran dalam.

Karena ada hambatan dari kinerja mekanis klep dan inersia udara di dalam manifold, sehingga perlu mulai membuka klep masuk sebelum piston mencapai TMA di akhir langkah buang. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan langkah hisap.

Untuk menyisihkan semua gas sisa pembakaran, klep buang tetap terbuka setelah piston mencapai TMA. Besar derajat overlaping sangat tergantung pada desain mesin dan seberapa cepat mesin ini ingin bekerja. Overlapping memiliki beberapa manfaat, yaitu :

  1. Sebagai pembilasan ruang bakar, piston, silinder dari sisa-sisa pembakaran
  2. Pendinginan suhu di ruang bakar
  3. Membantu exhasut scavanging (pelepasan gas buang)
  4. Memaksimalkan proses pemasukkan bahan-bakar

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut ini:

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara kerja motor 4 tak. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk share informasi ini dengan tema-teman yang lain.

Tinggalkan komentar