√ Ragum dan Fungsinya [Materi Lengkap + Gambar]

Ragum merupakan alat bantu yang sangat berguna dalam dunia teknik. Ragum digunakan untuk menjepit atau mencekam benda kerja yang akan dikerjakan. Tanpa adanya alat ini, seorang operator akan kesulitan dalam melakukan pekerjaannya.

Ada banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan ragum. Berbeda jenis pekerjaan, berbeda pula ragum yang digunakan. Contohnya, ragum untuk pengerjaan logam tidak cocok digunakan untuk pengerjaan kayu. Dan sebaliknya.

Bagian utama ragum

bagian utama ragum
shutterstock.com

Rahang/mulut

bagian yang bersentuhan langsung dengan benda kerja. Berfungsi untuk menahan benda kerja agar tidak bergeser. Terdiri dari 2 rahang, yaitu rahang gerak yang jaraknya bisa diatur dan rahang tetap.

Slide

bagian ragum yang bisa keluar atau masuk ke dalam body ragum. Bagian ini membantu rahang gerak untuk mengatur seberapa jarak yang mampu dijangkau ragum.

Handle

bagian yang berfungsi mengatur keluar masuknya ulir. Sehingga bisa mengatur seberapa kuat ragum menjepit benda kerjanya.

Screw

bagian yang membantu slide untuk keluar masuk body. Ulir pada screw berperan sebagai poros transportir. Bagian ini penting untuk menunjang kekuatan pencekaman ragum.

Body

yaitu badan ragum. Badan ini tidak bergerak. Dan semua bagian ragum terikat pada body.

Alas

bagian paling bawah ragum yang berfungsi sebagai tempat pengikat dengan meja kerja.

Ragum dibagi menjadi 4 kategori. Yaitu ragum untuk pengerjaan logam, ragum untuk pengerjaan kayu, ragum tangan, dan ragum mesin. Mari kita bahas apa saja perbedaan dan fungsi masing-masing ragum.

Jenis-jenis ragum

Ragum pengerjaan logam (metalworking vices)

metalworking vices
shutterstock.com

Ragum yang digunakan untuk menjepit benda kerja berbahan logam. Kekuatan pencekaman pada ragum ini sangat kuat. Sehingga memudahkan operator memproses benda kerja.

Umumnya digunakan pada proses kerja bangku seperti, pemotongan, pengeboran, pengikiran, penguliran (dengan tap atau seney). Ragum ini juga bisa digunakan untuk menjepit benda kerja berbahan kayu atau plastik.

Namun pencekamannya harus hati-hati. Karena jika dicekam terlalu kuat, permukaan benda kerja akan rusak bahkan bentuknya berubah. Ragum ini selalu diikat di bagian atas meja.

Ragum ini didesain khusus untuk pencekaman yang kuat. Rahang pada ragum ini terbuat dari baja yang dikeraskan dan permukaannya dibuat kasar. Hal ini bertujuan agar pencekamannya kuat sehingga benda kerja tidak bergeser.

Ragum pengerjaan kayu (woodworking vices)

woodworking vises
lumberjocks.com

Ragum ini digunakan untuk benda kerja yang berbahan dasar kayu, bukan logam. Perbedaan dengan ragum pengerjaan logam (metalworking vices) adalah dalam pemasangannya pada meja.

Ragum ini selalu diikat di bagian bawah meja dan umumnya diikat secara permanen. Permukaan rahang pada ragum ini lebih lembut bahkan rata dibanding ragum untuk pengerjaan logam.

Sehingga tidak merusak atau membekas pada benda kerja yang dijepit. Ada beberapa ukuran dan model untuk ragum jenis ini. Umumnya digunakan untuk proses pemotongan, pengeboran dan pengerjaan kayu lainnya.

Ragum tangan (hand held vices)

hand held vises
cousinsuk.com

Ragum ini mungkin tidak asing bagi anda. Ragum ini bisa dibawa kemana saja karena tidak perlu diikat pada benda apapun dan ukurannya kecil. Cukup digenggam menggunakan tangan saja.

Ragum ini fungsinya hampir sama dengan tang. Namun kekuatan pencekamannya lebih kuat dibandingkan dengan tang biasa. Umumnya digunakan para pemancing yang ingin membengkokkan mata pancingnya.

Ragum mesin (machine vices)

Ragum yang digunakan untuk menjepit benda kerja pada mesin. Mesin yang  menggunakan ragum ini yaitu mesin bor dan mesin frais. Ragum ini digunakan untuk memudahkan operator dalam proses pengeboran, pengefraisan, dan lain-lain.

Ragum ini sangat dibutuhkan. Karena bisa saja proses pada mesin sangat berbahaya bagi operator. Model untuk ragum ini ada tiga jenis, yaitu.

Ragum mesin biasa

machine vises
knuth-machinetools.com

Yaitu ragum biasa yang kedudukannya diikat pada meja mesin. Pemasangan ragum ini harus diperhitungkan benar-benar agar terpasang lurus. Sehingga benda kerja yang diproses tidak mengalami  penyimpangan.

Ragum putar (swivel machine vices)

Yaitu ragum yang posisi rahangnya dapat diputar sesuai dengan kebutuhan. Ragum ini ada tiga macam, yaitu :

Ragum putar 1 aksis

ragum 1 aksis
freertool.com

Ragum yang bisa diputar 360° secara horizontal. Sehingga memungkinkan operator menggunakan berbagai sudut.

Ragum putar 2 aksis

ragum 2 aksis
indiamart.com

Yaitu ragum yang bisa diputar 360° secara horizontal dan dapat juga membuat sudut secara vertikal sampai 90° Sehingga memungkinkan operator menggunakan berbagai sudut secara horizontal dan vertikal.

Ragum putar 3 aksis

ragum 3 aksis
amazon.com

Yaitu ragum yang bisa diputar pada 3 aksis. 360° secara horizontal, 90° secara vertikal baik secara melintang maupun membujur. Ragum ini merupakan ragum paling fleksibel dibanding ragum yang sebelumnya.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: