Limbah B3

Belum lama ini sebuah situs warta online memuat pemberitaan bahwa tim gabungan yang berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup serta Kantor Pelayanan Umum Bea  dan Cukai daerah Batam tengah melakukan investigasi terhadap 65 kontainer di daerah tersebut. Menurut kabar yang beredar, 65 kontainer tersebut diduga mengandung limbah B3. 

Sudahkah Anda mengetahui apa sih yang dimaksud dengan limbah tersebut? Mengapa pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pun sampai turut campur dalam melakukan investigasi terkait limbah tersebut? Untuk menemukan jawabannya, ada baiknya Anda menyimak ulasan maupun informasi terkait limbah tersebut yakni sebagai berikut. 

Pengertian Limbah B3

Istilah B3 sebetulnya merupakan singkatan atau bentuk pendek dari Bahan Berbahaya dan Beracun. Tidak heran rasanya jika pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sampai turut serta dalam menangani permasalahan tersebut.

B3 atau limbah dari bahan berbahaya dan beracun tersebut merupakan suatu hasil pembuangan atau limbah yang memiliki sifat serta konsentrasi dengan kandungan aneka zat berbahaya dan beracun sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak lingkungan, menganggu kesehatan tubuh hingga mengancam kelangsungan hidup manusia hingga organisme terkait lainnya.

Baca juga 5 jenis kacamata safety lengkap dengan fungsinya

Beberapa ahli lingkungan hidup pun turut memberikan opini mereka terkait limbah dari bahan berbahaya dan beracun tersebut, yang mana opini-opini tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2001

Peratuan Pemerintah No.74 Tahun 2001 memuat definisi limbah dari B3 sebagai suatu limbah atau hasil pembuangan yang mempunyai sifat berbahaya dan beracun dalam memberikan dampak buruk bagi . kesehatan maupun kelangsungan hidup baik secara langsung maupun secara tidak langsung bagi manusia, lingkungan maupun organisme terkait lainnya. 

OSHA (Occupational Safety and Health of the United State Government)

OSHA
www1.nyc.gov

OSHA atau Occupational Safety and Health of the United State Government menjelaskan bahwa limbah yang berasal dari B3 merupakan suatu limbah dari bahan yang mana dikarenakan sifat kimia maupun kondisi fisiknya berpotensi menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia, menimbulkan kerusakan properti serta dapat mengancam kelangsungan hidup manusia, organisme dan lingkungan. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa limbah yang berasal dari B3 tersebut sangat berbahaya dan tidak boleh sampai menyebabkan kerusakan di muka bumi ini. Untuk itu, Anda pun diharuskan untuk memerangi limbah yang berasal dari B3 tersebut sedini mungkin. 

Sifat dan Karakterstik Limbah B3

Limbah B3 seyogyanya mempunyai sifat dan karakteristik yang khas.Untuk dapat memerangi limbah tersebut, Anda harus terlebih dahulu memahami apa saja sifat maupun karakteristik dari limbah tersebut. Untuk itu, ada baiknya Anda menyimak informasi berikut.

Sifat limbah yang berasal dari B3 

Tahukah Anda bahwa limbah yang tergolong sebagai limbah atau buangan yang berasal dari B3 merupakan limbah yang apabila memiliki sifat tertentu seperti mudah meledak, mudah teroksidasi, muah menyala, memiliki kandungan racun, memiliki sifat korosit, dapat menyebabkan iritasi serta dapat menimbukan gejala kesehatan seperti karsinogen, mutagenik dan sebagainya. 

Adapun klasifikasi dari limbah yang berasal dari B3 tersebut di antaranya ialah sebagai berikut. 

1. Mudah meledak 

simbol b3 mudah meledak

Limbah yang berasal dari B3 adalah limbah yang mudah meledak dalam suhu serta tekanan standar. Hal ini dikarenakan bahwa limbah tersebut bisa menghasilkan gas dan suhu melalui reaksi fisika dan kimia yang sederhana sekalipun. 

2. Pengoksidasi 

simbol b3 pengoksidasi

Yang dimaksud dengan limbah pengoksidasi ialah limbah yang mampu melepaskan panas karena teroksidasi sehingga dapat menimbulkan api saat bereaksi dengan bahan kimia lainnya. Bahkan, limbah seperti ini bisa menyebabkan kebakaran yang besar pada ekosistem. 

3. Mudah menyala 

simbol b3 mudah terbakar

Limbah yang mempunyai sifat mudah menyala berarti limbah tersebut mudah terbakar karena adanya kontak dengan udara, nyala api, air maupun bahan lainnya walaupun hanya berada dalam suhu serta tekanan yang standar. 

4. Beracun

simbol b3 bahan beracun

Yang dapat Anda ketahui dari limbah dengan sifat beracun ialah limbah tersebut mempunyai kandungan zat yang dapat menjadi racun bagi manusia, hewan maupun organisme lainnya sehingga bisa menimbulkan penyakit hingga kematian sekalipun. 

5. Berbahaya

simbol b3 berbahaya

Yang dimaksud dengan limbah berisfat bahaya ialah limbah tersebut baik dalam bentuk padat, cair maupun gas bisa menyebabkan suatu hal yang berbahaya bagi kesehatan hingga pada tingkatan tertentu baik melalui kontak inhalasi maupun melalui kontak oral. 

6. Korosif

simbol b3 korosi

Sifat korosif yang dimaksud ialah limbah yang mempunyai ciri untuk dapat menimbulkan iritasi pada kulit, menyebabkan pengkaratan pada baja, memiliki tingkat keasaman pH kurang dari 2 atau pH lebih dari 12,5. 

7. Iritasi

simbol b3 bahaya

Iritasi yang dimaksud ialah limbah tersebut dapat menyebabkan sensitasi pada kulit manusia, peradangan hingga iritasi pada pernapasan, pusing dan menyebabkan rasa mengantuk apabila seseorang menghirup limbah tersebut.

8. Berbahaya bagi lingkungan 

simbol b3 bahaya lingkungan

Berbahaya bagi lingkungan ialah limbah tersebut diketahui dapat menimbulkan kerusakan bagi lingkungan maupun kerusakan pada ekosistem tertentu. 

9. Karsinogenik

simbol b3 bahaya terhirup

Yang dimaksud dengan sifat karsinogenik ialah limbah tersebut dapat memicu timbulnya sel kanker, teratogenik maupun mutagenik.

Untuk melindungi tangan dari bahaya B3 ada beberapa jenis sarung tangan yang cocok. Baca saja di jenis sarung tangan safety dan fungsinya

Karakteristik limbah B3

Di samping memiliki sifat-sifat tertentu, limbah yang berasal dari B3 juga memiliki beberapa karakteristik yang di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Mudah meledak.
  2. Bersifat reaktif.
  3. Mudah terbakar.
  4. Beracun.
  5. Dapat menyebabkan infeksi.
  6. Memiliki kandungan zat yang menyebabkan korosif. 

Adapun karakteristik-karakteristik tersebut diambil dari Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 1999 tentang limbah yang berasal dari bahan berbahaya dan beracun. 

Jenis Limbah B3

Sebagaimana yang dimuat dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, jenis-jenis i limbah yang berasal dari bahan berbahay dan beracun tersebut di antaranya sebagai berikut. 

  1. Klasifikasi I
    • Bahan kimia yang terbukti dapat menyebabkan bahaya yang fatal dan luas.
    • Bahan kimia yang baru dan patut dicurigai menimbulkan bahaya.
  2. Klasifikasi II
    • Bahan radiasi
    • Bahan etilogenik
    • Gas beracun dan dapat menyala.
    • Gas bertitik nyala kurang dari 35o C. 
    • Bahan padat yang memiliki sifat dapat menyala sendiri.
    • Bahan yang mudah menguap dengan LD50 kurang dari 500 mg atau setara.
  3. Klasifikasi III
    • Bahan yang mudah meledak karena sebab lain.
    • Bahan beracun dengan LD50 kurang dari 500 mg atau setara. 
    • Bahan pengoksidasi kuat.
    • Bahan pengoksidasi organik.
    • Alat elektronika yang dapat menimbulkan radiasi.
  4. Klasifikasi IV
    • Bahan beracun dengan LD50 kurang dai 500 mg atau setara.
    • Bahan pengoksidasi sedang.
    • Bahan korosif baik sedang maupun lemah.
    • Bahan yang mudah terbakar.

Contoh Limbah B3

Untuk lebih memberikan pemahaman kepada Anda tentang limbah yang berasal dari B3, maka sebaiknya Anda menyimak beberapa contoh berikut. 

Limbah organik

limbah organik
picfair.com

Limbah organik adalah limbah yang dapat diuraikan oleh bakteri seperti kulit telur, dedaunan kering, sisa sayuran, tulang, kotoran hewan hingga kotoran manusia.

Limbah domestik atau limbah rumah tangga

limbah domestik
thegorbasla.com

Limbah tersebut adalah limbah yang dihasilkan oleh buangan dari perumahan, bangunan, perdagangan, perkantoran dan sejenisnya seperti air bekas cucian, kotoran manusia, kertas kardus hingga perkakas dapur yang sudah tidak terpakai.

Ulasan dan informasi terkait limbah B3 tersebut kiranya dapat memberikan pemahaman bagi Anda terutama untuk memerangi limbah tersebut demi menciptakan kehidupan yang lebih sehat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: