√ 12 Jenis Sarung Tangan Safety dan Fungsinya [Wajib Tahu]

Sarung tangan merupakan salah satu perlengkapan keselamatan kerja. Benda ini digunakan untuk melindungi tangan dari berbagai macam bahaya yang dapat melukai pekerja.

Pemilihan sarung tangan yang tepat sangatlah penting untuk pekerjaan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, antara lain kecocokan, fungsi, dan tingkat perlindungan yang dibutuhkan.

Kira-kira bagaimana cara memilih sarung tepat untuk pekerjaan anda? Artikel ini akan membantu anda untuk memilih jenis sarung tangan yang anda butuhkan. Berikut ini jenis-jenis sarung tangan :

1. Sarung tangan kain (Fabric or Cotton Gloves)

sarung tangan kain
indiamart.com

Merupakan jenis sarung tangan yang memiliki lapisan tipis dan memungkinkan udara masuk ke dalam sarung tangan. Sehingga pemakainya bisa merasakan suhu dari alat atau benda kerja yang disentuh.

Jenis sarung tangan ini cukup membantu untuk menghindari goresan atau lecet, dan juga membantu tangan pemakainya tetap bersih.

Namun tidak direkomendasikan untuk perlindungan terhadap tusukan, bahan bergerigi, api , dan panas. Kadang jenis sarung tangan ini digunakan sebagai lapisan dasar di bawah sarung tangan yang lebih besar.

2. Sarung tangan kain dengan lapisan (Coated Fabric Gloves)

sarung tangan kain dengan lapisan
harborfreight.com

Jenis sarung tangan ini merupakan peningkatan dari sarung tangan kain standar. Sarung tangan ini menawarkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi. Baik itu perlindungan terhadap tusukan, goresan, alkanilitas suatu bahan, dan bahan kimia.

Ada berbagai macam lapisan yang digunakan untuk melapisi sarung tangan ini, antara lain :

  1. Nitril
  2. PVC
  3. Latex (getah)
  4. Polyurethane

Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan pekerjaan anda. Namun beberapa lapisan tersebut menyebabkan sarung tangan tidak fleksibel pada saat suhu dingin.

Meskipun sarung tangan ini tahan terhadap bahan kimia, bukan berarti bisa digunakan sebagai pengganti sarung tangan khusus bahan kimia.

3. Sarung tangan karet, plastik atau sintetis (Rubber, Plastic, or Synthetic Gloves)

sarung tangan karet
amazon.com

Jenis sarung tangan ini umumnya digunakan di laboratorium atau bidang kesehatan. Sarung tangan ini memberikan perlindungan terhadap bio-hazard, minyak, grease, dan  bahan kimia lainnya.

Biasanya sudah memiliki ukuran pas, sehingga memudahkan penggunanya melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Namun sarung tangan ini tidak memberikan perlindungan terhadap tusukan, permukaan tajam atau abrasif.

4. Sarung tangan kulit (Leather Gloves)

sarung tangan kulit
discountsafetygear.com

Sarung tangan kulit memiliki berbagai macam manfaat. Sarung tangan dengan bahan kulit memberikan cengkraman yang kuat serta perlindungan terhadap percikan api dan benda tajam atau abrasif.

Sarung tangan ini juga bisa melindungi dari paparan panas tingkat sedang, seperti pada saat gesekan dengan tali dan panas pada pengelasan.

Sarung tangan kulit memiliki daya tahan tinggi, namun sarung tangan ini dikenal dapat mengeras atau layu jika terlalu banyak terkena panas. Umumnya sarung tangan ini digunakan pada proses pengelasan.

5. Sarung tangan aluminized (aluminized gloves)

sarung tangan aluminized
gladiatorglove.com

Merupakan jenis sarung tangan tahan panas tinggi. Cocok untuk pekerjaan pengelasan, pekerjaan tungku, pengecoran, atau di laboratorium dengan oven panas tinggi. Diproduksi dengan bahan yang sangat reflektif sehingga dapat memberikan perlindungan panas sampai suhu 2000° F.

6. Sarung tangan kevlar (kevlar gloves)

sarung tangan kevlar
amazon.com

Sarung tangan yang memiliki peran besar di dunia industri. Bahan kevlar membuat sarung tangan ringan, tahan lama, dan memberikan perlindungan yang luar biasa terhadap luka dan lecet. Bahan kevlar juga digunakan sebagai campuran untuk membuat berbagai jenis sarung tangan.

7. Sarung tangan tahan tusuk (Puncture Resistant Gloves)

sarung tangan tahan tusuk
turtleskin.com

Sarung tangan jenis ini didesain khusus untuk melindungi tangan dari tusukkan. Sarung tangan ini ditenun dengan bahan kevlar sehingga menyerupai sisik ikan.

Bentuk sisiknya sudah diskalakan hingga membentuk serpihan. Serpihan ini berfungsi untuk membelokan tusukan dari jarum, pecahan, dan tusukan dari benda tajam lainnya.

8. Sarung tangan tahan benturan dan getaran (Impact-Resistant and Vibration-Resistant Gloves)

sarung tangan anti getaran
chainsawjournal.com

Banyak orang yang terpengaruh dengan getaran atau benturan pada tangan. Ternyata tangan gemetar atau hand-arm vibration syndrome (HAVS) menjadi masalah bagi pekerja profesional.

Untuk mengatasi hal tersebut, dibuatlah sarung tangan ini. Sarung tangan ini dapat menyerap energi benturan dan mengurangi getaran ke tangan. Sehingga cocok digunakan untuk pekerjaan yang memberikan getaran yang berulang-ulang.

9. Sarung tangan tahan cairan kimia atau bahan kimia

Untuk menentukan jenis sarung tangan tahan bahan kimia bukanlah hal yang mudah. Sering kali pekerja mengabaikan masalah kebersihan. Sehingga sering terjadi bahan kimia mengenai kulit dan menyebabkan penyakit berkepanjangan bahkan kematian.

Maka dari itu pemilihan sarung tangan yang tepat sangatlah penting untuk keselamatan kerja. Berikut ini jenis-jenis sarung tangan tahan bahan kimia, antara lain :

A. Sarung tangan karet butyl (Butyl Rubber Gloves)

sarung tangan butyl
ansell.com

Sarung tangan karet butyl digunakan untuk melindungi tangan dari zat tertentu untuk jangka panjang. Sarung tangan ini juga tahan terhadap air dan uap. Digunakan untuk melindungi dari bahan-bahan seperti :

  1. Peroksida
  2. Asalm Sendawa
  3. Asam Hidroklorik
  4. Asam belerang
  5. Alkali
  6. Alcohol

B. Sarung tangan getah alami / karet

sarung tangan karet natural
gemplers.com

Sarung tangan yang digunakan untuk bahaya kontak tak terduga. Cocok untuk melindungi dari cairan kimia.

C. Sarung tangan Neoprene

sarung tangan neoprene (gemplers.com)
gemplers.com

Sarung tangan tahan kimia untuk kontak jangka panjang. Digunakan untuk melindungi dari bahan-bahan seperti:

  1. Basia
  2. Asam
  3. Peroksida
  4. Bahan bakar
  5. Hidrokarbon
  6. Bensin
  7. Alkohol
  8. Asam organik

D. Sarung tangan karet nitril

sarung tangan nitril
homedepot.com

Sarung tangan serba guna yang sering digunakan. Diciptakan untuk melindungi dari kontak insidental. Dibuat tebal agar dapat digunakan untuk jangka panjang. Digunakan untuk melindungi dari :

  1. Bensin
  2. Grease
  3. Minyak petrolum
  4. Pelarut
  5. Beberapa asam dan basa

Tinggalkan komentar

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: