√ 55 Gambar Perspektif [Materi Lengkap dan Contoh]

Gambar Perspektif – Gambar perspektif adalah gambar yang dibuat dengan cara memanfaatkan suatu pandangan. Kenyataannya bahwa semakin jauh objek, maka akan terlihat semakin terlihat kecil. Sehingga jarak dari suatu objek akan menentukan besarnya ukuran di dalam gambar.

A. Pengertian

Gambar perspektif adalah seni atau teknik menggambar objek 3 dimensi ke dalam bidang datar atau 2 dimensi. Dan digambar berdasarkan satu titik pandang saja. Penjelasan singkatnya adalah membuat ilusi pada bidang datar atau dua dimensi.

Perspektif merupakan kunci yang penting dari suatu gambar atau lukisan. Karena ini adalah salah satu teknik dasar yang perlu dipahami agar dapat menciptakan gambar yang realistis.

Dalam gambar perspektif, semua objek digambarkan semakin mengecil atau menyusut pada jarak tertentu. Garis-garis paralel yang terlihat pada objek akan bertemu pada satu titik. Titik tersebut biasanya disebut titik hilang.

B. Tipe Gambar Perspektif

1. Perspektif Linear

linear pespective
wheelerarts.org

Ketika membicarakan gambar perspektif, biasanya yang dimaksud adalah gambar perspektif linear. Perspektif linear adalah metode geometris yang merepresentasikan pengurangan skala yang nyata. Perspektif ini memanfaatkan titik hilang dan garis-garis yang memusat pada satu titik.

2. Perspektif Aerial

aerial perspective
vectorstock.com

Perspektif aerial adalah metode yang menciptakan ilusi kedalaman atau resesi dalam lukisan atau gambar. Perspektif ini memanfaatkan perubahan warna pada objek yang terlihat pada jarak tertentu. Contohnya pada saat membuat lukisan yang memiliki bayangan.

C. Unsur Gambar Perspektif

1. Garis Horizontal

Garis ini menggambarkan titik temu antara bumi dengan langit, biasanya dianggap sebagai jarak terjauh yang terlihat mata. Sebagai contoh ketika berada di pantai dan melihat lautan. Lautan tersebut akan membentuk garis lurus. Garis lurus itu digambarkan sebagai garis horizontal.

2. Titik hilang

Titik hilang ini berfungsi sebagai titik temu garis-garis paralel dalam suatu gambar. Contohnya ketika berada di suatu persimpangan. Pada saat berdiri di persimpangan, akan terlihat dua jalan yang berbeda. Dua jalan tersebut terlihat memiliki ujung dan digambarkan sebagai titik hilang.

3. Ortogonal

Ketika dua atau lebih garis paralel saling bertemu/berpotongan, atau garis-garis paralel bertemu pada titik hilang. Pertemuan garis ini disebut ortogonal atau garis konvergensi.

D. Jenis perspektif

1. Perspektif Satu Titik Hilang

satu titik hilangSesuai dengan namanya gambar ini memiliki satu titik hilang pada garis horizontal. Sehingga semua garis-garis paralel bertemu pada satu titik hilang tersebut. 

Gambar perspektif dengan satu titik hilang akan menambah kedalaman suatu gambar dan memberikan efek ilusi. Contohnya digunakan pada saat menggambar rel, lorong, jalan raya, koridor, dan lain-lain.

1 titik hilang
artheary.com

2. Perspektif Dua Titik Hilang

dua titik hilangGambar perspektif dua titik hilang adalah perspektif yang paling sering digunakan. Karena dapat memberikan nuansa realistis pada suatu sketsa. Perspektif jenis ini memiliki dua titik hilang pada garis horizontal.

Biasanya dikenal sebagai perspektif ¾ atau perspektif sudut. Contohnya pada saat berdiri di sudut suatu gedung. Semua garis paralel di sebelah kanan gedung akan bertemu pada titik hilang di sebelah kanan.

2 titik hilang
artheary.com

Dan semua garis paralel di sebelah kiri gedung akan bertemu pada titik hilang di sebelah kiri. Gambar perspektif ini, cocok digunakan untuk menggambar objek yang memiliki garis tegak lurus seperti bangunan yang bersebelahan.

3. Perspektif Tiga Titik Hilang

tiga titik hilangGambar perspektif 3 titik hilang biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu secara berlebihan. Memiliki tiga titik hilang, yaitu 2 titik di garis horizontal dan 1 titik di atas/bawah garis horizontal. Ada dua metode dalam menggambar perspektif 3 titik hilang.

Yaitu pandangan semut dan pandangan mata burung. Pandangan semut digambar berdasarkan pandangan dari bawah garis horizontal. Gambarnya berada di atas garis horizontal. Pandangan ini membuat gambar seakan-akan sangat besar seperti yang dipandang oleh semut.

Sedangkan pandangan mata burung digambar berdasarkan pandangan dari atas garis horizontal. Gambarnya berada di bawah garis horizontal. Pandangan ini membuat gambar seakan-akan dilihat dari ketinggian seperti yang dilihat oleh mata burung.

tiga titik hilang
artheary.com

Pada saat menggambar dengan pandangan semut, titik hilang atas dikenal sebagai Zenith (titik tertinggi). Sedangkan pada saat menggambar dengan pandangan mata burung, titik hilang bawah dikenal sebagai Nadir (titik terendah).

Perspektif 3 titik hilang biasanya digunakan untuk menggambar gedung pencakar langit. Gambar ini lebih sulit dipahami dibandingkan perspektif yang sebelumnya. Karena adanya titik hilang ke-3 pada gambar ini, sehingga garis paralelnya berubah.

4. Perspektif Empat titik hilang

4 titik hilang
buzzle.com

Perspektif ini adalah versi lengkung dari perspektif 2 titik hilang. Bisa memberikan pandangan panorama bahkan pandangan 360°. Karena jumlah titik hilangnya melebihi jumlah yang dibutuhkan.

Secara sederhana, garis lurus vertikal pada gambar perspektif dua titik hilang akan melengkung. Karena ada tambahan dua titik hilang di atas dan bawah.

5. Perspektif Lima Titik Hilang

5 titik hilang
buzzle.com

Gambar perspektif 5 titik hilang adalah gabungan dari 5 gambar perspektif dengan satu titik hilang. Perbedaannya adalah, pada gambar ini memiliki garis lengkung bukan horizontal maupun vertikal.

Seluruh bidang disatukan dalam bentuk lingkaran dan garis-garisnya terdistorsi. Memberikan efek lensa melebar atau sering disebut fish-eye pada gambar. Contohnya pada saat anda melihat globe, anda dapat menentukan 5 titik yang menyebabkan anda melihat setengah bagian globe.

Perbedaan dengan gambar perspektif 4 titik hilang adalah gambar ini memiliki 5 titik hilang, penghubungan garisnya menggunakan garis lengkung. Titik hilang ke 5 terletak pada pusat lingkaran atau berada tepat ditengah-tengah 4 titik hilang yang lain.

6. Perspektif Tanpa Titik Hilang

tanpa titik hilang
artheary.com

Meskipun jarang terdengar, gambar perspektif ini justru lebih umum dibandingkan jenis perspektif yang sebelumnya. Gambar ini tidak memiliki garis paralel dan tidak memiliki titik hilang, sehingga diberi nama tanpa titik hilang.

Jenis perspektif ini digunakan untuk menggambar non linier. Yaitu pada gambar yang tidak memiliki garis paralel yang bertemu pada titik terjauh. Contohnya pada gambar pemandangan seperti lembah, jajaran gunung, dan lain-lain.

Namun gambar ini masih menghasilkan ilusi kedalaman. Misalnya pada saat melihat gambar pegunungan. Gunung yang berada lebih jauh pasti terlihat lebih kecil dibandingkan gunung yang dekat.

Perspektif Enam Titik Hilang

Pada perspektif 5 titik hilang, memungkinkan kita melihat bagian objek yang ada di bagian depan, dalam perspektif 180°. Sehingga kita tidak bisa melihat objek yang ada di bagian belakang kita.

Titik yang berada di belakang kita adalah titik hilang yang ke 6. Titik ini adalah lawan dari titik hilang ke 5 yang berada di tengah-tengah objek. Sehingga memberikan pandangan 360°. Namun untuk menggambarkannya, dibutuhkan dua ilustrasi terpisah.

Cara menggambarnya tidak sesulit kedengarannya. Karena sebenarnya gambar perspektif ini adalah  perspektif 5 titik yang disatukan. Satu ilustrasi digunakan untuk menampilkan bagian depan objek. Dan satu ilustrasi lagi digunakan untuk menampilkan bagian belakang objek.

E. Contoh Gambar Perspektif

1. 1 Titik Hilang

1 titik hilang1
dumielauxepices.net
1 titik hilang2
jenniferbranch.com
1 titik hilang3
mschangart.com
1 titik hilang4
pinterest.com
1 titik hilang5
studentartguide.com
1 titik hilang6
thinglink.me
1 titik hilang7
youtube.com
1 titik hilang8
happyfamilyart.com
1 titik hilang9
youtube.com
1 titik hilang10
youtube.com

2. 2 Titik Hilang

 

2 titik hilang1
coltsengineering.com
2 titik hilang2
lynda.com
2 titik hilang3
monhuiledecoco.info
2 titik hilang4
nahidsikander.com
2 titik hilang5
pinterest.com
2 titik hilang6
tes.com
2 titik hilang7
weebly.com
2 titik hilang8
ytimg.com
2 titik hilang9
monhuiledecoco.info
2 titik hilang10
pinterest.com

3. 3 Titik Hilang

3 Titik Hilang1
flickr.com
3 Titik Hilang2
kidskunst.info
3 Titik Hilang3
mybluprint.com
3 Titik Hilang4
pinterest.com
3 Titik Hilang5
weebly.com
3 Titik Hilang6
kidskunst.info
3 Titik Hilang7
pinterest.com
3 Titik Hilang8
kidskunst.info
3 Titik Hilang9
pinterest.com
3 Titik Hilang10
kidskunst.info

4. 4 Titik Hilang

4 Titik Hilang1
deskgram.net
4 Titik Hilang2
drawingfineart.net
4 Titik Hilang3
pinterest.com
4 Titik Hilang4
pinterest.com
4 Titik Hilang5
pinterest.com
4 Titik Hilang6
pinterest.com
4 Titik Hilang7
pinterest.com

5. 5 Titik Hilang

5 titik hilang1
artstation.com
5 titik hilang7
deviantart.com
5 titik hilang2
picbon.com
5 titik hilang3
pinteres.com
5 titik hilang4
redd.it
5 titik hilang5
youtube.com
5 titik hilang6
pinteres.com

Tinggalkan komentar

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: