Perbedaan Mur dan Baut

Tahukah kalian apa perbedaan mur dan baut? Sebenarnya kedua benda ini memiliki perbedaan yang jelas banget loh. Namun kebanyakan orang sering keliru. Jika anda penasaran, simak pembahasan berikut ini.

[toc]

Pengertian Mur dan Baut

Mur dan baut merupakan suatu jenis sambungan yang digunakan berbagai macam konstruksi. Contohnya pada sepeda, mesin motor, mesin mobil, dan sebagainya.

Mur dan baut ini bisa diibaratkan sebagai pasangan yang sangat cocok. Karena jika salah satunya memiliki ukuran ulir yang berbeda, maka tidak bisa dipasangkan.

Mur dan baut ini berfungsi untuk menyambungkan dua buah benda atau lebih. Termasuk dalam jenis sambungan tidak tetap. Atau bisa dibilang dapat dilepaskan tanpa harus merusaknya.

Baut

ulir pada baut

Baut merupakan suatu batang silinder yang memiliki ulir di bagian silindernya dan dilengkapi dengan kepala di salah satu ujungnya. Kepala baut umumnya berbentuk segi enam atau segi empat.

Panjang ulir pada baut bervariasi, kadang di sepanjang batang baut atau bisa sebagian saja. Umumnya baut terbuat dari baja lunak, baja paduan, baja tahan karat, atau kuningan.

Namun untuk kebutuhan khusus, baut juga kadang dibuat dari logam paduan atau logam yang lain. Ulir yang ada pada baut biasa disebut dengan ulir luar.

Mur

mur

Pada dasarnya mur adalah pasangan dari baut. Mur memiliki penampang berbentuk segi enam atau segi empat dan dilengkapi dengan lubang berulir di tengah-tengahnya.

Ukuran dari ulir pada mur sama harus sama seperti ukuran ulir pada baut pasangannya. Umumnya mur dibuat dari baja lunak.

Namun, ada pula mur yang dibuat dari logam paduan atau logam yang lain untuk keperluan tertentu. Ulir yang terdapat pada mur disebut dengan ulir dalam.

Perbedaan Mur dan Baut

1. Letak Ulir

Letak ulir pada baut berada di bagian luar yang disebut ulir luar. Sedangkan Mur memiliki ulir di bagian dalam yang disebut dengan ulir dalam

2. Panjang Ulir

Ulir yang ada pada baut panjangnya bervariasi. Ada yang ulirnya sepanjang bagian silindernya, ada pula yang panjangnya hanya sebagian saja. Sedangkan ulir pada mur itu sepanjang lubangnya sampai tembus.

3. Panjang keseluruhan

Panjang keseluruhan dari baut pasti lebih panjang dibandingkan dengan mur. Baut terdiri dari bagian kepala dan bagian silinder yang berulir, sehingga lebih panjang dari mur. Sedangkan panjang atau tebal mur itu sama dengan tebal kepala bautnya.

4. Cara Pembuatan Ulirnya

Baut atau screw biasanya dibuat menggunakan mesin bubut atau mesin cnc. Bila dibuat secara manual, pembentukan ulir baut bisa dilakukan menggunakan alat kerja bangku berupa snei.

Mur dapat dibuat menggunakan mesin cnc. Sedangkan jika dibuat secara manual, maka pembuatan ulir nya menggunakan alat berupa tap.

Demikianlah pembahasan lengkap dari perbedaan mur dan baut. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua..

Tinggalkan komentar