Ukuran Kertas F4

Selain ukuran kertas A4, ada juga ukuran kertas lain yang sering digunakan dalam percetakan yaitu ukuran F4. Kertas F4 adalah jenis kertas standar internasional untuk seri F yang dinyatakan dalam satuan millimeter (mm) kemudian dapat dikonversi menjadi satuan centimeter (cm) dan juga inch. Standar ukuran ini telah diatur tersendiri dan biasanya dipergunakan untuk keperluan perkantoran dan juga keperluan lainnya. Banyak juga yang menyebut ukuran kertas F4 ini dengan folio, karena ukurannya yang hampir mirip.

Pengertian ukuran kertas

Yang dimaksud dengan ukuran kertas adalah suatu angka yang menyatakan nilai dari panjang dan juga lebar dari suatu kertas yang dinyatakan dalam satuan millimeter (mm). Ukuran ini juga dapat dikonversikan menjadi satuan lain seperti centimeter (cm) dan juga inch. Untuk ukuran kertas F4 yang berlaku saat ini didasarkan oleh ISO (International Organization of Standardization).

Perbedaan kertas ini dengan ukuran kertas A4 terdapat pada lebarnya. Kertas A4 memiliki lebar sepanjang 297 mm, sedangkan kertas F4 memiliki lebar 330 cm. Sehingga lebih panjang 33 mm dibandingkan kertas A4. Jadi ketika anda akan mencetak dokumen, jangan sampai salah kertas ya.

Kertas F4

Ukuran dalam berbagai satuan

Seperti pada seri kertas lainnya, untuk kertas seri F4 juga memiliki standar ukuran baku yang berlaku secara internasional. Hal ini untuk memberikan persamaan dan keseragaman penggunaan kertas sehingga tidak muncul kebingungan pada saat menggunakannya. Secara umum ukuran kertas ini dapat dinyatakan dalam bentuk centimeter, millimeter, inch, dan pixel.

  • Dalam cm (centimeter) adalah ukuran lebar kertas 21 cm dan ukuran panjang kertas adalah 33 cm.
  • Dalam mm (millimeter) adalah ukuran lebar kertas 210 mm dan jugaukuran  panjang kertas 330 mm.
  • Dalam inch adalah lebar kertas 8,27 inch dan panjang kertas 12,99 inch.
  • Dalam pixel mempunyai ukuran berikut 2480 x 3900 pixel.

Tabel ukuran

Perlu diingat bahwa untuk mengkonversikan satuan milimeter (mm) ke satuan centimeter (cm) anda cukup membagi 10 dari satuan milimeter (mm).

Ukuran kertas A4Satuan
210 × 330mm
21 × 33cm
8,27 × 12,99inch

Cara setting ukuran di word

Pada waktu Anda sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan di komputer, tentunya Anda harus mengatur ukuran kertas di komputer  yang akan Anda gunakan sesuai dengan ukuran kertas cetakannya. Untuk mengatur ukuran F4 di word, langkah yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut:

  • Siapakan dokumen yang telah Anda tulis atau Anda kerjakan.
  • Pilihlah menu Layout.
  • Klik Size kemudian More Paper Size.
  • Muncul menu masuk tab Paper.
  • Pada pilihan Paper Size, klik custom Size yang berapa paling bawah sendiri.
  • Isi tabel yang ada sebagai berikut , Width : 21.59 cm dan Height : 33 cm. Anda juga bisa menggunakan ukuran dalam inch sebagai berikut, Width : 8,5” dan Height : 13”
  • Klik Ok
  • Ukuran F4 di word telah siap.
  • Cara ini dapat Anda gunakan untuk mengatur ukuran kertas di word 2010 dan word 2007.

Cara setting ukuran di excel

Selain digunakan pada Microsoft Word, kertas F4 juga dapat Anda gunakan untuk penulisan laporan pada Microsoft Excel. Ukuran ini biasanya diatur ketika Anda akan mencetak dokumen yang telah Anda kerjakan pada kertas ukuran F4 agar pas sesuai ukurannya. Anda mungkin perlu mengatur tulisan yang ada di excel agar tidak melebihi ukurannya. Langkah untuk mengatur ukuran F4 di excel adalah sebagai berikut:

  • Siapkan dokumen yang siap Anda kerjakan.
  • Pilihlah Page Layout
  • Klik pada pilihan Size, kemudian klik More Paper Size yang ada di bagian paling bawah.
  • Pada bagian Page, klik Paper Size kemudian pilih Folio.
  • Untuk mengatur orientasi kertas, Anda dapat memilih portrait ataupun landscape sesuai dengan dokumen yang Anda buat.
  • Setelah semua selesai klik Ok
  • Dokumen siap Anda cetak dengan ukuran F4.

Perbedaan ukuran dengan kertas lain

Mungkin Anda mengenal beberapa jenis kertas yang ada di Indonesia saat ini. Ukuran kertas yang sering digunakan atau sering muncul di masyarakat antara lain kertas F4, A4, quarto, folio, dan juga letter. Masing-masing jenis tersebut memiliki ukuran standar yang berbeda-beda, walaupun ada beberapa jenis kertas yang hampir mirip ukurannya. Berikut adalah rincian perbedaan dari beberapa jenis kertas tersebut.

F4

Kertas F4 ini memiliki ukuran 21,6 cm x 33 cm atau dalam satuan inch adalah 8,5” x 13”. Banyak yang menyebut kertas ini adalah HVS panjang, karena pada sampul atau bungkus kertas tertulis HVS F4. Ukuran F4 sama dengan HVS Folio.

A4

Ukuran kertas A4 yang ada dipasaran adalah 21 cm x 29,7 cm atau dalam satuan inch adalah 8,3” x 11,7”. Kertas ini lebih sering disebut dengan HVS sedang atau HVS A4 sesuai keterangan yang ada pada sampul luar kertas ini.

Quarto

Kertas quarto ini memiliki ukuran 21,6 cm x 27,5 cm. Dalam satuan inch kertas ini memiliki ukuran 8,5” x 10,8”. Ukuran ini lebih banyak dipergunakan di luar negeri seperti Inggris, dan agak sulit di temukan di Indonesia. Ukurannya memang hampir sama dengan ukuran kertas A4, sehingga ketika Anda ingin menggunakan kertas quarto dan tidak menemukannya dapat menggunakan kertas A4.

Letter

Kertas Letter ini dalam satuan centimeter mempunyai ukuran 21,6 cm x 27,9 cm atau 8,5” x 11”. Walaupun sebenarnya ukuran kertas ini adalah jenis ukuran yang hanya terdapat di Amerika. Untuk di Indonesia belum ada ukuran kertas yang sesuai dengan ukuran diatas. Namun jika Anda ingin menggunakan ukuran kertas Letter Anda dapat menggunakan kertas F4 karena ukurannya hampir mirip.

Legal

Salah satu ukuran kertas yang ada di Amerika adalah kertas ukuran legal. Kertas ini memiliki ukuran 21,6 cm x 35,6 cm atau 8,5” x 14”. Jenis kertas ini memang belum ada di Indonesia. Ketika Anda ingin menggunakan kertas ukuran legal, Anda dapat memanfaatkan kertas F4 yang memiliki ukuran mendekati ukuran kertas ini.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai ukuran kertas F4. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk share dengan kawan-kawan yang lain.

Penggunaan

Kertas F4 digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah untuk urusan pencetakan dan untuk membuat laporan. Selain itu kertas F4 ini juga sering dipergunakan dalam penyusunan lembar kerja seperti pembuatan soal-soal ujian, pembuatan formulir, form pendaftaran, dan berbagai dokumen lainnya. Kertas ini adalah salah satu kertas yang sering digunakan selain jenis kertas A4.

Fakta unik yang ada tentang kertas F4 adalah, bahwa ukuran kertas ini hanya dikenal di negara-negara Asia Tenggara saja. Indonesia adalah salah satu negara pengguna kertas seri F paling banyak. Untuk negara lainnya penggunaan kertas F4 memang jarang karena lebih banyak menggunakan ukuran kertas foolscap yang hampir mirip dengan ukuran kertas tersebut.

Berbagai macam jenis kertas yang ada dipasaran saat ini selain kertas F4 dan A4 juga masih terdapat banyak jenis lainnya. Contohnya adalah kertas seri A yang terdiri dari A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10. Sama dengan ukuran kertas F4, jenis kertas lainnya memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Namun secara garis besar kertas tersebut lebih banyak digunakan untuk keperluan cetakan dokumen.

Tinggalkan Balasan