Mesin Korter (Bore Up) : Bagian Utama dan Fungsinya

Mesin korter merupakan mesin yang berfungsi untuk membulatkan atau memperbesar diameter lubang silinder mesin. Bisa untuk mesin sepeda motor atau mobil. Banyak bengkel yang memiliki mesin korter. Khususnya bengkel bubut.

mesin korter

Mesin korter seakan-akan menjadi kebutuhan utama dalam usaha bengkel. Mesin ini mendatangkan keuntungan yang banyak karena fungsinya. Banyak orang yang ingin meningkatkan performa kendaraannya atau mengoptimalkan kinerja mesin kendaraannya.

Untuk meningkatkan kinerja mesin diperlukan adanya perubahan volume pada silinder mesinnya. Cara yang harus ditempuh adalah membeli piston dengan ukuran yang lebih besar.

Dan mengkorter silinder mesin sehingga piston yang lebih besar bisa masuk ke dalam silinder. Bagi anda yang ingin merintis bisnis bengkel, jasa korter sangatlah tepat untuk meningkatkan keuntungan.

Sebelum anda membeli mesin korter alangkah baiknya anda mengenal bagian-bagian dari mesin korter. Mari kita simak apa saja bagian-bagian dari mesin korter.

Bagian-bagian mesin korter

Roda gerinda atau Grinding wheel

grinding wheel

Roda gerinda ini digunakan sebelum proses mengkorter. Berfungsi untuk mengasah pisau korter. Roda ini diputar oleh dinamo mesin korter. 

Sistem kelistrikan (dinamo)

dinamo

Disini dinamo berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau lebih tepatnya sebagai motor penggerak mesin korter. 

Eretan

eretan

Berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan spindle secara manual.

Feed clutch

feed clutch

Yaitu tuas untuk melakukan pemakanan secara otomatis. Terletak di titik pusat eretan. Cara pengoperasiannya ditarik kemudian diputar. Fungsinya sama dengan tuas otomatis pada mesin bubut. Perbedaannya otomatis pada mesin korter hanya bergerak dari atas ke bawah, namun tidak bisa dari bawah ke atas. Dan kecepatan gerakan pemakanan pada mesin korter tidak bisa diubah seperti pada mesin bubut.

Oil plug

oil plug

Berfungsi sebagai tempat memasukkan pelumas mesin. Pelumas harus selalu ada dalam mesin agar mesin bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Sistim pencekaman (mounting and clamping assembly)

sistem pencekaman

Berfungsi untuk memasang (mencekam) benda kerja yang akan dikorter. Pencekaman benda kerja dibantu dengan 2 ring di bagian atas dan bawah benda kerja. Cara memasang benda kerja sesuai dengan sumbu utama dengan cara menggeser benda kerja saja.

Kolom mesin (Base assembly)

KOLOM MESIN

Kolom mesin atau badan mesin berfungsi sebagai penopang atau tempat kedudukan bagian-bagian mesin seperti roda gerinda, spindel, tuas-tuas, motor penggerak beserta puli-pulinya,

Main clutch

main clutch

Berfungsi untuk memasukkan perseneleng agar spindle berputar.

Spindle

Spindle merupakan poros utama mesin yang berfungsi untuk memutarkan pisau korter.

Sistem tansmisi atau Driving asselmbly (machine body)

sistem transmisi

Berisi roda gigi. Yaitu sistem pemindah tenaga (power train) mempunyai fungsi meneruskan tenaga / putaran mesin dari kopling ke poros propeler (spindle utama). 

Boring bar assembly

boring bar assembly

Yaitu tempat untuk spindle utama. Di dalamnya terdapat bantalan (bearing) agar spindle dapat berputar. Bagian luar yang tidak berputar disebut spindle sleeve. Bagian ini membantu spindel bergerak naik dan turun.

Feed box

feed box

Yaitu bagian yang menghubungkan spindle utama dengan spindle pemakanan otomatis.

Rotating Knob

rotating knob

Digunakan untuk memutar spindle secara manual.

Batang Pembatas (Position limiting rod)

limiting rod

Berfungsi sebagai pembatas panjangnya pemakanan. Ujung dari benda ini akan menekan bagian dari main clutch yang menonjol kemudian memutus transmisinya.

Boring cutter

boring cutter

Yaitu alat potong pemakanan untuk proses korter

Jika anda butuh untuk jasa bubut dan korter anda bisa datang ke tempat kami di Furqoni Bubut. Alamat kami ada di Desa Lemberang RT 2 RW 1 Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah Indonesia.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!