Cara Menggunakan Kunci Pas

Dalam dunia otomotif Anda bisa menemukan beberapa kunci yang digunakan untuk membuka atau mengencangkan Mur atau baut. Salah satu jenis kunci yang paling sering dijumpai adalah kunci pas. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara mendalam mengenai kunci pas dan cara menggunakannya.

Dengan bentuk kunci yang sedemikian rupa kita dapat dengan mudah memasangkan nya pada baut atau Mur yang akan dikencangkan maupun dikendurkan. Ada berbagai macam ukuran kunci yang dapat digunakan mulai dari yang kecil sampai yang besar.

ukuran kunci pas
amazon.com

Pelajari juga cara menggunakan kunci momen

Cara menggunakan Kunci Pas yang Benar

1. Pilih ukuran kunci yang sesuai dengan ukuran mur atau kepala baut yang akan dikerjakan.

2. Pasangkan kunci pas pada mur atau baut yang akan dikencangkan/dikendurkan. Harus benar-benar masuk dan rata.

3. Selalu gunakan rahang yang paling besar sebagai tumpuan.

cara menggunakan kunci pas yang benar
untuk putaran kanan
cara menggunakan kunci pas yang benar untuk putaran kiri
untuk putaran kiri

Pelajari juga cara menggunakan kunci ring

Hal yang perlu diperhatikan

1. Mur atau baut yang masih dalam keadaan kencang tidak boleh langsung dikendurkan menggunakan kunci pas. Karena dapat merusak bentuk Mur atau baut ketika dikendurkan. Gunakanlah kunci ring atau socket untuk mengendurkan Mur atau baut yang sangat kencang.

2. Gunakanlah kunci dengan ukuran yang tepat sesuai dengan ukuran kepala baut atau Mur yang akan dikerjakan. Ukuran kunci yang terlalu kecil menyebabkan kunci pas tidak dapat digunakan. Sedangkan ukuran yang lebih besar dapat menyebabkan rusaknya kepala baut atau Mur ketika dikerjakan.

3. Posisi kunci harus rata dengan kepala baut atau Mur yang dikerjakan sehingga tidak meleset atau slek.

Demikianlah pembahasan tentang cara menggunakan kunci pas yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk share dengan teman-teman yang lain.

Tinggalkan komentar