Kunci Ring

Kunci ring adalah salah satu perkakas wajib yang harus dimiliki bengkel motor maupun mobil. Atau mungkin setiap rumah juga memiliki kunci ring. Sebenarnya Kenapa sih setiap bengkel harus ada kunci ring? apa sih kegunaannya? bisa nggak kalau pakai kunci-kunci yang lain? Kalau ingin tahu jawabannya simak pembahasan berikut ini.

Fungsi

Dalam dunia teknik kunci ring digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan mur dan baut. Ya walaupun Sebenarnya masih ada kunci lain yang bisa digunakan seperti kunci pas, kunci inggris, maupun kunci shock. Namun dalam keadaan tertentu mungkin anda akan lebih mudah ketika menggunakan kunci ring.

Desain

Dapat dilihat dari bentuknya kunci ring memiliki desain hexagonal pada bagian rahangnya. Hal ini bertujuan untuk menjangkau bagian-bagian yang sempit. Namanya juga kunci ring pasti bentuknya seperti bulat dan berlubang seperti cincin. Sehingga dapat menutupi semua bagian di sekeliling mur atau baut yang akan dikencangkan atau dilepas.

kunci ring
bukalapak.com

Sehingga kunci ini sangat cocok digunakan untuk mengencangkan ataupun mengendurkan mur dan baut yang berbentuk segi enam atau hexagonal.  Setiap kunci ring memiliki dua ukuran ring yang berbeda, dengan demikian anda bisa menggunakan satu kunci untuk 2 ukuran mur atau baut yang berbeda.

Ada juga bentuk kunci Ring yang digabung dengan kunci pas yang biasa disebut kunci ring pas. Untuk kunci jenis ini kedua rahangnya memiliki ukuran yang sama namun bentuknya yang berbeda.

kunci ring pas
bukalapak.com

Ukuran kunci

Kunci ring tekiro satu set
tekiro.com

Untuk memudahkan penggunanya kunci ini dibuat dengan berbagai ukuran mulai dari ukuran yang terkecil hingga yang terbesar. Ukuran-ukurannya bisa dilihat di bawah ini

  1. Kunci ring 6 x 7
  2. Kunci ring 8 x 9
  3. Kunci ring 10 x 11
  4. Kunci ring 12 x 13
  5. Kunci ring 14 x 15
  6. Kunci ring 16 x 17
  7. Kunci ring 19 x 21
  8. Kunci ring 21 x  23
  9. Kunci ring 22 x 24
  10. Kunci ring 24 x 27
  11. Kunci ring 25 x 28
  12. Kunci ring 30 x 32

Cara menggunakan

  1. Tentukan ukuran Mur atau baut yang akan dikencangkan atau dikendurkan.
  2. Kemudian pilih ukuran kunci Ring yang sesuai dengan Mur atau baut tersebut.
  3. Pasang kunci ring pada Mur atau baut. Pastikan posisinya tegak lurus agar tidak meleset.
  4. Putar kunci ke arah yang dibutuhkan. Misal diputar ke kanan untuk mengencangkan dan diputar ke kiri untuk mengendurkan. Arah putaran ini ditentukan dari jenis ulir yang ada pada mur dan baut.

Pelajari terlebih dahulu jenis-jenis ulir

Merk kunci

Bagi Anda yang sedang mencari kunci ring kami memiliki beberapa rekomendasi merk yang memiliki kualitas yang bagus dan awet. Mereknya antara lain :

Tekiro

Kunci ring tekiro satu set
tekiro.com

Stanley

Kunci ring pas stanley
shopee.co.id

Krisbow

Kunci ring krisbow satu set
tokopedia.com

Diamond

kunci ring pas diamond
blibli.com

Multipro

Kunci ring multipro
bukalapak.com

merk-merk tersebut bisa anda temukan di berbagai toko perkakas. Demikianlah pembahasan lengkap mengenai kunci ring dan cara menggunakannya semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan komentar