Mata Bor

Untuk membuat lubang menggunakan mesin bor, pastinya membutuhkan jenis mata bor yang tepat agar hasilnya maksimal.

Seperti yang kita ketahui mata bor adalah alat potong yang digunakan untuk membuat lubang yang rapi dan presisi menggunakan mesin bor.

Jenis mata bor dapat dibedakan dari penggunaannya pada media yang berbeda. Seperti pada media besi, beton, dan kayu.

Namun ada juga yang dapat digunakan pada media berbeda. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini :

Jenis Mata Bor Menurut Medianya

1. Jenis Mata Bor Besi

Yaitu mata bor yang lazim digunakan untuk mengebor benda-benda yang terbuat dari besi atau logam. Yang termasuk jenis ini antara lain twist drill, center dril, dan hole saw bits.

2. Jenis Mata Bor Beton

Yaitu mata bor yang lazim digunakan untuk mengebor benda-benda seperti beton, tembok dan bebatuan. Yang termasuk jenis ini antara lain mansory bits dan core drill bit.

3. Jenis Mata Bor Kayu

Yaitu mata bor yang digunakan untuk mengebor benda-benda yang terbuat dari kayu. Yang termasuk jenis ini antara lain spur bits, countersink bits, forstner bits, router bits, flat bits, auger bits, dan chisel bits.

4. Jenis Mata Bor Kaca

Yaitu mata bor yang khusus digunakan untuk mengebor benda-benda yang terbuat dari kaca, keramik, maupun granit.

Mata bor ini dibuat khusus agar ketika mengebor kaca atau keramik tidak pecah pada saat proses pengeboran. Yang termasuk jenis ini antara lain mata bor kaca standar dan diamond core bits.

5. Jenis Mata Bor Sumur

Yaitu mata bor yang digunakan untuk proses pembuatan sumur atau pondasi sumuran pada bangunan. Yang termasuk jenis ini antara lain drag bits, roller cone, dan diamond bits.

17 Jenis Mata Bor dan Fungsinya

1. Twist Bits (Jobber Standard)

bukalapak.com

Mata bor jenis ini adalah mata bor yang paling sering kita jumpai karena sifatnya yang universal. Mengapa dibilang universal? Karena dapat digunakan pada berbagai jenis mesin bor.

Seperti mesin bor tangan, bor duduk vertikal maupun horizontal. Mata bor ini juga bisa digunakan untuk mengebor besi, kayu ataupun plastik. Untuk ukuran mata bor ini biasanya tersedia antara diameter 4 mm hingga 12 mm.

2. Center Drill

mata bor senter mesin bubut
cromwell.co.uk

Center drill atau bor senter merupakan mata bor yang biasa digunakan pada mesin bubut ataupun bisa juga pada mesin bor duduk.

Bor jenis ini berfungsi untuk membuat lubang permulaan pada permukaan benda keras logam atau fiber. Selanjutnya menggunakan mata bor lain untuk memperdalam atau memperbesar lubangnya.

3. Hole Shaw Bits (Corring Drill)

mata bor Hole Shaw Bits
lazada.co.id

Mata bor ini juga bisa dibilang universal karena sama seperti jenis sebelummnya yang dapat digunakan dalam berbagai mesin bor dan media yang berbeda juga.

Mata bor ini biasanya digunakan untuk membuat lubang berdiameter 25 mm sampai 60 mm. Untuk penggunaannya pada logam hanya pada plat tipis saja tidak bisa terlalu tebal.

4. Mansory Bits

mata bor Mansory Bits
whitecap.com

Mansory Bits adalah jenis mata bor beton yang secara fisik mirip Twist bits namun sedikit berbeda. Karena terdapat mata pisau khusus yang terbuat dari bahan sangat keras di ujungnya.

Hal ini tidak terlepas dari fungsinya untuk membuat lubang pada tembok, beton bahkan batu. Mata bor ini biasanya digunakan pada mesin bor pada setelan martil yang gerakan pengeborannya seperti ketukan martil.

Untuk ukurannya sendiri tersedia kisaran diameter 4 mm sampai 15 mm dan ukurannya juga lebih panjang dengan jenis twist bits (300-400mm).

5. Core Drill Bit

mata bor Core Drill Bit
ae01.alicdn.com

Mata bor core drill bit merupakan mata bor beton yang memiliki fungsi sama seperti Hole saw bits. Lubang yang dihasilkan juga dalam ukuran cukup besar tentunnya.

6. Spur Bits

mata bor Spur Bits
images-na.ssl-images-amazon.com

Spur bits merupakan salah satu jenis mata bor kayu. Mata bor jenis ini dapat kita ketahui dari ciri fisiknya yaitu terdapat ujung runcing ditengah dan mata potong di sekelilingnya.

Ujung runcing ditengah bertujuan agar menghasilkan lubang yang lurus dan presisi ukuran diameter lubang yang dihasilkan. Untuk ukuran bor ini biasannya berkisar 6 mm sampai 15 mm

7. Countersink Bits

mata bor Countersink Bits
amazon.com

Countersink bits adalah mata bor kayu yang digunakan untuk membuat lubang 45° pada permukaan kayu.

Lubang ini biasanya digunakan untuk tempat sekrup tentunya agar sama rata dengan kayu. Hal ini tidak lepas dari bentuk sudut pada ujung mata bor yaitu 90°.

8. Forstner bits

mata bor forstner bit
amazon.com

Forstner bit adalah jenis mata bor kayu yang biasa digunakan untuk membuat lubang engsel sendok pada permukaan kayu. Penggunaan mata bor jenis ini harus menggunakan mesin bor duduk.

Karena getaran yang dihasilkan cukup besar jika menggunakan bor tangan sehingga akan sulit untuk menstabilkannya.

9. Flat Bits

mata bor flat bits
images-na.ssl-images-amazon.com

Flat bits adalah jenis mata bor kayu yang memiliki bentuk yang menyerupai spur bits yaitu terdapat bagian runcing pada ujungnya.

Namun memiliki fungsi yang berbeda yaitu untuk menghasilkan lubang dalam ukuran yang cukup besar tentunnya.

Untuk penggunaannya sendiri disarankan menggunakan bor tangan manual dengan kecepatan putaran yang rendah. Tidak disarankan menggunakan bor tangan listrik.

10. Auger Bits

mata bor Auger bits
fine-tools.com

Auger bit merupakan mata bor yang biasanya digunakan untuk mengebor kayu atau bahan lunak lainnya dengan diameter lubang yang besar. Berbentuk ulir tunggal dan biasanya digunakan dengan kecepatan putaran mesin rendah.

11. Router Bits

mata bor router bits
woodworkersworld.net

Router bit adalah mata bor yang digunakan untuk membuat suatu profil pada permukaan kayu atau benda lunak lainnya. Biasanya digunakan pada mesin router atau trimmer.

12. Chisel Bits

Jenis mata Bor chisel bits
ffx.co.uk

Chisel bit adalah mata bor yang terbilang cukup unik karena lubang yang dihasilkan berbentuk kotak, sehingga berbeda dengan mata bor jenis lainnya. Biasanya penggunaannya menggunakan mesin hollow chisel mortiser.

13. Mata Bor Kaca Standar

jenis mata bor kaca standar
tokopedia.net

Mata bor ini berfungsi untuk melubangi kaca dan memiliki bentuk menyerupai tombak, sehingga banyak yang menyebut sebagai mata bor tombak.

14. Diamond Drill Bit/Diamond Core Bit

Jenis mata bor diamond dril bits
walmart.com

Diamond drill bit merupakan mata bor yang fungsi untuk membuat lubang pada kaca, keramik ataupun marmer dengan ukuran lubang yang cukup besar.

15. Drag Bits

mata bor drag bits
bestdrillingbits.com

Drag bit adalah jenis mata bor sumur versi lama yang biasannya digunakan untuk membuat lubang pada lapisan formasi lunak.

Memiliki nozzle jet untuk menyemprot blander nya agar selalu bersih dan mampu mengeluarkan lumpur dari rangkaian batang pipanya.

Bagian mata tajamnya terbuat dari baja paduan, sedangkan pada bagian muka (faced) yang keras umumnya diperkuat dengan tungsten carbide.

Masalah yang sering terjadi pada mata bor jenis ini adalah lubang pengeboran sumur tidak bisa lurus (bengkok). Sehingga menghasilkan diameter yang kurang simetris tanpa adanya pemadatan pada bagian sisi lubang.

16. Roller Cone

Jenis mata bor sumur roller cone
slb.com

Jenis mata bor sumur yang memiliki bentuk kerucut dan bagian memutar di ujungnnya. Terbuat dari Steel tooth bit (Milled tooth bit) dan Insert bit (Tungsten carbite bit).

Kedua bahan tersebut mampu menembus bebatuan yang lunak bahkan yang keras sekalipun. Maka dari itu mata bor ini banyak digunakan oleh perusahaan pengeboran minyak.

17. Diamond Bits

mata bor Diamond bits
youtube.com

Mata bor jenis ini sudah mulai jarang digunakan. Karena prinsip kerjanya mengandalkan proses menggores permukaan.

Hal itu lah yang membuat prosesnya berlangsung lama. Sehingga kalah cepat dengan jenis lain yang menggunakan proses mengeruk atau gigi berputar.

Meskipun demikian, mata bor ini sebenarnya cukup awet. Karena terbuat dari intan yang merupakan zat padat yang paling tahan goresan.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai jenis-jenis mata bor dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!