Alat Pelindung Diri

Untuk mengantisipasi resiko atau potensi kecelakaan kerja, pekerja harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Apa itu APD? Kenapa harus pakai APD? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda bisa simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Alat Pelindung Diri (APD)

Alat Pelindung Diri adalah perlengkapan yang berfungsi untuk melindungi pekerja dari hal-hal yang membahayakan pekerja. Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam bekerja sangatlah penting.

Karena dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja yang mungkin bisa terjadi dan sangat mendukung adanya kesehatan dan keselamatan kerja. Khususnya disektor industri atau proyek, penggunaan APD merupakan suatu kewajiban. Jadi jangan sampai lupa, sebelum bekerja harus pakai APD.

Jenis Alat Pelindung Diri K3

Setiap APD hanya bisa melindungi bagian tertentu saja. Berikut ini beberapa APD yang sering digunakan, antara lain :

1. Safety Helmet (Helm Safety)

alat pelindung diri untuk kepala
amazon.com

Safety helmet berfungsi untuk melindungi kepala dari berbagai macam bahaya yang dapat mengenai kepala secara langsung. Contohnya ketika ada benda keras yang terlempar, ketika terjatuh dan ketika menabrak sesuatu.

2. Safety belt (Sabuk Pengaman)

alat pelindung diri dari bahaya jatuh
amazon.com

Sabuk pengaman ini berfungsi untuk melindungi pekerja agar tetap pada posisi aman. Contohnya ketika pekerja berada di ketinggian, ketika pekerja mengendarai, dan lain-lain.

3. Sepatu Safety (Safety Shoes)

alat pelindung diri untuk kaki
indiamart.com

Sepatu ini berfungsi untuk melindungi kaki dari berbagai macam bahaya. Seperti tertimpa benda keras, tertusuk benda tajam, terkena / terpapar bahan kimia, tersentuh benda panas, dan lain-lain.

4. Sepatu Karet

alat pelindung diri dari bahaya tergelincir
lazada.co.id

Sepatu karet adalah sepatu safety yang berfungsi khusus untuk melindungi pekerja dari bahaya tergelincir.

5. Sarung Tangan Safety (Safety Gloves)

sarung tangan kain dengan lapisan
harborfreight.com

Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi tangan dari berbagai macam bahaya. Entah itu tertusuk, tergores, terkena cairan kimia, dan lain-lain. Jenis sarung tangan safety ada banyak. Penggunaanya tergantung dari jenis bahaya pekerjaannya.

Baca juga : Jenis Sarung Tangan Safety

6. Masker / Respirator

alat pelindung diri untuk pernafasan
amazon.com

Respirator ini berfungsi untuk menyaring udara yang digunakan ketika pekerja bernafas. Karena untuk pekerjaan tertentu ada gas-gas yang berbahaya yang dapat mengancam keselamatan dan kesehatan pekerja.

7. Jas hujan / Rain coat

alat pelindung diri dari hujan
amazon.com

Jas hujan ini berfungsi untuk melindungi pekerja dari percikan air atau cairan yang dapat mengenai tubuh pekerja secara langsung. BIasanya digunakan ketika hujan atau sedang mencuci alat.

8. Kacamata Safety (Safety Glasses)

kacamata las

Kacamata safety berfungsi untuk melindungi mata dari percikan benda kerja maupun cahaya yang dapat membahayakan mata. Contohnya dalam pekerjaan mengelas, menggerinda, membubut, dan lain-lain. Jenis kacamata safety juga ada banyak, tergantung dari pekerjaanya.

Baca juga : Jenis Kacamata Safety

9. Face Shield / Pelindung Wajah

face shield
protrade.co.uk

Pelindung wajah ini berfungsi untuk melindungi wajah secara keseluruhan dari berbagai bahaya yang ada. Contohnya ketika menggerinda untuk melindungi wajah dari percikan.

10. Ear Plug / Penutup Telinga

alat pelindung diri untuk telinga
amazon.com

Ear plug berfungsi untuk melindungi telinga pekerja dari suara bising yang dapat merusak pendengaran pekerja. Contohnya dalam pekerjaan pemotongan dan pencetakan logam.

11. Pelampung

alat pelindung diri dari bahaya tenggelam
amazon.com

Pelampung berfungsi untuk melindungi pekerja yang bekerja dari bahaya tenggelam. Biasanya digunakan oleh pekerja yang berada di lautan.

12. Wearpack / Pakaian Kerja

alat pelindung diri untuk badan
amazon.com

Wearpack adalah pakaian khusus yang didesain untuk pekerjaan tertentu. Desain dari wearpack biasanya sudah disesuaikan dengan mempertimbangkan bahaya-bahaya yang mungkin terjadi pada pekerjaan tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai alat pelindung diri yang sering digunakan pada berbagai pekerjaan. Semoga bemanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk share informasi ini dengan teman-teman yang lain.

Tinggalkan komentar