Sepatu Safety

Sepatu safety atau safety shoes merupakan salah satu alat pelindung diri yang digunakan pekerja khususnya di bidang industri. Sepatu ini menjadi hal yang sangat penting untuk melindungi diri dari berbagai risiko kecelakaan kerja.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas secara lengkap mengenai sepatu safety.. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

5 Fungsi Sepatu Safety

Safety shoes bukan hanya sekedar sebagai aksesoris yang harus dikenakan. Tetapi safety shoes memiliki manfaat dan fungsi terrtentu bagi pemakainya.

Fungsi utama dari sepatu safety ini adalah membuat kaki terasa nyaman dan terlindungi dengan baik. Sedangkan untuk fungsi dari safety shoes secara rinci adalah sebagai berikut.

1. Melindungi kaki dari tertusuk benda tajam dan berbahaya

Dalam dunia industri ada banyak sekali benda-benda tajam. Mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar. Salah satu peran dari sepatu safety disini adalah melindungi kaki dari berbagai benda tajam.

Karena bisa saja benda tajam tersebut mempunyai ukuran yang kecil. Sehingga bisa saja pekerja tidak sadar ketika tertusuk benda tajam. Benda tajamnya seperti paku, kerikil, serpihan kaca dan lain sebagainya.

2. Mencegah kaki mengalami luka parah

Coba bayangkan bagaimana jika pekerja yang dikelilingi berbagai benda keras, tajam dan berbahaya. Bisa saja kaki pekerja itu tertusuk, berdarah, tertimpa benda berat, hingga membuat kaki robek.

Dengan menggunakan sepatu safety ini, bisa meminimalisir kecelakaan dengan resiko cukup fatal bagi kaki. Sehingga jika seandainya terjadi kecelakaan kerja pada kaki, maka cukup beristirahat di rumah hingga kondisi kaki membaik dan dapat kembali bekerja.

3. Melindungi kaki dari bahaya benda panas dan dingin

Manfaat safety shoes lainnya yaitu melindungi kaki dari lantai atau benda yang memiliki suhu yang ekstrem. Karena setiap tempat kerja memiliki temperatur yang berbeda-beda.

Jika dengan kaki telanjang berjalan di tempat yang suhu cukup ekstrem pasti anda akan merasa sangat tidak nyaman. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan memakai safety shoes.

Sepanas atau sedingin apapun suatu tempat, maka tidak akan begitu terasa di kulit kaki. Sehingga pekerja dapat bekerja dengan cukup nyaman tanpa merasa kesakitan.

4. Melindungi kaki dari zat berbahaya

Ada juga beberapa tempat kerja yang berdekatan dengan zat yang berbahaya. Zat berbahaya tersebut dapat mengenai kulit baik secara sengaja atau pun tidak sengaja.

Dengan mengenakan safety shoes, kakinya dapat terlindungi. Maka dari itu sangat penting menggunakan sepatu safety.

5. Mengurangi risiko tergelincir

Beberapa tempat kerja memiliki lantai yang licin. Bisa saja karena lantainya sedang dibersihkan atau karena keberadaan oli yang berceceran.

Lantai yang licin cukup berbahaya dan dapat mengakibatkan terpeleset atau tergelincir kemudian terjatuh. Safety shoes dapat menjaga posisi anda ketika berdiri.

Sehingga anda dapat terhindar dari bahaya terpeleset atau tergelincir.

3 Model Sepatu Safety

Ada beberapa model sepatu safety yang dapat digunakan. Model ini dibuat berdasarkan tingkat perlindungannya pada kaki. Berikut ini model-model safety shoes.

1. Low cut

sepatu safety low cut
amazon.in

Desain sepatu ini sangat sederhana dan tidak terlalu besar. Lalu panjang dari sepatunya tidak lebih tinggi dari betis kaki. Biasanya sepatu ini digunakan di tempat yang tidak begitu ekstrem seperti laboratorium dan dapur.

2. Middle cut

sepatu safety middle cut
alibaba.com

Model sepatu jenis ini sedikit lebih panjang dibanding sepatu low cut. Dan sepatu ini lebih tinggi sedikit dari betis kaki. Penggunaan sepatu ini biasanya di medan yang tidak begitu berbahaya seperti pabrik.

3. Boot cut

sepatu safety boot cut
amazon.com

Desain sepatu yang satu ini mempunyai bentuk yang cukup panjang. Bahkan ada yang panjangnya hampir mencapai lutut. Penggunaan dari sepatu ini di area yang cukup ekstrem, misalnya di medan yang lebih dengan lumpur.

6 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya

Setiap tempat kerja memiliki potensi kecelakaan kerja yang berbeda-beda. Potensi kecelakaan kerja ini dapat dijadikan acuan dalam pembuatan sepatu safety. Berikut ini beberapa jenis safety shoes dan fungsinya.

1. Toed shoes

sepatu safety toed shoes
amazon.com

Jenis safety shoes yang satu ini memiliki ciri khas, yaitu di bagian ujung sepatunya dilengkapi pelindung.

Sehingga dapat melindungi jari–jari kaki dari risiko kecelakaan kerja. Biasanya sepatu ini digunakan di pabrik yang memproduksi material berat seperti kayu.

2. Insole shoes

sepatu safety insole shoes
tokopedia.com

Jenis sepatu ini memiliki material tambahan dalam pembuatannya yaitu baja ringan / besi. Material tersebut hanya sekedar disisipkan saja.

Fungsi dari sepatu ini yaitu tidak hanya sekedar melindungi kaki dan tulangnya, namun juga membuat gerakan menjadi stabil. Biasanya jenis sepatu ini digunakan untuk profesi yang mengandalkan kaki seperti sopir truk.

3. Metal instep footwear

sepatu safety metal instep footwear
indiamart.com

Jenis sepatu ini juga memiliki pelindung yang terbuat dari material metal atau baja ringan. Namun material tersebut bukan disisikan, melainkan diletakkan pada bagian alas dan berbentuk lempengan.

Fungsinya pun sangat efektif untuk melindungi kaki dari benda tajam. Umumnya sepatu ini digunakan pada pabrik yang memproduksi kaca, besi dan lainnya.

4. Metatarsal shoes

sepatu safety metatarsal shoes
amazon.com

Untuk sepatu ini memiliki pelindung yang terletak di bagian atas. Fungsinya yaitu melindungi kaki dari bahaya tertimpa benda berat.

Sehingga jika seandainya kaki anda tertimpa benda yang cukup berat, maka tidak akan gepeng atau terluka parah. Penggunaan dari sepatu ini cocok untuk profesi yang berhubungan dengan angkat-mengangkat.

5. Electrical hazard shoes

sepatu safety electrical hazard shoes
amazon.com

Sepatu ini memiliki pelindung yang berupa material khusus. Material tersebut bersifat isolator atau tidak dapat menghantarkan arus listrik.

Sehingga mencegah dari terkena sengatan listrik. Biasanya sepatu ini digunakan oleh profesi yang berhubungan dengan listrik misalnya pengelasan.

6. Heat resistant shoes

sepatu safety heat resistant shoes
amazon.com

Jenis safety shoes ini juga terbuat dari material khusus yang tahan terhadap panas atau api.

Materialnya harus bersifat isolator yang cukup tinggi dan bahkan tahan terhadap suhu hingga 300° Celcius. Sepatu ini khusus digunakan untuk para pemadam kebakaran.

5 Merk Sepatu Safety Terbaik

Bagi anda yang sedang mencari safety shoes, berikut ini beberapa merk sepatu paling recommended.

1. Vausky safety shoes

Desain dari sepatu ini mirip seperti sepatu sneakers. Sepatu ini juga tahan terhadap air dan juga suhu yang tinggi. Terbuat dari material karet dan kulit sintetis. Sepatu yang dengan harga 360.000 IDR termasuk kedalam jenis low cut.

2. Jogger Bestboy S3

Sepatu ini memiliki material baja di bagian jari kaki dan midsole. Sepatu ini termasuk ke dalam jenis toer shoes dan middle cut. Harga dari sepatu ini yaitu 330.000 IDR.

3. Nike safety shoes

Sepatu ini juga termasuk ke dalam jenis toed shoes dan middle cut. Material yang digunakan yaitu kulit dan pada bagian alas kaki terbuat dari material karet. Jadi sepatu ini kedap terhadap air. Untuk harganya sekitar Rp. 250.000.

4. Sepatu Safety King

Merk ini merupakan yang paling umum dan harganya tidak terlalu mahal. Namun untuk kualitasnya sudah terjamin dan juga nyaman ketika dipakai.

Harga safety shoes king ini mulai dari Rp 218.500 hingga Rp 351.500, untuk modelnya ada yang menggunakan tali dan juga tanpa tali.

5. Sepatu Safety Krisbow

Bagi anda yang bekerja di industri, sepatu safety merk krisbow dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Karena merk ini sudah sangat lama dan sudah terkenal, untuk harganya mulai dari Rp 375.000 hingga Rp 460.000.

Bila anda sedang mencari sepatu safety, pilihlah sepatu yang sesuai dengan profesi anda. Jangan sekedar terpikat pada desain yang menarik. Namun pikirkan kembali fungsi sepatu yang akan digunakan.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai sepatu safety. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!