Perbedaan Laptop dan Notebook

Laptop dan notebook merupakan suatu personal komputer portable yang bisa anda bawa kemana-mana. Walaupun demikian laptop dan notebook itu memiliki perbedaan.

Bagi Anda yang sedang mencari atau ingin membeli laptop dan notebook mungkin perbedaan ini berguna sebagai pertimbangan. Kira-kira Apa saja sih perbedaannya simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan laptop dan notebook

1. Ukuran layar

ukuran layar laptop dan notebook
shutterstock.com

Jika diperhatikan dari segi ukuran layar, maka kita dapat dengan mudah membedakan mana laptop atau notebook. Umumnya laptop memiliki ukuran layar lebih dari 18 inch. Sedangkan notebook umumnya memiliki ukuran layar dengan dimensi yang lebih kecil, yaitu antara 13 sampai 18 inch.

2. Berat

perbedaan berat laptop dan notebook

Jika ditinjau dari beratnya, tentu saja laptoplah yang lebih berat. Laptop memiliki berat sekitar 3 sampai 5 kg, sedangkan notebook hanya memiliki berat sekitar 1 sampai 2 kg.

3. Daya Baterai

perbedaan daya baterai laptop dan notebook
blibli.com

Kalau mengenai daya baterai, kita tidak dapat membandingkannya secara pasti. Karena tergantung dengan penggunaannya. Namun untuk kapasitas baterai, laptop pasti lebih besar dibanding notebook. Karena membutuhkan daya yang lebih besar. Meskipun demikian, daya baterai notebook lebih awet. Karena kinerjanya yang lebih ringan.

4. Spesifikasi grafis

perbedaan spesifikasi grafis laptop dan notebook (nvidia.com)

jika mengenai spesifikasi grafis tentunya laptop lebih mumpuni dibandingkan dengan notebook. Karena umumnya laptop memiliki VGA dengan kapasitas yang lebih mantap untuk mendukung performa tampilannya. Sedangkan notebook umumnya memiliki kapasitas yang lebih kecil. Meskipun demikian, Seiring berjalannya waktu notebook untuk keluaran terbaru juga sudah memiliki dukungan VGA dengan kualitas yang cukup mumpuni.

5. RAM

perbedaan ram laptop dan notebook
blibli.com

Begitu juga dengan RAM. RAM pada laptop memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan notebook. Namun Sama halnya dengan VGA. seiring perkembangan zaman, notebook keluaran terbaru juga sudah memiliki RAM dengan kapasitas yang besar dan juga mumpuni.

6. DVD Rom

dvd rom laptop
istockphoto.com

Nah kalau mengenai DVD ROM inilah yang menjadi perbedaan paling mencolok antara laptop dan notebook. Laptop memiliki DVD ROM Sedangkan noteboook tidak memilikinyanya.

7. Sistem Pendingin

sistem pendingin laptop dan notebook
overclock.com

Agar laptop dan notebook tidak cepat panas tentunya ada sistem pendingin di dalamnya. Dalam hal ini sistem pendingin laptop lebih efektif dibandingkan notebook. Karena kinerja laptop lebih berat dibandingkan notebook sehingga cepat panas dan membetulkan sistem pendingin yang lebih efektif.

8. Pemakaian

pemakaian laptop dan notebook
shutterstock.com

Nah untuk mengenai pemakaian laptop lebih cocok digunakan untuk pekerjaan yang berat seperti untuk mendesain atau bermain game. Sedangkan notebook lebih cocok untuk pekerjaan yang ringan saja seperti untuk mengetik dokumen dan yang lainnya.

9. Harga

Untuk urusan harga sudah pasti laptop lah yang lebih mahal karena memiliki banyak sekali kelebihan sedangkan notebook harganya lebih murah. Dengan demikian anda bisa memilih laptop atau notebook sesuai dengan budget anda.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai perbedaan antara laptop dan notebook. Sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda ketika akan membeli laptop atau notebook.

Tinggalkan komentar