Manometer

Untuk memeriksa isi tabung gas elpiji Anda bisa melihat indikator alat ukur yang terpasang pada regulator. Alat ini disebut dengan manometer. Apa itu manometer? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara mendalam tentang manometer.

Pengertian

Manometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan suatu fluida dalam ruang tertutup. Contoh yang paling sederhana adalah manometer yang ada di regulator tabung gas elpiji. Suatu fluida ketika dimasukkan kedalam ruang tertutup akan memiliki suatu tekanan.

Semakin banyak fluida yang dimasukkan ke dalam ruang tertutup maka tekanan fluida akan semakin besar. Besarnya tekanan fluida bisa anda lihat pada manometer. Alat ukur ini termasuk dalam kategori alat ukur tidak langsung sehingga membutuhkan alat ukur lain untuk menentukan nilai tekanan.

Jenis-Jenis

Alat ukur ini dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu :

1. Manometer Sederhana

Untuk jenis yang paling sederhana konstruksinya terdiri dari sebuah tabung yang terhubung ke titik dimana tekanan harus diukur dan tabung ujung lainnya terbuka ke atmosfer. Contohnya seperti:

a. Piezometer

piezometer
exporterindia.com

Alat ukur ini berfungsi untuk mengukur tekanan air pori dan permukaan air tanah. Alat ini juga bisa digunakan untuk memprediksi stabilitas lereng merancang untuk tegangan lateral dan mengevaluasi keefektifan drainase.

b. Manometer Tabung U (U-Tube Manometer)

u-tube manometer

Manometer ini terdiri dari tabung yang berbentuk U dan didalamnya berisi cairan manometrik.

2. Manometer Differensial

Manometer diferensial digunakan untuk mengukur perbedaan tekanan antara dua pipa yang sama atau dua pipa yang berbeda. Contohnya yaitu:

a. Manometer Tabung U Diferensial (Differential U-Tube)

differential u-tube manometer

Manometer ini mirip sekali dengan U-Tube manometer biasa. Perbedaannya terletak pada salah satu titik pipa lebih tinggi dari pada pipa yang lain. Manometer jenis ini biasanya digunakan untuk mengukur perbedaan tekanan.

b. Manometer Tabung U Terbalik (Invented U-Tube)

invented u-tube manometer

Sedangkan untuk manometer jenis ini digunakan untuk mengukur perbedaan tekanan fluida yang sangat kecil dan hanya untuk mengukur tekanan vakum.

3. Manometer mikro

micro manometer

Merupakan manometer modifikasi dari jenis yang sebelumnya. Manometer jenis ini digunakan untuk mengukur tekanan yang sangat kecil atau memiliki variasi tekanan yang sangat rendah. Sehingga memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi.

4. Manometer Miring (Inclined Manometer)

inclined u-tube manometer

Jenis manometer yang satu ini memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan manometer vertikal. Sehingga hasil pengukurannya sangat akurat.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai manometer. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk share informasi ini dengan teman-teman yang lain.

Tinggalkan komentar