Anti Virus Terbaik

Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat menyebabkan proteksi data menjadi hal yang sangat penting. Proteksi data dilakukan terutama untuk mencegah terjangkitnya virus atau malware yang dapat membahayakan data Anda. Dalam mengatasi tersebut, banyak perusahaan perangkat lunak membuat anti virus terbaik yang dapat melindungi data dari serangan virus online dan offline.

Virus maupun malware dapat menyerang data secara online ketika Anda terhubung dengan internet dan mengunduh atau mengunjungi situs yang memiliki virus / malware di dalamnya. Secara offline, virus menyebar melalui kontaminasi data yang telah terserang virus. Atas dasar tersebut, banyak artikel yang ditulis oleh jasa penulis artikel merekomendasikan antivirus gratis yang bisa diunduh.

Antivirus Terbaik

AVG Free Antivirus

antivirus avg

Rekomendasi pertama untuk proteksi data Anda adalah menggunakan AVG Free Antivirus. Aplikasi ini memiliki 2 pilihan yaitu berbayar dan gratis yang sama-sama memiliki kekuatan dalam melindungi data Anda. Fitur gratis yang diberikan oleh AVG mencakup dasar-dasar anti virus dan perlindungan anti spyware. Selain itu, fitur gratis juga diberikan AVG LinkScanner Safe Search dan Web Protection.

AVG Free antivirus pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan Grisoft dan telah terakuisisi pada tahun 20016 oleh AVAST. Secara keseluruhan, AVG Free Antivirus mampu melindungi komputer Anda dari ancaman virus dan malware dikarenakan database AVG selalu update serta menggunakan teknologi cloud yang mampu mencegah terjadinya zero-day threat.

Kaspersky Security Cloud Free

antivirus kaspersky

Aplikasi ini telah malang melintang dalam dunia proteksi data yaitu Kaspersky Security Cloud Free. Aplikasi antivirus ini telah berkembang dan berganti nama dari Kaspersky Free Antivirus. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur terbaik seperti Secure Connection (VPN), Password Management, hingga Core Protection yang telah diakui oleh banyak penggunanya.

Dengan pergantian nama ini, Anda juga mendapatkan layanan Kaspersky Security Cloud selama 1 tahun gratis setelah melakukan instalasi dan dapat diperpanjang. Secara garis besar, Kaspersky Security Cloud Free merupakan layanan aplikasi gratis yang memiliki tingkat keamanan terbaik untuk melindungi data Anda dari malware, virus, ransomware, dan adware.

Bitdefender Antivirus Free Edition

antivirus Bitdefender

Rekomendasi antivirus asal negara Romania adalah Bitdefender Total Free Edition. Yang membuat aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi terbaik adalah adanya fitur Anti Fraud yang memantau situs-situs yang Anda kunjungi. Terdapat beberapa fitur tambahan lain seperti Behavioural Detection untuk memantau aplikasi yang di install di laptop Anda, Anti Phising, hingga On-Demand Virus Scanning.

Pada saat melakukan AV Test untuk mereview aplikasi anti virus di seluruh dunia, Bitdefender Antivirus mampu mendeteksi sebanyak 97% virus atau sekitar 1,3 juta lebih. Meskipun kalah dari beberapa aplikasi lain seperti AVAS, namun Bitdefender Antivirus mampu mendeteksi hack tool dan back door program yang tidak terdeteksi pada mode anti virus scanning oleh AVAST.

AVAST Free Antivirus

antivirus avast

Jika Anda mencari aplikasi anti virus yang ringan dan mudah digunakan, maka kami merekomendasikan untuk mengunduh aplikasi AVAST Free Antivirus. Aplikasi ini telah diakui dalam membersihkan ancaman virus melalui fitur CyberCapture dan pengamanan jaringan wifi Anda menggunakan Wifi Inspector.

Dengan fitur terbaik yang diberikan oleh AVAST, sayangnya untuk kecepatan scanning yang dilakukan aplikasi ini cukup lambat dan tidak terdapat fitur keamanan firewall pada versi gratis. Meskipun demikian, AVAST merupakan salah satu perusahaan pembuat aplikasi antivirus yang memiliki data terupdate untuk malware dan virus jaringan di seluruh dunia.

ZoneAlarm Free Antivirus

antivirus zonealarm

Jika Anda mencari aplikasi antivirus yang mampu mendukung mode gaming, maka Anda dapat mengunduh aplikasi ZoneAlarm Free Antivirus. Aplikasi ini juga mendukung personal Firewall dan Real-Time Security Updates untuk menambah keamanan komputer Anda dari serangan virus atau malware. Sayangnya, aplikasi ini hanya mendukung sistem operasi windows.

Aplikasi ini telah menerima banyak penghargaan editor PC terbaik di dunia serta telah lolos tes dari VB Bulletin, AVLab, dan AV Test. Selain itu, Aplikasi ini juga mendukung penggunaan pada smartphone Android untuk mencegah terjadinya pencurian data melalui aplikasi ilegal. Aplikasi ini juga menyediakan live chat untuk memberi semua informasi yang diperlukan terkait ZoneAlarm Antivirus.

Avira Free Antivirus

antivirus avira

Avira merupakan salah satu antivirus tertua sejak tahun 1986 yang telah dikenal secara baik dikarenakan user interface yang menarik dan performa yang baik. Fitur terbaik yang ditawarkan oleh AVIRA adalah Protection Cloud, Browser Tracking Blocker hingga PUA Shield untuk menangkal berbagai aplikasi berbahaya yang mengandung virus.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari AV Test dan AV Comparatives, AVIRA mendapatkan nilai sempurna pada 3 poin yaitu perlindungan, kinerja, dan kemudahan penggunaan. Nilai yang diberikan kepada aplikasi AVIRA yaitu 99,99%. Nilai diberikan atas dasar kinerja dalam mengatasi virus dan penghapusan malware secara otomatis sebelum menginformasikannya kepada Anda.

Sophos Home

antivirus shopos home

Nama Sophos Home memang tidak sepopuler AVIRA maupun AVG, namun aplikasi ini memiliki beberapa fitur terbaik seperti Parental Website Filtering dan Predictive AI Threat Detection. Aplikasi ini mampu digunakan oleh multiple PC dimana pun Anda berada. Sayangnya, aplikasi ini memiliki UX yang cukup susah dikarenakan susah dipahami bagi pemula.

Multiple PC yang dapat digunakan untuk aplikasi ini adalah 10 PC. Jumlah ini cukup banyak jika dibandingkan dengan aplikasi anti virus lainnya yang hanya dapat digunakan 1-2 PC. Selain itu, penilaian yang diberikan oleh AV-Comparatives termasuk kategori layak atas kinerja dan kemampuan yang diberikan oleh Sophos Home.

Adaware Antivirus 12

antivirus adaware

Aplikasi anti virus terbaik yang hanya dapat digunakan di windows selain ZoneAlarm adalah Adaware Antivirus 12. Aplikasi ini memberikan beberapa fitur terbaiknya seperti Parental Control, Email Protection, Web Protection, Real-Time Protection, dan beberapa fitur lainnya. Selain itu, Adaware memberikan banyak petunjuk secara online dan tidak menawarkan layanan via chat atau telepon.

Pro Penggunaan Adaware Antivirus 12

  • Memiliki fitur on-demand scanner untuk memindai sesuai kebutuhan yang Anda perlukan
  • Real-Time Protection untuk menjaga setiap saat data-data Anda
  • Parental Control dan Port Default untuk membuat templat berbasis usia
  • Perlindungan Email untuk membuat daftar pengirim aman

Cons Penggunaan Adaware Antivirus 12

  • Instalasi yang cukup rumit dan lama
  • Aplikasi ini memerlukan dua kali reboot sebelum siap dijalankan
  • Fitur yang sederhana dibandingkan aplikasi anti virus lainnya

SMADAV Antivirus

antivirus smadav

Salah satu anti virus terbaik yang berasal dari Indonesia adalah SMADAV. SMADAV dibuat oleh salah seorang siswa di Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan yang diakibatkan oleh virus lokal yang tidak diakomodir oleh beberapa anti virus luar negeri lainnya. Fitur yang diberikan oleh anti virus ini adalah fitur proteksi total USB Flashdisk.

Terdapat beberapa fitur lain seperti Smad-Lock, Win-Force, System Editor, Process Manager, One-Virus-by-User. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fitur lebih banyak dan lebih baik pada jenis premium.

Beberapa rekomendasi anti virus terbaik di atas dapat Anda unduh dan gunakan untuk melindungi laptop dari serangan berbagai jenis virus, malware, adware, dan ransomware. Dengan mengaktifkan anti virus pada komputer, Anda memiliki pertahanan lebih baik serta mencegah hilangnya data-data penting dari komputer Anda.

Tinggalkan komentar