Cara Membersihkan Lensa Kamera HP

Kebersihan lensa kamera hp mu akan sangat mempengaruhi hasil jepretan fotomu. Maka dari itu kamu harus paham bagaimana cara membersihkan lensa kamera hp dengan tepat. 

[toc]

Kita tahu bahwa hampir setiap orang kini hobby sekali berswa foto kemudian menguploadnya ke sosial media. Foto yang diunggah tentunya foto yang hasilnya paling bagus dong.

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan jernih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kebersihan lensa kamera. Apabila lensa kamera ponsel mu kotor, sudah pasti hasil fotonya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Penyebab Lensa Kamera Kotor

1. Minyak muka

Kamera depan hp dapat dengan mudah terkena kotoran minyak muka, biasanya terjadi setelah kita menelpon. Hal ini akan membuat kamera menjadi kotor sehingga harus cepat dibersihkan.

2. Jamur

Tumbuhnya jamur di lensa kamera handphone sangat besar kemungkinannya. Apalagi di negara tropis dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi. Namun, sebenarnya bukan itu alasan utama mengapa jamur tumbuh.

Tetapi karena hp terlalu sering terkena cipratan air dan tidak langsung dikeringkan sehingga menjadi lembap.

3. Debu

Jika kamu meletakkannya sembarangan apalagi di daerah yang berdebu, akan membuat debu dapat menempel dan meninggalkan jejak di lapisan kamera.

Akan menjadi masalah besar jika debu berhasil masuk ke dalam bagian kamera dan akan sulit untuk dibersihkan dengan peralatan rumahan.

4. Goresan

Goresan pada kamera ponsel biasanya terjadi akibat ponsel yang tidak sengaja terjatuh dan mengenai bagian lensa kamera. Apalagi jika terbentur secara langsung, pasti akan meninggalkan jejak yang lebih serius.

Jika hal ini terjadi, mungkin kamu akan membutuhkan usaha lebih untuk membuat kamera menjadi normal kembali.

5. Sidik jari

Jejak noda sidik jari anda pasti tidak dapat dihindarkan. Jika kamu memegang hp dengan tangan yang kotor dan berminyak, maka itu adalah penyebab utama kotornya kamera.

Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah membersihkan lensanya. Berikut ini panduan lengkap cara membersihkan kamera handphone.

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP dengan Mudah

  1. Siapkan cotton bud, lap microfiber, cairan pembersih (pasta gigi, minyak kayu putih, cairan antiseptik, atau alkohol) dan sedikit air.
  2. Oleskan sedikit cairan pembersih pada lensa kamera. Cukup sedikit saja jangan sampai meluber kemana-mana
  3. Gunakan cotton bud untuk meratakan cairan pembersih pada lensa dengan cara memutar-mutarnya secara searah
  4. Biarkankan beberapa saat agar memberikan hasil yang cukup maksimal.
  5. Gunakan kain microfiber yang sedikit basah untuk membersihkan cairan pembersih yang ada pada lensa.

Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir lensa kamera hp mu akan rusak. Karena sebenarnya kamera ponsel biasanya sudah dilindungi oleh lapisan pelindung, seperti oleophobic coating, di bagian luarnya.

Selain dapat membersihkan kotoran, cara ini diklaim dapat menghilangkan goresan pada lapisan pelindung di bagian terluar lensa kamera hh yang tergores

Bagaimana? Cukup mudah kan? Kini kamu bisa mendapatkan hasil foto yang jernih dengan lensa kamera hp yang sudah bersih. 

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara membersihkan lensa kamera.hanphone. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar