Cairan Pendingin dalam Proses Pemesinan/Manufaktur

Cairan pendingin memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pemesinan. Baik itu dalam pembubutan, pengefraisan, pengeboran, dan lain-lain. Sebelum membahas lebih jauh tentang fungsi cairan pendingin, mari kita bahas dulu apa itu cairan pendingin.

Dalam proses pemesinan, cairan pendingin yang biasa digunakan memiliki warna putih seperti susu. Cairan tersebut merupakan campuran dari air biasa dan dromus oil.

dromus
agescimarche.it

Dromus oil adalah suatu cairan yang dapat larut dalam air. Dan membentuk emulsi putih yang sangat stabil ketika sudah tercampur dengan air.

Fungsi cairan pendingin

Menstabilkan suhu benda kerja

proses pengeboran
crodalubricants.com

Fungsi utama dari cairan pendingin adalah menstabilkan suhu benda kerja ketika sedang diproses. Ketika benda kerja tersayat akan menimbulkan gesekan antara benda kerja dengan alat potong.

Gesekan tersebut akan menimbulkan panas. Apalagi pada saat menggunakan kecepatan potong yang tinggi. Sehingga perlu didinginkan menggunakan cairan pendingin.

Melumasi ketika proses pengerjaan

Dalam proses pemesinan, pelumasan pada benda kerja juga merupakan sesuatu yang penting. Pelumasan yang tepat, dapat melancarkan proses pengerjaan benda kerja.

Memperpanjang umur alat potong

Penggunaan cairan pendingin sangat berpengaruh dalam proses pemotongan. Dengan suhu yang stabil, ketajaman alat potong dapat terjaga atau lebih awet. Sehingga tidak perlu terlalu sering mengasah atau mempertajam alat potong.

Mengurangi deformasi benda kerja

Deformasi merupakan perubahan bentuk atau ukuran benda kerja akibat panas yang diterima. Umumnya disebut pemuaian. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi ukuran hasil akhir benda kerja. Sehingga membutuhkan cairan pendingin untuk mengatasi masalah tersebut.

Membersihkan kotoran ketika proses pengerjaan

Tak jarang scrap atau sisa hasil potongan berada di permukaan benda kerja. Hal ini dapat mengganggu proses pengerjaan benda kerja.

Untuk membersihkan scrap tersebut, operator dapat menggunakan cairan pendingin. Karena sangat berbahaya apabila membersihkan menggunakan tangan.

Melindungi benda kerja dari korosi atau karatan

Untuk benda kerja logam, karatan merupakan suatu masalah. Dengan menggunakan cairan pendingin, benda kerja dapat terlindung dari karatan. Tapi alangkah baiknya, benda kerja yang telah melalui proses pengerjaan sebaiknya dilumasi dengan oli. Agar lebih terlindung dari korosi atau karatan.

Memudahkan operator dalam mengambil benda kerja

Setelah mengalami proses pengerjaan, suhu benda kerja pasti akan meningkat. Untuk memudahkan pengambilan benda kerja, suhu benda kerja harus distabilkan terlebih dahulu menggunakan cairan pendingin.

Menghaluskan permukaan benda kerja

proses pembubutan
shutterstock.com

Untuk beberapa jenis material, penggunaan cairan pendingin dapat memperhalus permukaan benda kerja. Biasanya ketika menggunakan kecepatan potong yang rendah dan penggunaan cairan pendingin yang terus menerus.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: