√ 6 Motor Bakar dan Fungsinya [Materi Lengkap]

Motor bakar merupakan suatu mesin yang mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi panas (thermal), yang kemudian energi panas ini diubah menjadi tenaga gerak atau mekanik. Motor bakar sendiri dalam bahasa Inggris disebut dengan Thermal Engine.

Klasifikasi Motor Bakar

Berdasarkan sistem pembakarannya

Menurut sistem pembakarannya, motor bakar dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

Motor bakar pembakaran luar.

Mesin yang memiliki sistem pembakaran di luar mesin itu sendiri, contohnya mesin uap yang menggunakan energi thermal dari hasil pembakaran dipindahkan kedalam fluida kerja mesin. Kemudian pembakaran air dalam ketel uap menghasilkan uap yang kemiduan dimasukkan kedalam sistem kerja mesin untuk mendapatkan energi mekanik.

Motor bakar pembakaran dalam.

Mesin yang memiliki sistim pembakaran di dalam mesin itu sendiri atau biasa disebut ICE(Internal Combustion Engine), sehingga gas hasil pembakaran berfungsi sekaligus sebagai fluida kerja mesin.

Berdasarkan sistem pengapiannya

Menurut sistem pengapiannya, ada 2 jenis motor bakar, yaitu :

Motor bakar bensin

Motor bensin bisa disebut juga motor otto. Motor tersebut dilengkapi dengan busi dan karburator. Busi menghasilkan percikan api listrik yang membakar campuran bahan bakar dan udara karena motor ini cenderung disebut spark ignition engine. Pembakaran bahan bakar dengan udara ini menghasilkan daya. Di dalam siklus ideal pembakaran tersebut dimisalkan sebagai pemasukan panas pada volume yang selalu sama.

Motor bakar diesel

Motor ini tidak memerlukan busi dalam sistem pembakarannya. Hanya membutuhkan tekanan atau kompresi udara yang tinggi untuk membakar bahan bakarnya dan menghasilkan daya

Berdasarkan banyak langkahnya

Menurut jumlah langkah kerjanya, ada 2 jenis motor bakar, yaitu :

Motor 2 tak

Motor bakar yang membutuhkan 2 langkah untuk melakukan 1 kali usaha.

motor 2 tak
wikipedia.org
  1. Langkah pertama yaitu langkah hisap dan kompresi
  2. Langkah kedua yaitu langkah usaha dan buang

 

Motor 4 tak

From : beoneotozone.blogspot.com

Motor bakar yang membutuhkan 4 langkah untuk melakukan 1 kali usaha

  1. Langkah pertama yaitu, langkah menghisap bahan bakar dan udara. Katup masuk akan terbuka ketika piston bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah.
  2. Langkah kedua, langkah kompresi dimana piston bergerak dari titik mati bawah menuju titik mati atas. Dalam keadaan ini kedua katup tertutup.
  3. Langkah ketiga, langkah usaha dimana busi akan memercikan api ke gas yang sedang dikompresi dan terjadi ledakan sehingga piston terdorong dari titik mati atas ke titik mati bawah. Pada kondisi ini kedua katup masih tertutup.
  4. Langkah keempat, langkah membuang sisa hasil pembakaran. Piston bergerak dari bawah ke atas pada saat ini katup buang terbuka.

 

Makna tersembunyi pada motor bakar

Pada motor bakar terdapat suatu ilmu yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bisa kita lihat lubang untuk memasukkan bahan bakar lebih besar daripada lubang untuk membuang hasil pembakaran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemasukan/penghasilan kita harus lebih besar daripada pengeluaran kebutuhan kita. Jika kita bisa memakai prinsip ini, insyaalloh kehidupan kita akan teratur.

Perbedaan motor 2 tak dan 4 tak, sebagai berikut :

Motor 2 TakMotor 4 Tak
Menggunakan piston sebagai pembatas keluar masuknya bahan bakarMenggunakan sistem katup sebagai pembatas keluar masuknya bahan bakar
Dinding silinder blok berlubang karena sebagai jalan keluar masuknya bahan bakarDinding silinder blok rapat
Terjadi pembakaran yang tidak sempurna karena masih ada bahan bakar yang keluar sebelum terbakarTerjadi pembakaran sempurna karena bahan bakar terbakar semua
Suara lebih bisingSuara normal
Knalpot mengeluarkan asapKnalpot hanya mengeluarkan sisa hasil pembakaran tanpa asap

Untuk masalah kecepatan tidak bisa dibandingkan karena setiap motor berbeda-beda. Ingin beli yang manapun harus sesuai dengan kebutuhan.

Kerusakan yang dapat terjadi pada motor bakar, antara lain :

  1. Piston gancet atau macet ketika dijalankan. Penyebabnya adalah oli mesin yang sudah habis. Sangat berbahaya ketika motor yang sedang dalam perjalanan dan pistonnya gancet. Mesin motor tiba-tiba berhenti dan mungkin terjadi kecelakaan yang tak dapat dihindari oleh pengendara.
  2. Motor 4 tak mengeluarkan asap, karena pembakaran yang terjadi tidak sempurna
  3. Performa motor bakar kurang optimal, karena dinding silinder yang sudah terkikis oleh gerakan piston yang terus menerus
  4. Ulir tempat busi bisa aus karena sering diganti busi atau pengencangan yang berlebihan
  5. Bes untuk katup kocak atau sangat longgar

Cara merawat motor bakar

  1. Ganti oli secara rutin. Bisa dalam kurun waktu semisal sebulan sekali, tiga bulan sekali. Atau bisa berdasarkan kilometer yang udah ditempuh misal sudah melewati 1000 km semenjak ganti oli yang sebelumnya
  2. Pemakaian yang wajar,jangan ngebut. Selain membahayakan nyawa, membahayakan juga kondisi motor bakarnya
  3. Gunakan piston yang sesuai dengan motornya. Karena setiap motor sudah memiliki standar masing-masing untuk ukuran pistonnya.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai motor bakar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua. Jangan lupa untuk share dengan kawan-kawan yang lain.

Tinggalkan komentar

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: