Bagian Mesin CNC

Bagi anda yang sedang belajar di bidang teknik pemesinan, anda wajib mengetahui apa saja bagian-bagian mesin cnc. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas secara lengkap bagian-bagian dari mesin cnc bubut dan juga mesin cnc frais. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Bagian-Bagian Mesin CNC dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Bubut CNC

Bagian-bagian mesin bubut cnc

1) Headstock atau kepala tetap

Bagian ini tidak jauh beda dengan mesin bubut konvensional. Pada bagian ini terdapat motor penggerak yang berfungsi untuk memutar spindle utama dan susunan roda gigi. Susunan roda gigi ini berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran mesin.

Namun, cara mengatur kecepatan putaran mesin tidak lagi menggunakan handle. Tetapi menggunakan program/perintah yang dimasukkan melalui panel.  Sebagai pengikat benda kerja, pada bagian ini dipasang cekam (chuck).

2) Meja Mesin Bubut CNC (CNC Lathe Bed)

Meja mesin ini digunakan sebagai landasan atau lintasan untuk alat potong yang dipasang pada turret. Umumnya dibuat dari bahan yang dikeraskan agar tidak mudah terkikis pada saat terkena gesekan.

3) Cekam (Chuck)

Cekam berfungsi untuk menjepit benda kerja yang akan diproses. Pencekaman benda kerja harus benar-benar kuat. Sehingga hasil pengerjaan menjadi maksimal.

4) Kepala Lepas (Tailstock)

Bagian ini berfungsi sebagai pendukung cekam dalam pencekaman benda kerja. Misalnya untuk benda kerja yang relatif panjang, sehingga gerakan atau putarannya menjadi lebih stabil.

Selain itu, kekuatan pencekamannya juga lebih kuat. Posisi benda kerja tidak mudah bergeser, sehingga proses pemesinan dapat diselesaikan dengan lancar. Hasilnya juga maksimal.

5) Tailstock Quil

Tailstock quil berfungsi untuk melakukan memperkuat pencekaman. Dengan bantuan tekanan hidrolik/pneumatik. Karena ketika kita mendekatkan tailstock dengan benda kerja dan menempelkannya.

Itu hanya memposisikan ujung tailstock dekat dengan benda kerja. Sehingga membutuhkan tekanan dari tailstock quill untuk memperkuat pencekaman.

6) Pedal kaki (foot switch atau foot pedals)

Pedal kaki ini digunakan untuk mengatur chuck dan tailstock. Dengan pedal ini kita dapat memasang dan melepas benda kerja dengan mudah. Bisa digunakan untuk membuka dan menutup cekam.  Pedal ini juga berfungsi untuk memajukan dan memundurkan tailstock.

7) Panel Kontrol CNC (CNC Control Panel)

Panel Kontrol ini adalah otak dari mesin CNC. Semua program CNC dimasukkan melalui panel ini. Operator mesin mengendalikan seluruh mesin menggunakan tombol-tombol yang ada pada panel ini. Dimulai dari menyalakan mesin sampai selesainya pekerjaan.

Dapat juga digunakan untuk membuat program baru atau mentransfer program melalui usb port yang tersedia. Bagian ini adalah bagian terpenting dalam pengendalian mesin.

8) Tool Turret

Berbeda dengan mesin bubut konvensional. Peran toolpost digantikan dengan tool turret. Alat potong yang dibutuhkan dipasang pada turret. Ada berbagai macam tool turret, baik itu menurut bentuk dan jumlah alat potong yang dapat dipasang.

Bagian-Bagian Mesin Frais CNC

Bagian-bagian mesin frais cnc
basicmechanicalengineering.com

Bagian mesin ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mesin milling konvensional. Hanya ada sedikit tambahan untuk pengoperasian mesinnya.

1) Frame

Fame berada dibagian paling bawah mesin sebagai alas yang menempel langsung dengan tanah. Berfungsi sebagai pondasi mesin dan juga sebagai peredam getaran pada saat proses pemesinan. Terbuat dari besi cor.

2) Axis

Axis atau sumbu berfungsi untuk menggerakkan meja mesin ke berbagai arah. Biasanya terdiri dari sumbu linier X, Y, Z dan sumbu putar. Pergerakan ini dikendalikan melalui panel dengan cara memasukkan program. Ada mesin milling cnc 3 axis, 5 axis dan 6 axis.

3) Meja mesin (table)

Meja mesin ini berfungsi sebagai tempat pemasangan benda kerja. Biasanya dilengkapi dengan ragum atau clamp untuk mengikat benda kerja dengan kuat. Meja ini dilengkapi dengan beberapa alur T sebagai tempat pengikatan ragum atau clamp.

Meja ini dapat digerakkan ke berbagai arah sesuai dengan axis yang tersedia. Dilengkapi dengan motor penggerak sehingga gerakkan meja dapat diatur kecepatannya.

4) Spindle

Spindle ini berfungsi sebagai tempat pemasangan alat potong yang digunakan untuk menyayat benda kerja. Spindle ini dapat berputar dengan kecepatan putar (rpm) yang berbeda-beda. Kecepatan putarnya dapat diatur sesuai material benda kerja yang akan diproses.

5) CNC Controller

CNC controller berfungsi untuk mengatur segala hal yang dikerjakan mesin milling cnc. Baik itu untuk mengatur kecepatan putaran spindle, pergerakan meja atau axis, bahkan mengatur keluarnya coolant.

Karena CNC controller merupakan alat pengontrol elektronik yang berfungsi sebagai otak mesin. Melalui CNC controller, mesin dapat mengeksekusi perintah atau program yang telah dimasukkan.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai bagian-bagian mesin cnc dan fungsinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk share informasi ini dengan teman-teman yang lainnya.

Tinggalkan komentar