Bagian Jangka Sorong

Sebelum kita mempelajari cara menggunakan dan membaca jangka sorong, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu bagian-bagian jangka sorong dan fungsinya. Setiap bagian memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas secara lengkap apa saja bagian-bagian jangka sorong beserta fungsinya.

Bagian-Bagian Jangka Sorong dan Fungsinya

Untuk lebih jelasnya anda bisa simak gambar bagian-bagian jangka sorong berikut ini untuk memudahkan anda dalam memahami setiap bagian jangka sorong.

bagian bagian jangka sorong

1. Rahang Dalam

Rahang dalam ini digunakan untuk mengukur dimensi luar dari benda kerja. Misalnya seperti diameter luar, panjang, lebar dan tebal suatu benda. Bagian ini terdiri dari rahang tetap dan rahang geser.

2. Rahang Luar

Rahang luar ini digunakan untuk mengukur dimensi dalam dari benda kerja. Misalnya seperti diameter dalam dan lebar celah atau alur pada suatu benda. Contohnya mengukur diameter dalam cincin, roda gigi, alur pasak, dan lain-lain. Bagian ini juga terdiri dari rahang tetap dan rahang geser.

Pelajari juga Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup

3. Ekor / Depth Probe

Bagian ekor ini digunakan untuk mengukur kedalaman sebuah step pada benda kerja. Misalnya untuk mengukur kedalaman suatu lubang pada benda kerja atau jarak antara bidang yang bertingkat.

4. Skala Utama (mm)

Bagian skala utama dengan satuan mm ini digunakan untuk menyatakan ukuran utama suatu benda dalam bentuk satuan milimeter (mm). Skala ini terletak di bagian bawah dekat rahang dalam.

5. Skala Utama (Inch)

Bagian skala utama dengan satuan inch ini digunakan untuk menyatakan ukuran utama suatu benda dalam bentuk satuan inch. Skala ini terletak di bagian atas dekat rahang luar.

Pelajari juga Bagian-Bagian Mesin Frais

6. Skala Nonius (mm)

Bagian skala nonius dalam mm ini berfungsi untuk menyatakan ukuran tambahan suatu benda dalam bentuk satuan milimeter (mm). Tingkat ketelitian jangka sorong dapat dilihat dari skala noniusnya. Ada yang memiliki ketelitian 0,05 mm bahkan ada yang memiliki ketelitian 0,02 mm.

7. Skala Nonius (inch)

Bagian skala nonius dalam inch ini berfungsi untuk menyatakan ukuran tambahan suatu benda dalam bentuk satuan inch.

8. Sekrup Pengunci

Sekrup pengunci berfungsi untuk menahan rahang geser jangka sorong saat proses pengukuran berlangsung agar tetap berada pada posisinya. Biasanya digunakan ketika mengukur bagian benda kerja yang sulit untuk dilihat langsung.

9. Pengubah / Thumb Screw

Pengubah ini berfungsi untuk menggeser skala nonius pada saat proses pengukuran benda kerja. Bagian ini biasanya disentuh menggunakan ibu jari.

Pelajari juga Bagian-Bagian Mesin Bubut

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian jangka sorong dan fungsinya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Setelah memahami penjelasan di atas kini anda sudah siap mempelajari bagaimana cara menggunakan jangka sorong.

Tinggalkan komentar