Ulir Whitworth

Selain ulir metris, ulir whitworth juga termasuk jenis ulir yang sering digunakan di dunia industri. Seperti apa sih ulirnya? Yuk pelajari selengkapnya disini.

Pengertian

Ulir whitworth adalah ulir segitiga yang memiliki sudut puncak sebesar 55°. Ulir ini memiliki satuan inch. Memiliki lambang “W”. Contohnya ulir whitworth dengan ukuran W 3/8″x20 TPI, artinya digunakan untuk membuat ulir whitworth dengan diameter mayor 3/8″ dengan 20 ulir setiap inch (Thread Per Inch).

ulir whitworth

Ulir whitworth banyak digunakan dalam pembuatan ulir pada pipa dengan tujuan untuk mencegah kebocoran fluida.

Ukuran Ulir Whitworth

Ukuran standar ulir segitiga whitworth pada baut maupun mur sebagaimana ditunjukkan pada berikut ini.

tabel ulir whitworth

Pertanyaan yang sering muncul

Apa yang dimaksud dengan ulir?

Ulir adalah alur-alur yang melilit pada sebuah batang poros atau pada suatu lubang yang panjang dengan ukuran tertentu. Ulir ini berfungsi sebagai pengikat satu bagian dengan bagian yang lain. Contohnya pada mur dan baut, sehingga selalu dibuat berpasangan.

Apa perbedaan ulir dalam dan ulir luar?

Ulir luar disebut juga dengan ulir external atau external thread. Contohnya yaitu ulir yang ada pada baut. Sedangkan ulir dalam disebut juga dengan ulir internal atau internal thread. Contohnya yaitu ulir yang ada pada mur.

Apa itu ulir Whitworth?

Ulir Whitworth adalah ulir segitiga yang memiliki sudut puncak 55°. Ulir ini menggunakan satuan inch. Memiliki lambang “W”. Contohnya ulir whitworth dengan ukuran W 38″x20, artinya digunakan untuk membuat ulir whitworth dengan diameter mayor 3/8″dengan 20 ulir setiap inch.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!