Jenis Tangan dan Kaki Palsu Pengubah Hidup

Memiliki anggota tubuh yang lengkap dan berfungsi dengan baik merupakan anugerah yang sangat luar biasa. Kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan anugerah tersebut.

Dengan anggota tubuh yang lengkap, seseorang bisa melakukan aktivitas dengan normal. Namun untuk sebagian orang yang memiliki kekurangan fisik, mereka mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas normal.

Contohnya orang yang memiliki kekurangan fisik dari lahir seperti tangan atau kaki yang kurang lengkap. Atau akibat dari suatu kecelakaan yang membuat salah satu bagian harus diamputasi. Entah itu tangan maupun kaki.

Dengan keadaan demikian, tentunya sulit untuk melakukan aktivitas normal. Berikut ini alat yang cocok digunakan untuk orang yang mengalami amputasi agar dapat melakukan aktivitas normal :

Tangan palsu

prosthetic arm
helathday.com

Tangan palsu ini memiliki bentuk dan penampilan yang mirip sekali dengan aslinya. Biasanya pemesanan tangan palsu disesuaikan warna, ukuran, dan level amputasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Dengan tangan palsu ini penggunanya akan merasa lebih percaya diri. Namun tangan palsu ini memiliki kekurangan. Tidak bisa digerakkan jarinya seperti tangan yang normal pada umumnya.

Prosthetic arm

prosthetic arm
digitaltrends.com

Tangan palsu ini mungkin tidak memiliki penampilan seperti tangan asli. Namun memiliki keunggulan yaitu jarinya bisa digerakkan. Sehingga bisa digunakan untuk beberapa aktivitas seperti menggenggam sesuatu.

Tangan robot (Bionic arm)

bionic arm
engadget.com

Tangan palsu jenis ini merupakan kemajuan besar dan sangat berarti bagi yang membutuhkan. Tangan palsu ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan aktivitas secara normal.

Karena gerakkan tangan ini bisa dikendalikan dengan pikiran atau sesuai dengan keinginan penggunanya. Dan harganya sudah pasti jauh lebih mahal daripada tangan palsu biasa.

Kaki palsu

kaki palsu
benarnews.org

Kaki palsu merupakan alat buatan yang berfungsi sebagai bagian tubuh yang hilang. Dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan kaki yang sebenarnya. Sama halnya seperti pembuatan tangan palsu, pemesanan warna, ukuran dan level amputasi kaki palsu disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

prostetic leg
grabcad.com

Dengan adanya kaki palsu ini, membuat penggunanya menjadi lebih percaya diri dan mandiri dalam melakukan aktivitasnya. Seperti berjalan, menaiki tangga, dan lain-lain. Dan pastinya keberadaan kaki palsu ini sangat berarti bagi penggunanya.

Osseointegration

osseointegration
cellcode.us

Osseointegration adalah prosedur revolusioner yang sekarang tersedia di Selandia Baru. Prosedur ini ditawarkan khusus untuk orang yang diamputasi kakinya sampai ke lutut.

Osseointegration melibatkan implan logam ke tulang paha yang berfungsi sebagai titik koneksi dengan kaki palsu. Dengan rehabilitasi yang benar, tulang akan tumbuh menyatu dengan implan dan membuat struktur tunggal yang stabil.

Namun untuk memiliki kekurangan, operasi ini tidak cocok untuk semua orang hanya untuk sebagian orang saja. Selain itu biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit dan belum banyak tenaga yang ahli dalam melakukan operasi ini.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: