4 Desain Sepeda Inovasi Multifungsi Wajib Anda Ketahui

Sepeda merupakan kendaraan yang ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan, sepeda membuat penggunanya menjadi lebih sehat karena sekalian berolahraga.

Namun sepertinya sekarang peminat sepeda sudah mulai menurun. Mereka lebih memilih memakai menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil. Terutama di tanah air tercinta kita Indonesia.

Jumlah kendaraan bermotor semakin hari semakin melonjak naik. Anda bisa lihat sendiri, di setiap rumah pasti memiliki satu kendaraan bermotor bahkan lebih. Tentu saja dampaknya sudah anda rasakan sendiri.

Macet dimana-mana, polusi udara, kecelakaan di jalan raya, dan masih banyak lagi. Untuk meminimalisir dampak tersebut, sudah banyak jenis sepeda inovasi yang akan menarik minat anda untuk bersepeda lagi.

Tak hanya ramah lingkungan, sepeda inovasi juga memiliki fungsi tambahan untuk menunjang kenyamanan anda. Berikut ini jenis-jenis sepeda inovasi yang mungkin saja anda butuhkan :

Sepeda tanpa rantai (chainless bike)

chainless bike
globalist.gr

Sepeda yang dirancang khusus tanpa menggunakan kombinasi gear dan rantai. Inovasi sepeda ini dibuat dengan tujuan menghindari masalah-masalah yang sering dialami ketika menggunakan rantai.

Seperti rantai terlepas, rantai putus, rantai terjepit gear, dan lain-lain. Sepeda tanpa rantai juga di desain dengan berbagai macam bentuk pemindah daya. Ada yang menggunakan gardan seperti pada mobil, ada yang menggunakan string atau senar, dan lain-lain.

Sepeda lopifit (sepeda treadmill)

lopifit bike
yukle.mobi

Sepeda ini cocok sekali bagi anda yang sedang dalam program diet. Sepeda ini merupakan kombinasi antara sepeda dan treadmill. Jenis sepeda ini memiliki motor listrik yang menyala ketika treadmill digunakan.

Cara menggunakan sepeda ini, anda cukup berjalan di atas treadmill untuk menggerakkan motor listrik. Kemudian roda akan bergerak. Jika anda lelah melangkah, anda bisa berdiri sambil menikmati pemandangan selama perjalanan.

Sepeda charger

bycycle powered usb charger
whiterabbitexpress.com

Sepeda ini cocok sekali bagi orang yang tidak bisa lepas dengan gadget. Sepeda ini dapat digunakan untuk mengisi daya gadget anda dengan memanfaatkan putaran roda sepeda.

Prinsip ini sama seperti yang digunakan untuk sepeda onthel jaman dulu. Yaitu memanfaatkan putaran roda untuk menghasilkan energi listrik dan menyalakan lampu depan. Namun pada sepeda charger, memanfaatkan energi listrik tersebut untuk mengisi daya gadget melalui kabel usb.

Sepeda konversi (Convercycle bike)

convercycle bike
kickstarter.com

Sepeda ini cocok sekali bagi orang yang sering membawa barang bawaan seperti tas. Dengan adanya sepeda ini, pengguna tidak perlu memikul beban berat pada punggung. Cukup meletakkan barang bawaan pada bagasi yang telah tersedia.

Sepeda ini bisa digunakan seperti sepeda biasa. Bisa juga dipanjangkan, dan membuat ruang untuk bagasi barang penggunanya. Jika di Indonesia, mungkin bagasi sepeda ini cocok digunakan untuk meletakkan barang dagangan.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: