√ Cara Seleksi Foto di Photoshop [Panduan Lengkap]

Bagi kalian yang sedang belajar editing foto, pasti butuh banget nih yang namanya menyeleksi foto. Seleksi foto adalah pemilihan bagian foto yang digunakan untuk membatasi area proses editing foto.

Dalam melakukan editing foto pasti butuh sekali untuk menyeleksi foto dengan rapi. Di photoshop ada beberapa metode yang dapat digunakan dengan mudah untuk menyeleksi foto. Sebagai contoh kami menggunakan photoshop CS6. Ada 9 cara, yaitu :

1. Menggunakan Marquee Tool

seleksi foto dengan Marquee tool

1) Rectangular Marquee Tool

Dengan tool ini kita bisa menyeleksi foto menjadi bentuk persegi atau persegi panjang. Anda cukup klik pada bagian foto, kemudian anda atur sendiri seberapa besar bagian yang akan diseleksi.

2) Eliptical Marquee Tool

Dengan tool ini kita bisa menyeleksi foto dengan bentuk lingkaran atau elip. Anda cukup klik pada bagian foto, kemudian anda atur sendiri seberapa besar bagian yang akan diseleksi.

2. Menggunakan Lasso Tool

seleksi foto dengan Lasso Tool

1) Lasso Tool

Dengan tool ini kita bisa menyeleksi foto dengan bentuk yang tak beraturan. Sehingga anda bisa menyesuaikan sendiri bentuk seleksinya. Anda harus menggerakkan kursor anda dari satu titik, kemudian mengelilingi bagian foto hingga mencapai titik tersebut.

2) Polygonal Lasso Tool

Hampir mirip dengan lasso tool biasa. Perbedaannya, dengan tool ini anda bisa menyeleksi foto dengan lebih rapi. Anda diharuskan melakukan klik berkali-kali untuk mengelilingi bagian foto yang ingin seleksi.

3) Magnetic Lasso Tool

Anda dapat menyeleksi foto lebih rapi lagi menggunakan Magnetic Lasso Tool. Karena garis seleksinya akan menyesuaikan sendiri dengan bentuk bagian foto yang akan diseleksi. Anda cukup memulai klik pada satu titik kemudian mengelilingi bagian foto.

Garis seleksi akan menyesuaikan sendiri dengan bantuan bentuk dan warna objek. Sehingga anda tidak perlu repot-repot menghapus bagian yang tidak dibutuhkan disekeliling objek.

3. Menggunakan Quick

seleksi dengan Quick Selection Tool

1) Quick Selection Tool

Dengan tool ini, anda bisa menyeleksi foto dengan lebih cepat. Karena anda tidak perlu mengelilingi objek yang akan diseleksi. Anda cukup klik, kemudian gerakkan kursor pada bagian yang akan diseleksi.

2) Magic Wand Tool

Nah tool ini adalah yang paling cepat untuk melakukan seleksi objek. Sekali klik anda bisa menyeleksi satu ruang pada objek. Namun kami menyarankan ketika menggunakan tool ini, pastikan warna yang dimiliki objek benar-benar polos. Agar hasil seleksinya bisa rapi.

4. Menggunakan Pen Tool

seleksi dengan pen toolAnda juga bisa melakukan seleksi dengan rapi menggunakan pen tool. Pen tool ini memiliki kelebihan, garis yang dibuat dapat dilengkungkan. Sehingga bentuk seleksinya bisa rapi.

Caranya cukup mudah. Pertama, buat garis mengelilingi objek menggunakan pen tool. Kemudian klik Make Selection untuk membuat seleksi pada objek.

5. Menggunakan Shape

seleksi dengan Shape tool

Anda juga dapat memanfaatkan berbagai bentuk yang tersedia di shape tool. Untuk membuat seleksi caranya yaitu :

1. Pilih Bentuk yang akan digunakan untuk seleksi.

2. Pilih path

seleksi dengan pilih path

3. Buat bentuknya pada bagian foto yang akan diseleksi.

4. Klik Make Selection.

6. Menggunakan Ctrl+Klik Layer

Bagi anda yang ingin menyeleksi objek agar bentuknya sesuai dengan layer lainnya, caranya sangat mudah. Pertama, pilih layer yang akan diseleksi. Kemudian tekan Ctrl dan klik pada layer yang bentuknya akan diambil.

Layer yang bentuknya anda ambil bisa anda buat sendiri menggunakan shape tool atau dari layer lain yang sudah jelas bentuknya. Anda juga bisa menggunakan layer yang berupa huruf untuk menyeleksi.

Pengertian dan Perbedaan selection, deselection dan invers

selection

Selection adalah pemilihan suatu bagian pada suatu gambar atau foto. Biasanya ditandai dengan garis putus-putus yang mengelilingi foto yang telah diseleksi.

Deselection adalah pembatalan seleksi foto. Sehingga garis putus-putus yang mengelilingi objek hilang.

Reselect adalah mengembalikan seleksi yang telah dihilangkan.

Invers adalah membalikan seleksi. Ketika anda telah menyeleksi suatu objek kemudian diinvers. Maka yang terjadi adalah bagian disekeliling objek tersebut yang terseleksi.

 

Tinggalkan komentar

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: