√ Gambar Proyeksi [Materi Lengkap]

Gambar proyeksi amerika dan eropa merupakan teknik yang sangat umum digunakan dalam gambar teknik. Gambar proyeksi adalah metode menggambar tiga dimensi pada bidang dua dimensi. Karena ketika suatu objek digambarkan secara tiga dimensi, akan terlihat lebih jelas dan nyata.

Sehingga memudahkan pembaca gambar dalam membaca gambar. Dalam dunia teknik, gambar merupakan sarana untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan dalam suatu proyek.

Maka dari itu semua orang teknik harus benar-benar menguasai ilmu gambar teknik. Agar proyek yang direncanakan sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk seorang pemula, menggambar proyeksi bukanlah hal yang mudah.

Karena dalam pembuatannya harus benar-benar detail seperti objek aslinya. Sebelum membuat gambar proyeksi, kita harus mengetahui terlebih dahulu pandangan dari suatu benda kerja. Hal ini wajib diketahui, karena akan sangat membantu kita dalam membuat gambar proyeksi.

Macam-Macam Pandangan

jenis pandangan

  1. Pandangan Depan.
    Pandangan depan adalah gambar benda kerja yang dilihat/dipandang dari arah depan. Cara untuk menentukan pandangan depan cukup mudah. Cukup melihat jumlah profil yang ada pada benda kerja. Pandangan yang memiliki jumlah profil/bentuk paling banyaklah yang dapat dipilih sebagai pandangan depan.
  2. Pandangan Atas.
    Pandangan atas adalah gambar benda kerja yang dilihat/dipandang dari atas benda kerja.
  3. Pandangan Samping Kanan.
    Pandangan samping kanan adalah gambar benda kerja yang dilihat/dipandang dari samping kanan benda kerja.

Proyeksi Amerika

zwingly.files.wordpress.com

Gambar proyeksi amerika adalah gambar proyeksi yang meletakkan pandangan depan pada kuadran tiga. Maka dari itu sering disebut gambar proyeksi kuadran tiga. Memiliki lambang demikian karena pandangan samping kanan tepat berada di samping kanan pandangan depan. Sehingga gambar proyeksi amerika dapat digambarkan sebagai berikut :

posisi pandangan proyeksi amerika

Contoh jika digunakan untuk menggambar objek tiga dimensi. Maka gambar pandangan yang didapatkan adalah sebagai berikut :

proyeksi kuadran 3
vista-industrial.com

 

 

Proyeksi Eropa

lambang proyeksi eropa
zwingly.files.wordpress.com

Gambar proyeksi eropa adalah gambar proyeksi yang meletakkan pandangan depan pada kuadran satu. Memiliki pandangan demikian karena pada gambar proyeksi ini digambar dengan cara yang terbalik. Maksudnya pandangan kanan diletakkan di sebelah kiri pandangan depan. Dan pandangan atas diletakkan di bawah pandangan depan. Sehingga gambar proyeksi amerika dapat digambarkan sebagai berikut :

posisi pandangan proyeksi eropa

Contoh jika digunakan untuk menggambar objek tiga dimensi. Maka gambar pandangan yang didapatkan adalah sebagai berikut :

proyeksi kuadran 1
vista-industrial.com

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: