Plastic Road Solusi Banjir dan Limbah Plastik Paling Efektif

Plastic road merupakan jalan yang dibuat dari bahan dasar plastik daur ulang. Plastic road memiliki konsep pre-fabrikasi atau dipasang dengan cara dirakit. Dan juga memiliki ruang kosong yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

plastic roads underground
smart-magazine.com

Plastic road dikembangkan oleh tiga perusahaan yaitu KWS, VolkerWessels company, dan Wavin. Ketiga perusahaan tersebut masing-masing menyumbangkan keahlian dan pengalamannya untuk pengebangan konsep inovativ dari plastic road.

Kelebihan Plastic Road

Tiga kali lebih awet dari jalan biasa

Sudah diperkirakan bahwa umur plastic road lebih panjang dibandingkan jalan biasa. Karena air pada jalan ini dapat dialirkan dengan lancar, sehingga tidak ada genangan air yang dapat merusak jalan.

Plastic road memiliki kualitas yang lebih tinggi dibanding jalan biasa. Dan juga tidak memerlukan perawatan khusus karena material yang digunakan kebal terhadap kondisi cuaca.

Mengatasi masalah sampah plastik

Jalan ini dibuat menggunakan plastik yang didaur ulang. Seperti yang anda ketahui, jumlah sampah plastik semakin banyak. Dan plastic road termasuk solusi untuk mengurangi jumlah sampah plastik tersebut.

Meminimalisir potensi banjir

plastic roads underground
smart-magazine.com

Ketika curah hujan tinggi, tentu saja akan menimbulkan banjir di beberapa wilayah. Banjir itu disebabkan karena kurangnya resapan air. Dan juga kurangnya jumlah saluran air yang memadai untuk mengalirkan air dalam jumlah banyak.

Plastic road memiliki rongga di bagian bawah yang dapat digunakan untuk tempat penyimpanan air sementara ketika curah hujan tinggi. Sehingga cocok sekali untuk wilayah yang sering terkena banjir.

Mencegah kerusakan galian

Ruang kosong pada bagian bawah plastic road juga dapat digunakan untuk tempat transit kabel. Sehingga mencegah kerusakan galian yang sering dilakukan.

Konstruksi yang lebih cepat

plastic road construction
caddetailsblog.com

Plastic road merupakan jalan prefabrikasi, sehingga dapat dibawa menggunakan truk besar dengan beberapa tumpukan. memiliki konstruksi prefabrikasi yang ringan, sehingga dapat dipasang dengan lebih mudah dan cepat.

Termasuk inovasi yang berkelanjutan

Ketika plastic road mengalami kerusakan, dapat diperbaharui dan digunakan kembali. Sehingga tidak ada yang terbuang begitu saja. Konsep yang digunakan ini disebut konsep ekonomi sirkular.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: