Pembuatan Roda Gigi

Tahukah anda sebenarnya kita secara tidak langsung sangat membutuhkan roda gigi? Contoh yang paling simpel saja adalah roda gigi pada sepeda atau sepeda motor. Kira-kira bagaimana ya cara pembuatan roda gigi? Simak pembahasan berikut ini.

Kita tahu bahwa ada banyak sekali jenis roda gigi dan ukurannya pun berbeda-beda. Karena ukuran dan jenisnya berbeda, tentunya ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membuat roda gigi. Metode yang digunakan yaitu :

1. Melalui proses milling (pengefraisan)

pembuatan roda gigi dengan mesin milling
johnfsworkshop.org

Metode ini adalah metode terbaik untuk pembuatan roda gigi. Dalam hal ini mesin yang digunakan adalah mesin frais. Mesin frais ini dapat digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk roda gigi. Metode ini membutuhkan bentuk pisau frais khusus untuk roda gigi.

Mula-mula kita harus menyiapkan flanknya terlebih dahulu. Flank adalah bentuk roda gigi yang masih polos sebelum dibentuk profil gigi. Selanjutnya dipasang di mesin frais kemudian disayat dengan pisau frais.

Baca juga Pengertian Mesin Frais dan Cara Kerjanya

2. Gear hobbing

pembuatan roda gigi dengan cara gear hobbing
youtube.com

Metode ini dilakukan dengan cara memutar Flank pada suatu poros secara terus menerus (continue). Kemudian disayat dengan ujung mata potong dari hob yang berputar juga.

Metode ini juga memiliki keuntungan, yaitu dapat digunakan untuk membuat berbagai variasi roda gigi. Mulai dari apur, helix, cacing, dan lain-lain.

3. Gear shaping

pembuatan roda gigi dengan cara gear shaping
meshgear.co.za

Metode ini dilakukan dengan cara memutar flank pada satu poros. Kemudian disayat dengan alat potong yang berbentuk roda gigi juga. Namun gerakkan alat potongnya maju mundur.

Nah demikianlah cara-cara yang dapat digunakan untuk membuat roda gigi. Cukup beragam bukan? Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk share dengan teman-teman yang lain.

Tinggalkan komentar