8 Kesalahan Fatal Modifikasi Motor yang Sering Dilakukan

Modifikasi motor merupakan hal yang sangat digandrungi masyarakat. Baik itu orang dewasa maupun anak muda, bahkan yang masih di bangku sekolah. Mereka beranggapan bahwa modifikasi motor adalah suatu hal yang sangat keren.

Namun sayangnya, modifikasi motor yang sering dilakukan tidaklah sesuai dengan aturan. Dan seringkali akibat modifikasi tersebut adalah ditilang polisi.  Tentunya hal itu tidak diinginkan setiap orang. Berikut ini kesalahan modifikasi yang umum dilakukan masyarakat, antara lain :

Kesalahan Modifikasi

Spion tidak standar

spion
pixabay.com

Spion mungkin bagian motor yang sering dianggap sepele. Bahkan sering kali ada yang sengaja motornya tidak dipasang spion. Spion dari pabrik umumnya sudah disesuaikan dengan ukuran kendaraannya.

Jadi tidak perlu diganti jika tidak rusak. Jika rusak, gantilah dengan spion yang sesuai standar. Sudah banyak toko onderdil sepeda motor yang menyediakan spion original. Harganya pun tidak terlalu mahal.

Lampu tembak terlalu terang

lampu motor
pixabay.com

Bagi pemilik kendaraan dengan lampu yang terlalu terang, mungkin bukanlah suatu masalah. Namun bagi pengendara dari arah berlawanan, pasti akan silau akibat lampu tembak yang terlalu terang.

Tanpa disadari, hal ini meningkatkan potensi kecelakaan di jalan raya. Jika terjadi kecelakaan, semua pihak pasti akan merasakan kerugian. Jadi jangan dianggap sepele.

Lampu warna-warni

lampu warna-warni
apipotoblog.com

Lampu warna-warni memang terlihat bagus, namun lampu warna-warni lebih cocok digunakan untuk menghias rumah. Warna lampu pada sepeda motor sudah sesuai standar, dan setiap warna sudah memiliki artinya masing-masing.

Pikirkan pengendara lain yang melihat kendaraan anda. Warna yang tidak sesuai bisa membuat bingung pengendara lain, dan bisa saja menyebabkan kecelakaan.

Stang yang tidak standar

Tren stang jepit juga digandrungi oleh masyarakat, terutama anak-anak sekolah. Stang yang seharusnya lurus, dibuat bengkok. Entah apa fungsi dari modifikasi tersebut, kami juga tidak tahu.

Bukankah lebih nyaman dengan stang standar? Lagipula modifikasi pada stang tidak menambah kecepatan kendaraan. Jadi lebih baik pakai yang standar saja.

Knalpot bising

knalpot bising
rri.co.id

Knalpot bising juga digemari oleh sebagian kalangan masyarakat. Jika itu memang knalpot standarnya, bukanlah suatu masalah. Namun jika itu suatu modifikasi, itu masalah besar menurut kami.

Fungsi utama knalpot adalah sebagai saluran pembuangan sisa pembakaran. Jadi untuk apa diganti dengan knalpot yang bising? Bukankah hal itu mengganggu orang lain? Lagipula penggantian knalpot tidak berpengaruh terhadap kecepatan mesin motor.

Ban kecil

ban kecil
tambalban.com

Setiap kendaraan bermotor sudah memiliki ukuran ban standarnya masing-masing. Ukuran tersebut tentunya sudah dihitung oleh pabrik demi keselamatan penggunanya. Ban kecil memiliki luas penampang yang lebih kecil dibanding ukuran standarnya.

Tentunya sangat berbahaya apabila melalui jalanan yang licin atau di tikungan tajam. Bisa saja pengendara terpeleset dan mengalami kecelakaan. Tentunya hal itu sangat merugikan bagi pengendara itu sendiri.

Penempelan Stiker

Penempelan stiker pada kendaraan bermotor sebaiknya jangan terlalu banyak. Jangan sampai menutupi warna dominan dari kendaraan anda. Bisa saja bukannya terlihat semakin bagus, malah yang terjadi tidak sesuai ekspektasi. Jangan sampai membuat anda menyesal.

Menukar crankcase

Penukaran crankcase pada sepeda motor merupakan suatu pelanggaran yang fatal. Meskipun jenis motornya dan bentuknya sama, setiap motor memiliki nomor mesin masing-masing. Dan akan dicek setiap akan membayar pajak untuk pergantian plat nomor.

Kerugian dari modifikasi motor

Boros

uang
shutterstock.com

Untuk melakukan modifikasi motor, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Contohnya untuk membeli sparepart modifikasi, belum lagi ongkos pasangnya. Lebih baik uangnya digunakan untuk membeli bensin atau sedekah saja.

Terciduk razia

tilangan
kaskus.co.id

Kendaraan yang tidak standar sudah pasti jadi sasaran empuk untuk razia. Siapa sih yang mau ditilang? Pastinya tidak ada. Yang pasti jika yang terciduk adalah motor modifikasi, sangat sulit untuk mengurus/menebusnya.

Potensi kecelakaan

Semua orang pasti ingin selamat sampai tujuan. Karena tujuan utama dari kendaraan adalah untuk mengantarkan sampai tujuan dengan selamat. Modifikasi yang tidak sesuai aturan akan menurunkan tingkat keselamatan. Baik itu untuk sendiri maupun pengendara lain.

Kehilangan garansi pabrik

Bagi yang memiliki kendaraan baru, sebaiknya pikir-pikir lagi sebelum melakukan modifikasi. Garansi pabrik untuk kendaraan bermotor cukup lama, sekitar 3 sampai 5 tahun.

Jangan sampai gara-gara melakukan modifikasi membuat anda kehilangan garansi. Sayang sekali jika suatu kerusakan yang bisa diklaim dengan garansi lenyap begitu saja.

Cibiran dari Tetangga

Biasanya tujuan dari modifikasi adalah biar mendapat pujian. Namun dalam kenyataannya, lebih banyak keluhan daripada pujian yang diterima. Lagipula pujian yang diterima sifatnya hanya sesaat. Jadi tidak perlu lah berlebihan dalam melakukan modifikasi.

Mungkin itu yang bisa kami sampaikan. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Kami hanya berusaha memberikan nasehat sebelum anda melakukan modifikasi. Diterima tidaknya itu terserah pribadi masing-masing.

Tinggalkan komentar

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: