Jenis Mikroskop

Seiring perkembangan teknologi, terciptalah berbagai jenis mikroskop dengan berbagai keunggulan. Dengan demikian hasil penelitian yang dilakukan dapat lebih banyak dan tentunya akurat.

Bagi anda yang bercita-cita sebagai seorang peneliti Anda wajib tahu apa saja jenis-jenis mikroskop. Berikut ini kami sajikan secara lengkap informasi tentang berbagai macam mikroskop dan penggunaanya :

14 jenis mikroskop dan Keunggulannya

1. Mikroskop Monokuler

mikroskop monokuler
bhphotovideo.com

Mikroskop ini memiliki satu tabung lensa okuler. Jenis mikroskop ini hanya mampu digunakan untuk melihat objek yang sederhana.

Biasanya berupa benda yang sangat tipis atau kecil misalkan gambar penampang Sel tumbuhan ataupun hewan. Dalam menggunakan mikroskop ini anda akan melihat objek menggunakan satu mata.

2. Mikroskop Binokuler

mikroskop binokuler
bhphotovideo.com

Mikroskop ini memiliki dua tabung lensa okuler. Dimana Fungsi lensa pertama dikuatkan dengan lensa kedua sehingga mampu mempertahankan penampakan benda meski ukurannya mikro.

Misalkan saja bakteri yang terdapat dalam sebuah objek pengamatan. Dalam menggunakan mikroskop ini anda akan melihat objek menggunakan kedua mata anda.

Pelajari juga Bagian-bagian Mikroskop dan Fungsinya

3. Mikroskop Digital

mikroskop digital
bhphotovideo.com

Mikroskop digital adalah pengembangan dari mikroskop optik tradisional yang menggunakan optik dan charge coupled device (CCD) kamera ke output gambar digital yang disambungkan ke monitor.

Atau bisa dibilang menggunakan perangkat lunak yang berjalan pada komputer.  Mikroskop digital berbeda dengan mikroskop optik yang ketentuannya dalam mengamati sampel secara langsung melalui sebuah lensa mata.

Karena gambar diproyeksikan langsung pada kamera CCD. Mikroskop ini sangat cocok digunakan dalam pendidikan.

4. Mikroskop Trinokuler

mikroskop trinokuler
bhphotovideo.com

Mikroskop jenis ini adalah mikroskop yang lebih canggih dibandingkan mikroskop monokuler dan binokuler mikroskop ini bisa dipasangkan dengan kamera. Sehingga bisa diamati menggunakan monitor dengan bantuan kamera dan monitor seorang peneliti dapat lebih mudah mempresentasikan objek yang sedang diamati.

Keunggulan dari mikroskop ini adalah penggunanya bisa melihat objek langsung dari lensa maupun dari monitor. Sehingga peneliti bisa mendapatkan hasil penelitian yang lebih akurat.

5. Mikroskop cahaya

mikroskop cahaya
emag.ro

Mikroskop ini menggunakan sumber cahaya berupa cahaya matahari atau lampu listrik dalam ruangan. Jenis mikroskop ini memiliki beberapa kelemahan terutama pada ketergantungannya terhadap cahaya luar.

Apabila sedang mendung atau mati listrik maka mikroskop ini tidak bisa digunakan. Sehingga penggunaannya hanya efektif untuk penelitian kecil dengan durasi waktu yang singkat.

Pelajari juga Cara menggunakan mikroskop yang baik dan benar

6. Mikroskop elektron

mikroskop elektron
waseda.jp

Mikroskop ini merupakan penyempurnaan dari mikroskop cahaya dimana sumber cahaya yang digunakan berasal dari dalam mikroskop itu sendiri komponen elektrostatis dan elektrodinamis nya akan mengatur intensitas pencahayaan mikroskop.

Selain itu penampakan gambar yang dihasilkan jauh lebih jelas dibandingkan dengan mikroskop cahaya.

7. Mikroskop Fase Kontras (PCM)

Mikroskop Fase Kontras (PCM)
microscopecentral.com

jenis mikroskop ini digunakan untuk menangkap penampakan objek hidup berukuran mikro. Biasanya digunakan untuk meneliti jaringan atau sel yang masih hidup utamanya untuk jaringan atau sel hidup yang tidak dapat ditembus ataupun diwarnai.

8. Mikroskop Medan terang (BFM)

Mikroskop Medan terang (BFM)
alibaba.com

Mikroskop ini digunakan untuk menangkap penampakan objek itu berukuran amat kecil Biasanya seperti bakteri mikro yang nyaris tak terlihat sama sekali.

9. Mikroskop Medan gelap (DFM)

mikroskop medan gelap (DFM)
tavcso.hu

Mikroskop ini kebalikan dari mikroskop Medan terang fungsinya juga sama untuk mengetahui penampakan objek mikroskop yang hidup bedanya hanya pada prinsip kerjanya saja.

Mikroskop jenis ini mempunyai bagian yang dikenal sebagai cahaya dari kerucut hampa. Bagian tersebut dapat dilihat oleh mata.

10. Mikroskop pendar (FM)

mikroskop pendar
microscope.com

Mikroskop ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan benda asing atau antigen seperti bakteri virus atau ricketsia. Untuk mikroskop biasa pastinya sulit.

Karena bentuknya yang terselip di dalam protein dalam sel. Namun dengan mikroskop pendar Ini akan nampak terlihat lebih jelas.

11. Mikroskop ultraviolet (UM)

mikroskop ultraviolet
pemed.com

Mikroskop ini merupakan modifikasi dari mikroskop cahaya. Dimana cahaya yang dipakai bukan cahaya terlihat atau cahaya matahari melainkan sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet mempunyai panjang gelombang pendek, sehingga hasil penampakannya bisa sampai dua kali lipat.

12. Mikroskop elektron transmisi (TEM)

mikroskop elektron transmisi (TEM)
vcbio.science.ru.nl

Mikroskop transmisi elektron merupakan sebuah mikroskop elektron yang cara kerjanya mirip dengan cara kerja proyektor slide. Yang mana elektron ditembuskan ke dalam obyek pengamatan. Dan pengamat mengamati hasil tembusannya pada layar.

Dalam dunia riset, Mikroskop TEM merupakan salah satu mikroskop yang penting karena menyediakan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan SEM (Sanning Electron Microscope). Dan juga dapat memudahkan analisis ukuran atom dalam jangkauan nanometer maupun amstrong.

13. Mikroskop elektron scanning (SEM)

mikroskop elektron scanning (sem)
biotech.unl.edu

Mikroskop jenis ini digunakan untuk menangkap penampakan permukaan benda saja. Objek yang diteliti juga terbatas, hanya untuk benda konduktif saja.

Selain itu penelitian harus dilakukan dalam ruang vakum. Jika dibandingkan dengan TEM, SEM beresolusi lebih rendah. Kekuatan perbesaran nya mencapai 0,1 nm.

14. Mikroskop stereo (SM)

mikroskop stereo
nexcesscdn

Mikroskop stereo memiliki kemampuan perbesaran maksimal hanya 7 sampai 30 kali saja. Sumber cahaya yang digunakan berupa pencahayaan elektronik lensa yang dipakai sama dengan lensa pada mikroskop cahaya.

Cara kerjanya juga sama hanya saja hasil penampakannya berupa objek 3 dimensi jadi kita bisa melihat penampakan objek secara mendetail baik fisik maupun teksturnya secara tiga dimensi.

Untuk materi yang lebih lengkap, pelajari di Mikroskop dan Fungsinya

Wah ternyata banyak sekali ya jenis mikroskop. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. jangan lupa untuk share dengan teman-teman yang lain.

Tinggalkan komentar