Bagian Mikrometer Sekrup

Sebelum kita mempelajari cara menggunakan mikrometer sekrup, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu bagian-bagian mikrometer sekrup dan fungsinya.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas secara lengkap apa saja bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya.

Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup dan Fungsinya

Untuk mempermudah anda dalam memahami setiap bagiannya, anda bisa lihat gambar berikut ini :

bagian bagian mikrometer sekrup
shutterstock.com

1. Anvil atau poros tetap

Bagian mikrometer yang bersinggungan langsung dengan benda kerja. Berfungsi sebagai sensor pada mikrometer dan titik awal dari pengukuran. Hasil pengukuran dihitung dari jarak antara permukaan anvil dan permukaan spindle.

Anvil terbuat dari tungsten carbide yang dikeraskan agar anvil tidak mudah mengalami bentuk akibat gesekan dengan benda kerja. Seiring berjalannya waktu, kerataan dan kesejajaran anvil akan mengalami keausan.

Untuk mengecek kerataan menggunakan kaca datar (optical fist), untuk mengecek kesejajaran menggunakan kaca parallel (paralel fist).

2. Spindle atau poros geser

Berfungsi untuk menentukan hasil. Permukaan spindle akan menempel atau menjepit benda kerja yang diukur. Terbuat dari baja campuran yang dikeraskan.

Ulir pada spindle dikerjakan dengan penggerindaan dan pastinya memiliki ukuran yang presisi.

Pelajari juga Bagian-Bagian Jangka Sorong

3. Pengunci (Lock Nut)

Bagian yang berfungsi untuk mengunci pergerakan spindle agar tidak bergerak ketika akan membaca hasil pengukuran. Pengunci juga berguna untuk memudahkan pembacaan pengukuran saat benda kerja berada pada posisi yang sulit dilihat secara langsung.

4. Sleeve atau tabung ukur

Poros berlubang yang memiliki ulir sebagai tempat pergerakan spindle dan thimble. Pada bagian dalam sleeve terdapat ulir yang berhubungan dengan spindle. Sedangkan bagian luar terdapat skala utama pengukuran dan ulir yang berhubungan dengan thimble.

5. Thimble

Bagian yang berfungsi untuk menggeser spindle dan mengatur panjang spindle yang keluar. Pada bagian ini terdapat skala nonius yang terletak di dekat skala utama.

Pelajari juga Bagian-Bagian Mesin Frais

6. Ratchet

Digunakan untuk menggerakkan spindle ketika proses pengukuran. Ratchet juga berfungsi untuk menjaga tekanan pengukuran agar tidak terjadi penyimpangan ukuran.

Karena jika memutar thimble dan tekanan yang diberikan berlebihan akan menyebabkan deformasi yang menyebabkan penyimpangan ukuran. Tekanan yang berlebihan juga menyebabkan rusaknya mikrometer dan mengurangi tingkat presisinya.

7. Frame atau rangka

Komponen berbentuk C yang berfungsi menyatukan komponen-komponen lain mikrometer sekrup. Frame dibuat tebal agar kokoh dan mampu menjaga mikrometer tidak mengalami penyimpangan pengukuran.

Frame dilindungi material penahan panas yang terbuat dari plastik. Hal ini bertujuan menghindari panas yang timbul langsung pada frame.

Pelajari juga Bagian-Bagian Mesin Bubut

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai bagian-bagian mikrometer sekrup dan fungsinya. Kini anda sudah siap untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan mikrometer sekrup.

Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk share informasi ini dengan teman-teman yang lainnya.

Tinggalkan komentar