Jenis Mesin CNC

Dalam dunia industri ada berbagai jenis-jenis Mesin CNC yang dapat digunakan. Masing-masing mesin cnc memiliki fungsi khusu dalam penggunaanya. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas secara lengkap jenis-jenis mesin cnc dan fungsinya.

 13 Jenis Mesin CNC dan Fungsinya

Untuk mempermudah suatu pekerjaan berbagai bidang mesin cnc dibagi menjadi beberapa macam, antara lain :

1. Mesin Bubut CNC

mesin bubut cnc
americanmachinetools.com

Mesin bubut cnc merupakan jenis mesin yang memiliki 2 axis. Memiliki pergerakan yang sama seperti mesin bubut konvensional yaitu gerakan ke arah melintang dan horizontal.

Prinsip kerjanya pun juga sama dengan mesin bubut konvensional. Yaitu benda kerja yang berputar kemudian disayat menggunakan alat potong. Perbedaannya terletak pada eretan yang sudah diganti dengan mode pemrograman.

Pergerakan pahat pada mesin bubut cnc dilambangkan sebagai berikut:

Sumbu X digunakan untuk arah melintang dan tegak lurus terhadap sumbu putar.
Sumbu Z digunakan untuk arah memanjang atau sejajar dengan arah sumbu putar.

Secara garis besar, mesin bubut cnc ada dua macam. Yaitu:

1) Mesin Bubut CNC Training Unit (CNC TU)

Mesin Bubut CNC TU digunakan untuk pelatihan dasar dan pemrograman CNC. Mesin ini dilengkapi dengan EPS (External Programing System). Hanya mampu digunakan untuk pekerjaan ringan dengan bahan benda kerja yang relatif lunak.

2) Mesin Bubut CNC Production Unit (CNC PU)

Mesin Bubut CNC PU dapat digunakan untuk produksi dalam skala besar. Mesin ini dilengkapi dengan beberapa aksesoris tambahan seperti sistem pembuka otomatis yang menerapkan sistem hidrolis. Dan juga pembuang tatal atau sekrap.

2. Mesin Frais CNC

mesin frais cnc

Pengertian mesin frais cnc adalah mesin frais yang menggunakan program cnc dalam pengoperasiannya. Dalam prakteknya, mesin ini dikhususkan untuk produksi massal bukan untuk repair.

1) Mesin Frais CNC 3 axis

Merupakan mesin frais CNC yang memiliki 3 axis. Mesin ini menggunakan sistem sumbu dengan dasar sistem koordinat cartesius. Mesin ini memiliki sistem kerja meja bergerak secara horizontal dan melintang. Sedangkan pisau frais berputar dan dapat digerakkan secara vertikal.

Lambang pergerakan pada mesin frais cnc sebagai berikut:

Sumbu X digunakan untuk pemakanan arah atau gerakan horizontal.
Sumbu Y digunakan untuk pemakanan arah atau gerakan melintang.
Sumbu Z digunakan untuk pemakanan arah atau gerakan vertikal.

2) Mesin Frais CNC 5 axis

Pengertian mesin milling cnc 5 axis adalah mesin frais yang memiliki 5 sumbu atau axis dalam pengoperasiannya. Mesin ini merupakan pengembangan dari mesin frais cnc 3 axis. Mesin ini memiliki 3 axis atau sumbu yang saling tegak lurus yaitu sumbu X, Y, Z dan 2 sumbu putar (rotary axis) secara vertikal dan horizontal.

Secara sederhana, mesin ini menggunakan program CNC untuk memindahkan benda kerja atau alat potong sepanjang 5 axis tersebut.

3) Mesin Frais CNC 6 axis

Merupakan mesin frais pengembangan dari mesin frais cnc 3 axis. Mesin ini memiliki 3 axis atau sumbu yang saling tegak lurus dan 3 axis putar (rotary axis).

3. Mesin CNC Router

mesin cnc router
stylecnc.com

CNC Router merupakan jenis mesin yang paling umum digunakan. Biasanya digunakan untuk pengerjaan kayu, logam atau plastik.

Dalam penggunaan cnc router, operator tidak perlu memanipulasi mesinnya. Cukup memasukkan program saja untuk menjalankan mesin.

4. Mesin CNC Pemotong Plasma (Plasma Cutter)

mesin cnc plasma cutter
esabna.com

CNC Plasma Cutter merupakan mesin yang digunakan untuk memotong logam atau kayu secara 2 dimensi. Mesin ini tidak membutuhkan daya sebanyak mesin router. Mesin ini menggunakan obor plasma (plasma torch) untuk menembus lembaran kayu atau logam.

5. Mesin CNC Pemotong Laser (Laser Cutter)

mesin cnc laser
exportersindia.com

Laser Cutter memiliki prinsip kerja yang sama dengan Plasma Cutter. Namun mesin ini tidak menggunakan obor plasma (plasma torch), tetapi menggunakan laser. Mesin ini juga dapat digunakan untuk memotong plastik.

6. Mesin CNC 3D Printer

mesin cnc 3d printer
theverge.com

Mesin 3D printer merupakan printer yang menggunakan teknologi CNC. Mesin ini beroperasi seperti CNC Laser.

Namun menggunakan extruder untuk mengeluarkan plastik melalui lubang yang kecil dengan gerakan yang pelan. Sehingga membentuk lapisan demi lapisan sampai membentuk suatu benda yang utuh.

7. Mesin CNC Pick And Place

mesin cnc pick and place
neodensmt.com

CNC Pick And Place menggunakan pengaturan yang mirip seperti CNC Router dan Laser Cutter. Mesin ini memiliki beberapa nozel kecil yang berfungsi mengambil komponen elektronik kemudian meletakkannya pada posisi yang tepat.

Mesin ini memiliki gerakan yang cepat dan mampu untuk merakit komponen elektronik menjadi suatu produk. Seperti motherboard komputer, ponsel, tablet, dan lain-lain. Dan hampir semua produk memiliki circuit board.

8. Mesin CNC Tube Bending

mesin cnc tube bending
kidskunst.info

Mesin CNC Tube Bending berfungsi untuk menekuk pipa hingga membentuk pola tertentu sesuai program yang telah dimasukkan. Contohnya digunakan untuk menekuk tube assy pada AC mobil.

Demikianlah pembahasan lengkap dari jenis-jenis mesin cnc dan fungsinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk share informasi ini dengan tema-teman yang lain.

Satu pemikiran pada “Jenis Mesin CNC”

Tinggalkan komentar