Mengisi Tinta Printer

Printer atau mesin pencetak adalah buah kemajuan industri media cetak sejak abad ke-14. Mulanya, printer digunakan untuk mencetak koran atau media cetak lainnya. Namun seiring perkembangan zaman bentuk printer yang sangat besar pun disederhanakan dan sekarang menjadi kebutuhan yang terbilang penting di rumah-rumah.

Salah satu elemen terpenting dalam printer modern adalah tinta. Tanpa tinta, printer tak akan bisa mencetak tulisan yang dapat dibaca. Bagi Anda yang memiliki printe, Anda harus mengerti cara mengisi tinta printer dengan benar. Sebab, berbagai kesalahan masih sering terjadi dalam pengisian tinta sehingga hasil cetakan tak memuaskan. Berikut cara mengisi tinta pada printer berbagai merk dan tipe.

Printer Canon

Printer Canon adalah salah satu merk yang paling banyak dipakai di rumah-rumah. Selain karena bentuknya yang minimalis, printer Canon juga menawarkan hasil cetakan yang memuaskan. Siapkan tinta isi ulang, cartridge baru, paku atau jarum kecil, suntikan, dan tisu. Tinta dan suntikan biasanya dijual sepaket di toko komputer. Berikut cara mengisi tinta printer keluaran Canon berbagai seri:

Printer Canon E410

mengisi tinta printer canon pixima E410
elevenia.co.id
  1. Pastikan printer dalam kondisi menyala. Jika belum menyala tekan tombol Power.
  2. Buka penutup printer untuk melihat posisi cartridge. 
  3. Lepas cartridge dari dudukan saat berada pada posisi penggantian/di tengah-tengah. Jangan menarik terlalu kencang dudukan cartridge agar tak mengalami kerusakan.
  4. Siapkan cartridge baru yang sesuai dengan yang lama. Ada dua cartridge dalam dudukan, yakni hitam dan warna. Ganti yang sudah habis dengan cartridge baru yang sejenis. 
  5. Pasang cartridge lama ke dudukan. Jangan mendorong terlalu keras ketika hendak memasang cartridge karena dapat menyentuh nozzle head dan merusaknya.
  6. Setelah terpasang, tutup lagi printer seperti semula. 
  7. Nyalakan ulang printer atau atur kepala printer agar dalam posisi siap mencetak.

Printer Pixma

Tinta Hitam

  1. Nyalakan printer, tunggu hingga berada di posisi stand by dan siap dilakukan pergantian tinta.
  2. Buka cover printer untuk melihat posisi cartridge.
  3. Lepaskan cartridge saat berada di posisi tengah. Hati-hati saat melepas cartridge dari dudukannya agar tak merusak wadah tinta tersebut.
  4. Lepaskan stiker yang menempel di cartridge untuk melihat posisi pelubangan pada cartridge.
  5. Isi cartridge tinta hitam terlebih dahulu baru ke tinta yang berwarna.
  6. Lubangi cartridge secukupnya agar jarum suntik bisa masuk. Anda bisa memakai jarum atau paku kecil untuk melubangi cartridge.
  7. Tutup bagian mulut semprot (bawah cartridge) agar tak terjadi kebocoran saat mengisi. 
  8. Masukkan jarum suntik yang sudah berisi tinta ke lubang hingga mengenai gabus yang ada di dalam cartridge tersebut.
  9. Suntik tinta hitam sekira 10-20ml ke dalam cartridge. Lakukan perlahan agar tak meluber ke luar. Jangan isi tinta terlalu banyak apalagi hingga tumpah keluar dari lubang.
  10. Setelah selesai, bersihkan head cartridge dengan tisu yang tadi dipakai untuk menutup. 
  11. Pasang kembali cartridge pada dudukannya.

Tinta Warna

  1. Tinta hitam cuma memiliki satu tempat pelubangan, sedangkan tinta warna memiliki tiga lubang. 
  2. Lubang bagian atas yang dekat dengan nozzle head adalah untuk tinta berwarna merah. Lubang bagian kiri untuk tinta yang berwarna biru. Lalu lubang yang disebelah kanan untuk tinta berwarna kuning.
  3. Kapasitas cartridge warna lebih sedikit daripada hitam, sehingga Anda harus mengurangi dosis yang Anda suntikkan. Isi tinta tak lebih dari 10ml untuk mendapat hasil terbaik.
  4. Langkah mengisi tinta warna dan hitam adalah sama dengan cara melubangi lalu menyuntikkan tinta baru. Tapi, jangan sampai salah lubang saat mengisi.
  5. Setelah selesai menyuntik tinta, masukkan cartridge ke dudukannya dan tutup kembali printer Anda.

Printer HP

Cara mengisi tinta printer merk HP hampir sama seperti Canon. Keduanya memakai sistem cartridge yang sama-sama memakai penyuntik untuk mengisi tinta. Namun, meski sepintas terlihat sama, ada perbedaan yang mendasar yang ditemukan saat mengganti tinta printer HP. Berikut contoh cara memasang tinta printer merk HP:

Printer HP 2135

mengisi tinta printer hp 2135
database.id
  1. Nyalakan printer dengan menekan tombol Power.
  2. Buka penutup printer untuk melihat posisi cartridge.
  3. Selanjutnya, tunggu hingga posisi cartridge berada tepat di tengah-tengah.
  4. Lepaskan cartridge dari dudukannya. Lakukan dengan hati-hati jika tak ingin cartridge printer Anda rusak. Tekan cartridge ke bawah untuk melepaskan dari dudukannya.
  5. Pada jenis printer ini, Anda tak perlu membuat lubang untuk melakukan penyuntikan pada cartridge. Sudah ada tiga lubang pada cartridge warna hitam dan satunya. Anda tinggal mencari lubang yang telah disediakan.
  6. Suntikkan tinta pada lubang tersebut. Pilih lubang yang tepat untuk mengisi cartridge merah, biru, dan kuning. Lakukan dengan lembut agar tinta tidak tumpah. Jangan mengisi tinta sampai penuh, cukup 3-4cc saja. Tinta mudah bocor apabila diisi secara berlebihan.
  7. Setelah cartridge terisi, periksa apakah tinta keluar dari cartridge. Jika merembes keluar berarti pengisian Anda sudah benar. Usap dengan tisu untuk mengetahui rembesan.
  8. Pasang kembali cartridge ke dudukan yang ada di dalam printer. 
  9. Tutup lagi printer seperti semula dan Anda bisa melakukan pengecekan printer dengan mencetak dokumen.

Printer Epson

Printer Epson memiliki berbagai varian yang juga diikuti dengan perbedaan cara mengisi tintanya. Perbedaan yang akan dibahas pada langkah ini adalah untuk printer yang memakai infus. Cara mengisi tinta printer infus berbeda dengan metode suntikan di atas. Printer dengan tinta infus lebih simpel dalam melakukan pengisian ulang. Berikut cara mengganti tinta printer Epson dengan infus:

Printer Epson L360

mengisi tinta printer epson L360
tuyetsoncomputer.com
  1. Turunkan kotak tinta yang terpasang pada printer. Lakukan dengan perlahan agar tak merusak apalagi memutuskan selang tinta.
  2. Rebahkan tinta di bidang yang datar. Buka penutup kotak tinta tersebut.
  3. Buka penutup tinta yang hendak Anda isi.
  4. Perhatikan warna tinta, jangan sampai Anda memasukkan tinta pada kotak yang salah.
  5. Masukkan tinta botolan dengan cara memencet secara perlahan. Jangan terlalu banyak mengisi tinta. Takarannya maksimal 20ml untuk tinta hitam dan 10ml untuk tinta warna.
  6. Tutup kembali lubang dan kotak tinta lalu tegakkan kembali.

Printer Epson L3110

mengisi tinta Printer Epson L3110
elextraonline.com
  1. Buka penutup kotak tinta pada bagian depan printer.
  2. Setelah kotak tinta terbuka, akan ada empat tabung yang masing-masing berisi warna tertentu.
  3. Buka tutup tabung yang akan Anda isi. 
  4. Perhatikan warnanya, jangan sampai tertukar. Masing-masing tabung atau botol akan memiliki warna penutup yang berbeda-beda. Ada juga penjelasan warna di bagian atas tabung tersebut.
  5. Siapkan botol berisi tinta baru yang hendak Anda isikan. Masing-masing botol memiliki ujung yang berbeda dan hanya cocok diisikan di tabung tinta yang sewarna. Hal ini menghindarkan Anda dari kesalahan mengisi tinta.
  6. Masukkan botol tinta ke tabung yang sesuai. Diamkan beberapa saat hingga tinta terisi penuh. 
  7. Cabut botol setelah tinta terisi dengan baik.
  8. Lakukan metode yang sama untuk tiga tabung lainnya.

Printer Epson L120

mengisi tinta Printer Epson L120
www.epson.co.za
  1. Buka penutup tinta di kanan printer.
  2. Putar pengunci di bagian bawah setelah membuka penutup tinta.
  3. Setelah terbuka, ada empat tabung yang akan terlihat oleh Anda.
  4. Buka tutup tabung yang Anda hendak isi.
  5. Pastikan mengisi sesuai warna yang ada di tabung tinta tersebut.
  6. Masukkan botol tinta baru ke dalam tabung yang habis tintanya.
  7. Tutup kembali tabung tinta dan bersihkan sisa tinta yang menempel.
  8. Tutup kembali tinta seperti semula dan putar pengunci.

Keanekaragaman jenis printer yang ada saat ini menuntut penggunanya tau untuk melakukan pengisian dengan cara yang tepat. Cara mengisi tinta printer umumnya dibedakan menjadi isi ulang dengan suntikan maupun infus. Sebelum memutuskan mengganti tinta, Anda harus mengecek tipe printer Anda menggunakan metode yang mana.

Tinggalkan Balasan