Jenis Kikir dan Fungsinya

2 min read

kikir

Kikir merupakan salah satu perkakas tangan yang digunakan untuk membentuk benda kerja dengan cara mengikisnya. Proses menggunakan kikir dalam dunia teknik merupakan proses pengerjaan paling dasar.

Karena sebelum adanya mesin-mesin, orang teknik menggunakan kikir untuk membentuk benda kerja. Sampai sekarang, kikir juga masih digunakan untuk berbagai pekerjaan untuk membantu pekerjaan orang teknik.

Untuk berbagai keperluan pekerjaan, kikir dibuat sedemikian rupa untuk mempermudah pekerja menggunakannya. berikut ini jenis-jenis kikir yang digunakan di dunia teknik

Jenis kikir berdasarkan tingkat kekasaran

tingkat kekeraasan kikir
wikimedia.org

Kikir kasar (bastard)

Kikir dengan tingkat kekasaran bastard umumnya digunakan untuk pengerjaan awal. Profil gigi pada kikir ini sangat timbul karena digunakan untuk pemakanan yang tebal. Jarak antar gigi renggang.

Kikir sedang (medium)

Kikir dengan tingkat kekasaran sedang, digunakan untuk pengerjaan ringan. Bisa juga digunakan untuk proses finishing. Jarak antar gigi sedikit lebih rapat dibandingkan kikir bastard

Kikir halus (smooth)

Kikir jenis ini digunakan untuk pengerjaan finishing. Profil giginya lebih rapat dibanding kikir sedang. Umumnya digunakan untuk memperhalus permukaan benda kerja atau untuk mendapatkan ukuran benda kerja yang presisi.

Jenis kikir berdasarkan bentuk gigi

Gigi pahatan tunggal (single cut files)

single cut file
empireabrasives.com

Gigi pada pahat ini berupa satu set baris diagonal. Umumnya digunakan untuk pengikiran dengan tekanan ringan. Dapat menghasilkan permukaan yang halus. Dan dapat juga digunakan untuk mempertajam alat potong seperti pisau, gunting, atau gergaji.

Gigi pahatan silang (double cut files)

double cut file
empireabrasives.com

Gigi pada pahat ini berupa dua set baris diagonal atau saling bersilangan. Digunakan untuk pengikiran dengan tekanan yang lebih besar dibanding kikir gigi pahatan tunggal. Sehingga dapat mengikis benda kerja lebih cepat.

Gigi pahatan parut (rasp cut files)

rasp cut file
mercerindustries.com

Gigi pada kikir ini berupa serangkaian gigi individu yang dibentuk oleh alat berujung tunggal. Sehingga menghasilkan potongan yang kasar. Kikir jenis ini hanya cocok untuk mengerjakan benda-benda yang lunak seperti kayu, aluminium, timah, dan lain-lain.

Gigi pahatan magicut (magicut files)

magicut file
incolnsentry.com

Merupakan kikir dengan gigi pahatan tunggal yang dibagi dengan gigi sudut. Sehingga ujung potongnya menjadi lebih pendek. Dengan kikir ini operator bisa melakukan pemakanan kasar dan halus secara bersamaan.

Gigi pahatan kurva tunggal (curved cut files)

curved cut file
mercerindustries.com

Gigi pada kikir ini membentuk kurva atau melengkung di seluruh permukaan kikir. Umumnya digunakan pada bengkel body mobil untuk menghaluskan bagian tertentu.

Jenis kikir berdasarkan bentuk penampang

Kikir rata (flat/hand files)

flat files
contenti.com

Kikir dengan bentuk penampang persegi panjang. Umumnya digunakan untuk mengikir logam seperti besi dan baja.

Kikir persegi (square files)

bukalapak.com

Kikir dengan bentuk penampang persegi. Kikir ini biasanya digunakan untuk pembuatan alur pasak atau alur.

Kikir segitiga lancip atau kikir pisau (knife files)

knife file
mercerindustries.com

Kikir dengan bentuk penampang segitiga sama kaki. Sudut terkecil pada kikir ini cocok digunakan untuk mengikir celah yang kecil. Contohnya digunakan untuk mengasah gigi gergaji dengan sudut kurang dari 60°.

Kikir segitiga sama sisi (three square files)

kikir seigitiga sama sisi
wisegeek.com

Kikir dengan bentuk penampang segitiga sama sisi. Bentuk segitiga sama sisi ini sangat berguna untuk pembuatan sudut dengan presisi.

Kikir setengah lingkaran (half round files)

rasp cut file
mercerindustries.com

Kikir dengan bentuk penampang setengah lingkaran. Kikir yang cocok digunakan untuk mengikis permukaan yang melengkung. Baik itu cekung maupun cembung.

Kikir bulat atau lingkaran (round files)

round files
pjtool.com

Kikir dengan bentuk penampang lingkaran. Kikir ini digunakan untuk menghaluskan dan menambah diameter suatu lubang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: