Alat Ukur dan Fungsinya

Jenis alat ukur ada beraneka ragam. Jenis yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda pula. Dalam ilmu fisika dan teknik, pengukuran merupakan suatu aktivitas membandingkan kuantitas atau besaran dari objek dan kejadian-kejadian di dunia nyata.

Aktivitas tersebut membutuhkan alat bantu yang bisa kita sebut alat ukur. Karena semua hal membutuhkan ukuran yang sesuai agar tidak berlebihan atau pun kekurangan. Alat ukur merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengukur suatu hal dengan satuan tertentu.

Satuan yang digunakan ditentukan oleh SI (Satuan Internasional). Disekitar kita banyak sekali alat ukur bahkan sering digunakan setiap hari seperti penggaris, neraca (timbangan), rol meter, stopwatch, dan lain-lain. 

Berikut ini kami jelaskan jenis-jenis alat ukur beserta fungsi, besaran dan satuannya masing-masing.

A. Menurut Penggunaannya

1. Alat ukur standar

blok ukur adalah salah satu jenis alat ukur standar
teknikmesinpedia.blogspot.com

ialah jenis alat ukur yang harus mampu mengkalibrasi alat ukur lain yang biasa digunakan, sehingga harus mempunyai kualitas dan ketelitian yang tinggi. Alat ini hanya dilengkapi dengan satu skala nominal.

Tanpa adanya alat ukur ini, alat ukur yang biasa digunakan tidak bisa di kalibrasi dan hasil pengukurannya tidak presisi. Jika pengukuran salah maka benda kerja yang telah dibuat tidak bisa digunakan. Contoh : standard meter, blok ukur, blok ukur sudut.

2. Alat ukur pembanding

comparator merupakan salah satu jenis alat ukur pembanding
directindustry.com

adalah jenis alat ukur yang memiliki skala ukur terbatas dan telah dikalibrasi. Digunakan sebagai pembacaan besarnya selisih dimensi terhadap ukuran standar. Contohnya : comparator atau dial indicator digunakan untuk mengukur penyimpangan kerataan pada bidang datar.

3. Alat ukur pembatas (Limit Gauge) atau Kaliber

limit gauges merupakan jenis alat ukur pembatas
youtube.com

adalah alat ukur yang berfungsi sebagai pemeriksa suatu benda kerja dapat dipakai pada suatu standar atau tidak. Alat ini biasa digunakan untuk pengukuran massal. Bisa dikatakan GO saat memenuhi standar dari pengukuran dan NO GO saat tidak memenuhi standar. Contoh : kaliber poros (plug gauge) untuk mengukur lubang, kaliber ring (ring gauge) untuk mengukur poros, kaliber pemeriksa konis (taper gauge) untuk mengukur ulir.

4. Alat ukur pembantu

Jangka kaki merupakan jenis alat ukur pembantu
axminster.co.uk

adalah alat yang berfungsi sebagai alat pembantu pada waktu mengukur, bila dengan alat ukur biasa tidak bisa dilakukan. Karena bisa saja saat akan mengukur, bagian yang akan diukur tidak bisa dijangkau dengan alat ukur biasa. Misalnya saja diameter lubang yang letaknya berada di dalam mesin. Contoh : rol, bola ukur/baja, kawat ukur, jangka kaki.

B. Menurut Besaran dan Satuannya

1. Jenis Alat Ukur Panjang

a) Mistar atau penggaris

penggaris
pixabay.com

Alat ukur paling sederhana yang paling mudah penggunaanya. Biasanya dimiliki oleh anak sekolah untuk keperluan menggambar. Penggaris juga tersedia dengan berbagai macam bentuk.

Ada bentuk segitiga, persegi panjang, dan lain-lain. Biasanya terbuat dari bahan mika, plastik, besi tipis, atau kayu. Tersedia dengan berbagai satuan, ada cm dan mm. Memiliki panjang mulai dari 10 cm sampai 50 cm.

b) Roll meter atau pita ukur

roll meter
bursamuslim.com

Alat ukur ini merupakan alat ukur panjang yang dapat digulung. Biasanya terbuat dari plat besi atau plastik tipis. Satuan yang dimiliki ada beberapa macam, ada mm, cm, feet, atau inch.

Tersedia beberapa kapasitas untuk menggunakan roll meter. Mulai dari 5 meter, 10 meter, 30 meter, hingga 50 meter. Biasanya digunakan oleh tukang kayu, tukang bangunan, tukang jahit dan lain-lain.

c) Jangka Sorong

jangka sorong
shopify.com

Alat ukur ini merupakan alat ukur yang cukup presisi. Biasanya digunakan oleh orang yang bekerja di bidang teknik yang membutuhkan ukuran yang sangat tepat.

Digunakan untuk mengukur tebal, diameter dalam, diameter luar, dan kedalaman suatu benda. Memiliki tingkat kepresisian sampai 0,05 mm. Berikut ini kami jelaskan bagaimana cara menggunakan jangka sorong dan cara membaca ukurannya. Klik disini

d) Mikrometer sekrup

micrometer digital
shutterstock.com

Alat ukur ini memiliki tingkat kepresisian lebih tinggi dibandingkan dengan jangka sorong. Yaitu sampai 0,01 mm. Biasanya digunakan oleh orang teknik yang membutuhkan ukuran yang sangat presisi.

Digunakan untuk mengukur suatu ketebalan. Dilengkapi dengan skala utama dan skala nonius untuk memudahkan membaca ukuran. Berikut ini kami jelaskan bagaimana cara menggunakan mikrometer dan cara membaca hasil pengukuran mikrometer. Klik disini

2. Alat Ukur Volume

Ada berbagai macam alat ukur volume. Umumnya digunakan untuk mengukur volume zat cair seperti cairan kimia (fluida). Namun beberapa alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur volume benda padat yang bentuknya tidak beraturan.

Biasanya memiliki skala ukur di salah satu sisi. Dan masing-masing alat ukur ini memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Memiliki satuan mL (mili liter). Alat ukur untuk volume, antara lain :

a) Gelas ukur atau breaker glass

gelas ukur
blanja.com

Gelas ukur ini sebenarnya tidak digunakan sebagai alat ukur utama. Fungsi utamanya adalah sebagai wadah untuk mencampur zat kimia untuk diteliti. Memiliki kapasitas 5 mL hingga 5000 mL.

b) Erlenmeyer flask atau tabung erlenmeyer

erlenmeyer flask
beveragefactory.com

Alat ukur ini merupakan tabung ukur yang berbentuk kerucut. Tabung ini juga digunakan untuk mencampur zat-zat kimia. Memiliki kapasitas 5 mL hingga 5000 mL.

c) Volumeric Flask

Volumetric Flask
foxxlifesciences.com

Memiliki kapasitas 5 mL sampai 2000 mL dan memiliki tingkat ketelitian tinggi.

d) Volumeric Cylinder

homesciencetools.com

Memiliki kapasitas 5 mL sampai 2000 mL dan memiliki tingkat ketelitian medium.

e) Burette

burrette
philipharris.co.uk

Memiliki kapasitas 1 mL sampai 100 mL dan memiliki tingkat ketelitian tinggi.

f) Pasteur Pipette

pasteur pipette
dhgate.com

Memiliki kapasitas 1 mL sampai 5 mL dan memiliki tingkat ketelitian rendah.

g) Glass Pipette

glass pipette
ebay.com

Memiliki kapasitas 1 mL sampai 100 mL dan memiliki tingkat ketelitian tinggi.

h) Pipetor

pipetor
donserv.pl

Memiliki kapasitas 5 sampai 5000 μL dan memiliki tingkat ketelitian tinggi.

3. Alat Ukur Massa

a) Neraca Pegas

neraca pegas
alibaba.com

Alat ukur ini memanfaatkan pegas sebagai alat untuk menentukan massa suatu benda. Ketika pegas menerima beban maka pegas akan meregang. Tegangan pada saat pegas meregang adalah tekanan yang diterima pegas.

Semakin besar beban atau tekanan yang diterima pegas, maka semakin besar pula regangan yang terjadi. Alat ukur ini memiliki satuan N (Newton) dan g (gram). Biasanya digunakan di laboratorium untuk praktikum.

b) Neraca tekan atau duduk

neraca tekan
bukalapak.com

Disebut neraca duduk karena benda yang diukur massanya diletakkan di atas neraca atau dalam keadaan duduk. Prinsip kerja pada neraca ini berkebalikan dengan neraca pegas. Tersedia dengan berbagai ukuran dan kapasitas.

Mulai dari 10 kg sampai 100 kg. Biasanya digunakan oleh ibu-ibu di dapur atau pedagang di pasar. Mulai dari menimbang bumbu dapur, beras, dan lain-lain

c) Neraca gantung

neraca gantung
timbanganbudi.com

Neraca ini umumnya dikenal dengan istilah dacin. Memiliki prinsip kerja seperti neraca lengan. Untuk mengetahui massa benda yang diukur dengan cara menggeser beban pemberat.

Ketika lengannya seimbang, anda bisa langsung membaca hasil pengukurannya. Biasanya digunakan untuk menimbang balita di posyandu, atau untuk menimbang beras, padi, jagung dan lain-lain.

d) Neraca jongkok

timbangan badan
blibli.com

Neraca ini digunakan untuk menimbang massa atau berat badan manusia. Sering dijumpai di puskesmas, rumah sakit, klinik, dan lain-lain. Mampu untuk menahan beban sampai 200 kg.

Tersedia dalam bentuk neraca analog maupun neraca digital. Neraca analog menggunakan jarum penunjuk untuk menunjukkan hasil pengukurannya. Sedangkan neraca digital menggunakan layar untuk menunjukkan hasil pengukurannya.

4. Alat ukur listrik

a) Amperemeter atau ammeter

amperemeter
newegg.com

Alat ukur ini digunakan khusus untuk mengukur kuat arus aliran listrik dalam suatu rangkaian. Memiliki satuan amp (ampere).

b) Voltmeter

indiamart.com

Alat ukur ini digunakan khusus untuk mengukur suatu tegangan listrik dalam suatu rangkaian. Memiliki satuan V (Volt). Dapat digunakan pada sirkuit searah (DC) ataupun bolak balik (AC).

c) Ohmmeter

ohm meter
abcescolar.pt

Alat ukur ini digunakan khusus untuk mengukur hambatan listrik pada suatu komponen. Memiliki satuan Ohm.

d) Multimeter atau Avometer

multimeter analog
amazon.in

Alat ukur ini merupakan kombinasi dari tiga alat ukur, yaitu amperemeter, voltmeter dan ohmmeter. Sehingga memiliki tiga satuan, yaitu ampere, volt dan ohm.

Cukup dengan memutar saklar, anda dapat mengubah satuannya. Perlu diingat, setelah memindah satuan harus melakukan kalibrasi atau penentuan titik nol.

5. Alat ukur suhu

Alat ukur suhu biasa disebut dengan thermometer. Thermometer sendiri memiliki beberapa macam dan memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Memiliki satuan °C (Celcius), °R (Reamur), °F (Fahrenheit) dan °K (Kelvin). Jenis thermometer antara lain :

a) Thermometer liquid

thermometer air raksa
shutterstock.com

Thermometer ini merupakan thermometer yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Berupa kaca yang diisi suatu cairan. Cairan yang digunakan bisa air raksa atau alkohol.

Thermometer ini memanfaatkan perubahan cairan ketika terkena suhu. Biasanya digunakan untuk mengukur suhu tubuh atau ruangan.

b) Thermometer radiasi

infrared thermometer
amazon.com

Thermometer ini memanfaatkan radiasi inframerah yang dipancarkan oleh benda yang diukur. Cara menggunakan thermometer ini tidak membutuhkan kontak fisik. Sehingga memudahkan untuk mengukur suhu pada jarak tertentu dan dapat memberikan hasil pengukuran yang cepat.

6.  Alat ukur waktu

stopwatch
amazon.com

Stopwatch atau jam merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur berapa waktu yang dibutuhkan dalam berbagai hal. Memiliki satuan detik atau sekon.

Biasanya digunakan dalam ajang perlombaan seperti lomba lari. Jenis jam ada bermacam-macam antara lain jam digital, jam matahari, jam pasir, jam dinding, jam tangan, dan lain-lain.

7. Alat ukur kecepatan

speedometer
colourbox.com

Alat ukur kecepatan atau speedometer adalah alat ukur yang paling umum digunakan masyarakat. Karena kini hampir semua orang memiliki kendaraan bermotor yang tentunya dilengkapi dengan speedometer. Memiliki satuan Km/jam atau mil/jam.

8. Alat ukur intensitas cahaya

lux meter
kucari.com

Alat ukur intensitas cahaya disebut lux meter. Alat ukur ini digunakan untuk mengukur tingkat penerangan atau iluminasi. Prinsip kerjanya dengan cara memanfaatkan gelombang cahaya.

Cahaya yang diterima oleh sensor akan diteruskan menjadi arus listrik. Kemudian menunjukkan hasil pengukurannya pada layar digital.

9. Alat ukur tekanan

barometer
pinterest.ca

Barometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tekanan udara atau atmosfer. Biasanya dimanfaatkan untuk kepentingan meteorologi.

Alat ini sangat penting untuk peramal cuaca atau ilmuwan untuk memprediksi perubahan cuaca. Memiliki satuan mb (mili bar).

10. Alat ukur sudut

a) Busur derajat

busur derajat
elevenia.co.id

Alat ukur ini biasanya digunakan untuk kepentingan menggambar. Dengan alat ini kita dapat menggambar dengan sudut atau kemiringan tertentu.

b) Theodolite

theodolite
sccssurvey.co.uk

Alat ukur ini digunakan dalam pekerjaan perencanaan proyek pembangunan atau dalam bidang survey dan pemetaan. Berfungsi untuk mengukur sudut horizontal maupun vertikal.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: