Edit Foto Hitam Putih di Photoshop

Anda butuh foto hitam putih untuk foto ijazah atau melamar suatu pekerjaan? Punya file foto berwarna tapi tidak tahu cara mengubahnya menjadi foto hitam putih? Tenang, kami ada solusinya.

Untuk mengubah foto berwarna menjadi hitam putih ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Kami akan membahas cara yang paling cepat dan mudah untuk mengedit foto berwarna menjadi hitam putih.

Anda bisa mempraktekannya secara langsung sambil menyimak tutorial yang kami berikan. Kali ini kami menggunakan photoshop CS6. Anda bisa menggunakan versi yang lain. Karena Prinsipnya tetap sama.

Langkah Mengubah Foto Menjadi Hitam Putih

Anda bisa pilih cara yang paling mudah menurut anda. Ada 4 metode, yaitu :

1. Menggunakan Black & White

background hitam putih

Caranya klik Image > Adjustment > Black & White atau tekan Alt+Shift+Ctrl+B. Kemudian anda bisa atur sendiri satuan masing-masing warna yang diubah menjadi hitam putih.

background hitam putih

Fitur ini cukup menarik karena anda dapat mengatur kapasitas warna yang diubah menjadi hitam putih. Sehinggga hasilnya lebih bagus.

2. Menggunakan Grayscale

Caranya cukup klik Image > Mode > Grayscale. Kemudian klik Discard. Cara ini merupakan cara yang cepat. Namun anda tidak dapat mengatur stuan warnanya.

hitam putih dengan grayscale

3. Menggunakan Desaturate

Cara cepat yang lainnya adalah menggunakan Desaturate. Caranya cukup klik Image > Adjustment > Desaturate atau tekan Ctrl+Shift+U.

hitam putih dengan desaturate

4. Menggunakan Chanel Mixer

Fitur ini cukup mudah dan anda juga dapat mengatur satuan warnanya. Caranya klik Image > Adjustment > Chanel Mixer. Kemudian klik preset dan pilih salah satu yang menurut anda paling bagus.

hitam putih dengan chanel mixer

5. Menggunakan Gradient Map

Dengan fitur ini kita tidak hanya dapat membuat gambar menjadi hitam putih. Tapi kita bisa membuat berbagai gradasi warna lain yang berbeda-beda.

Caranya klik Image > Adjustment > Gradient Map. Kemudian pilih gradasi warna yang anda inginkan. Jika anda klik warnanya, anda bisa mengatur gelap terangnya foto anda.

hitam putih dengan gradient map

Bagaimana? Mudah sekali kan? Dengan begitu anda tidak perlu bingung lagi untuk mengedit foto. Sekian Cara edit foto hitam putih di photoshop. Semoga bermanfaat. Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: