Dial Indicator dan Fungsinya

Dial indicator atau jam ukur adalah alat pembanding yang banyak digunakan di industri pemesinan terutama pada bagian pengukuran. Dial indicator digunakan untuk mengetes penyimpangan-penyimpangan kecil pada bidang datar, bulat, atau permukaan lengkung.

dial indicator with magnetic base
shutterstock.com

Namun dalam menggunakan dial indicator membutuhkan dudukan untuk menempatkannya dalam satu posisi. Umumnya menggunakan magnetic base. Ada juga operator yang kreatif dan dapat membuat sendiri dudukan dial indicator.

Fungsi Dial Indicator

  1. Untuk memeriksa kesejajaran permukaan.
  2. Menyetel kesentrisan benda kerja pada pencekam mesin bubut.
  3. Memeriksa penyimpangan eksentris.
  4. Memeriksa kebulatan diameter poros.
  5. Menyetel plat siku.
  6. Memeriksa penyimpangan putaran beberapa bantalan atau bearing seperti pada poros engkol.
  7. Memeriksa penyimpangan aksial dari drum roda mobil.
  8. dan lain-lain.

Bagian utama dial indicator

bagian utama dial indicator
amazon.com

1. Piringan jam yang dapat diatur

Piringan ini dapat diputar sesuai kebutuhan. Contohnya untuk menentukan titik nol.

2. Jarum penunjuk

Jarum ini akan bergerak apabila sensor menyentuh permukaan benda kerja. Umumnya memiliki dua jarum. yaitu jarum besar dan kecil. Satu putaran penuh jarum besar sama dengan satu strip jarum kecil.

3. Pengunci

Berfungsi untuk mengunci jarum pada posisi tertentu saat membaca hasil pengukuran.

4. Body/Badan

Berfungsi sebagai tempat transmisi roda gigi dan poros bergigi yang terdapat pada dial indicator.

5. Sensor

Bagian dial indicator yang bersentuhan langsung dengan permukaan benda kerja. Panjangnya sensor dapat diganti sesuai kebutuhan pengukuran.

Prinsip kerja

Prinsip kerja dari dial indicator adalah mengubah gerak linier dari sensor menjadi gerak rotasi oleh jarum penunjuk. Dengan perantara batang bergigi dan susunan roda gigi di dalam dial indicator.

Pegas koil berfungsi menekan batang bergigi sehingga sensor selalu menekan ke bawah. Sedangkan pergas spiral berfungsi sebagai penekan transmisi roda gigi. Sehingga permukaan gigi yang berpasang selalu menekan pada sisi yang sama untuk kedua arah putaran.

Hal ini bertujuan untuk menghindari backlash yang mungkin terjadi karena profil gigi yang tidak sempurna atau sudah aus. Dial indicator juga dilengkapi dengan jewel untuk mengurangi gesekan pada kedudukan poros roda gigi.

Cara menggunakan dial indicator

  1. Pasang dial indicator pada dudukan atau magnetic base. Pastikan dial indicator terpasang dengan kencang.
  2. Dekatkan sensor pada permukaan yang akan diukur.
  3. Baca hasil pengukuran.

Cara membaca pengukuran

Pada dial indicator mm

dial indicator mm
hroberts-di.com

1 strip pada skala utama dial indicator mm bernilai 0,01 mm. 1 putaran penuh jarum panjang melewati 100 strip. Sehingga 1 putaran penuh jarum panjang bernilai 1 mm.

Kemudian 1 putaran jarum panjang akan menggeser 1 strip pada jarum pendek. Sehingga 1 strip jarum pendek bernilai 1 mm

Pada dial indicator inch

dial indicator inch
hroberts-di.com

1 strip pada skala utama dial indicator inch bernilai 0,01”. 1 putaran penuh terdapat 100 strip. Sehingga 1 putaran penuh jarum panjang bernilai 1”. Kemudian 1 putaran jarum panjang akan menggeser 1 strip pada jarum pendek. Sehingga 1 strip jarum pendek bernilai 1”.

Ketelitian

Ketelitian atau kecermatan dial indicator berbeda-beda. Ada yang kecermatannya 0,01 ; 0,02 ; 0,005 dan kapasitas ukurnya juga berbeda-beda, misal : 20, 10, 5, 2, 1 mm. Untuk dial indicator dengan kapasitas besar, terdapat jam kecil dalam piringan yang besar.

Dimana satu putaran jarum besar sama dengan satu angka jam kecil. Pada piringan terdapat skala yang dilengkapi dengan tanda batas atas dan batas bawah. Piringan skala dapat diputar untuk kalibrasi posisi nol.

Keamanan dan keselamatan

from ; stickycustoms.com

Sebelum dan setelah menggunakan dial indicator, harus dijaga agar tetap bersih dari debu dan kotoran. Bersihkan menggunakan sehelai kain bersih atau chamois. Periksa keadaan dial indicator dari kerusakan. 

Pastikan skala dan ukuran yang tertera harus terlihat jelas. Apabila mengukur langsung pada mesin, pastikan mesin dalam keadaan mati atau netral. Perlu diingat, jangan sampai dial indicator terjatuh atau mengalami benturan keras. Hal ini akan menyebabkan dial indicator tidak presisi atau mengalami penyimpangan.

2 pemikiran pada “Dial Indicator dan Fungsinya”

    • stand magnet digunakan sebagai penopang dial indicatornya gan. Bisa menggunakan stand yang lain. yang penting kuat pada saat dipasang dan fleksibel.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: