Cara Mengukur Cincin

Bagi anda yang akan membeli sebuah cincin tentunya anda menginginkan ukuran cincin yang pas untuk jari Anda atau pasangan anda. Jangan sampai terlalu sesak atau terlalu longgar. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Bagaimana cara mengukur cincin dengan mudah.

Cara Mengukur Cincin

Cara Mengukur diameter jari

Cara ini digunakan Ketika anda belum memiliki cincin. Sehingga anda hanya perlu mengukur ukuran diameter jari yang akan dipakaikan cincin. Dengan cara ini Anda membutuhkan beberapa peralatan yaitu penggaris, ballpoint/alat tulis, dan kertas atau pita. Caranya yaitu

  1. lingkarkan kertas atau pita pada jari yang akan diukur.

    mengukur diameter cincin dengan kertas
  2. Tandai pertemuan kertas menggunakan alat tulis. Dengan demikian anda menemukan batas dari lingkar jari anda untuk memilih cincin yang tepat.
    menandai batas kertas dengan pulpen
  3. Ukur panjang kertas tersebut menggunakan penggaris. Panjang kertas tersebut adalah keliling lingkaran cincin yang anda butuhkan. Jika anda ingin mengetahui diameter cincin Anda bisa mengalikan keliling lingkaran tersebut dengan 7/22 (atau dibagi phi). Dengan demikian anda bisa mendapatkan ukuran diameter cincin.
    mengukur panjang kertas

Ukuran Standar keliling lingkar jari Pria berkisar antara 5,8-6.5 cm.
Ukuran Standar keliling lingkar jari Wanita berkisar antara 4,5-5,5 cm.

Pelajari juga
Rumus keliling lingkaran dan contoh soalnya di nilaimutlak.id
 

Mengukur diameter cincin

Cara ini digunakan Ketika anda sudah memiliki cincin. Untuk mengukur diameter nya Anda bisa menggunakan alat ukur berupa jangka sorong atau penggaris.
Jika Anda menggunakan jangka sorong Anda bisa menggunakan rahang atas untuk mengukur diameter dalam cincin.

mengukur cincin dengan jangka sorong

Bagaimana cukup mudah bukan dengan cara ini anda bisa menemukan ukuran cincin yang pas untuk jari anda dan pasangan anda. Demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar