Cara Membuat Ulir Dalam

Cara membuat ulir dalam – Dalam pembuatan sambungan mur dan baut, kita pasti membutuhkan ulir untuk menyatukannya. Baik itu ulir luar maupun ulir dalam.

Sebelum membuat ulir, anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian ulir dan jenis-jenisnya. Dan kami sudah menjelaskannya di artikel “Pengertian Ulir dan Bagian-Bagian Ulir Paling Lengkap”.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat ulir dalam secara lengkap. Untuk membuat ulir dalam, kita bisa menggunakan dua metode yaitu :

Manual Menggunakan Tap

Membuat ulir dalam menggunakan tap umumnya digunakan untuk membuat ulir yang pendek dan terbatas. Tap dapat digunakan untuk membuat ulir tembus maupun tak tembus (ulir buntu).

Juga dapat digunakan untuk perbaikan ulir yang rusak. Tap memiliki bentuk ulir luar dan memiliki lekukan memanjang yang disebut galur.

Suatu tap memiliki tiga atau lebih galur. Galur ini berfungsi sebagai jalan pembuangan sisa potongan pada proses pengetapan.

Perlu anda ketahui bahwa tap memiliki ukuran ulir yang berbeda-beda. Biasanya tertulis pada body tap. Satu set tap terdiri dari tiga jenis tap, yaitu :

jenis tap
homedepot.com
  • Tap No.1 tap tirus (taper tap). Digunakan untuk pengerjaan awal dalam pengetapan.
  • Tap No.2 tap setengah tirus (plug tap). Digunakan setelah selesai pengerjaan menggunakan Tap No.1.
  • Tap No.3 tap silindris (bottoming tap). Tap ini digunakan untuk pengerjaan finishing atau untuk menyempurnakan bentuk ulirnya.

Dalam menggunakan tap, kita membutuhkan pegangan yang disebut handle tap. Handle tap ini berfungsi untuk memegang tap dan memudahkan penggunanya untuk memutar tap.

handle tap
horme.com.sg

Sebelum melakukan penguliran, kita perlu membuat suatu lubang pada benda kerja dengan cara dibor. Besarnya lubang yang akan dibuat ulir harus benar. Jangan sampai lebih besar dari ukuran tap.

Untuk menentukan ukuran lubang, kita dapat menentukannya dengan cara mengetahui ukuran diameter minor ulirnya. Sehingga rumus diameter lubangnya adalah

Diameter Lubang=Diameter nominal-Kisar atau Pitch

Contoh Ulir dalam dengan ukuran ulir M8x1. Maka diameter lubangnya adalah 8-1=7 mm.

Langkah Pembuatan Ulir Dalam Menggunakan Tap

  1. Ikat atau cekam benda kerja dengan kuat dan benar. Pastikan bidang yang akan di bor tegak lurus dengan bor.
  2. Buatlah lubang pada benda kerja dengan besar dan kedalaman sesuai dengan kebutuhan. Pastikan lubangnya juga tegak lurus.
  3. Buatlah chamfer menggunakan countersink untuk memudahkan tap masuk ke dalam lubang.
  4. Pasang Tap No.1 pada handle tap.
  5. Kemudian masukkan ujung tap pada lubang. Pastikan posisi tap tegak lurus, sehingga ulir yang dihasilkan tidak miring.
  6. Putarlah handle tap menggunakan kedua tangan dengan kekuatan yang seimbang. Jangan terlalu kuat dalam menekan tap, karena tap bisa patah dan tersangkut dalam lubang.

    proses pengetapan
    makezine.com
  7. Lakukan putaran ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Hal ini bertujuan untuk gerak pemakanan dan pembuangan tatal.
  8. Jangan lupa untuk memberikan oli pelumas pada proses pengetapan.
  9. Bersihkan tatal atau sisa hasil pemakanan agar tidak mengganggu proses pengetapan. Dengan cara mengeluarkan tap dari lubang kemudian disemprot menggunakan angin.
  10. Jika Tap No.1 sudah mencapai kedalaman yang dibutuhkan, gantilah dengan Tap No.2.
  11. Ulangi langkah ke 5 sampai ke 9.
  12. Ganti dengan Tap No.3 kemudian ulangi langkah ke 5 sampai 9.
  13. Kemudian cek ulirnya menggunakan baut dengan ukuran ulir yang sama.

Menggunakan Mesin Bubut

Pembuatan ulir dalam menggunakan mesin bubut biasanya dilakukan untuk ukuran lubang yang besar. Sehingga membutuhkan keahlian khusus dalam melakukan penguliran.

Dalam pembuatan ulir ini kita membutuhkan beberapa alat, antara lain :

  1. Mesin Bubut
  2. Mata bor
  3. Pahat Chamfer
  4. Pahat ulir dalam
  5. Baut yang memiliki ukuran yang sama dengan ulir yang akan dibuat
  6. Thread gauge

Langkah Pembuatan Ulir Dalam Sudah kami jelaskan di artikel berikutnya.

Kata Kunci Pencarian

  • Cara membuat ulir dalam
  • Cara mengetap yang baik dan benar
  • Cara menentukan besar lubang yang akan ditap
  • Membuat ulir dalam
  • Proses penguliran manual

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: