√ 3 Cara Memasang Pahat Bubut Pada Mesin Bubut

Cara Memasangan Pahat – Sebelum melakukan pembubutan, hendaknya operator mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Baik itu benda kerja, alat ukur, alat potong, pengaturan mesin, dan lain-lain. Salah satu persiapan yang dilakukan operator ialah pemasangan pahat bubut.

Pemasangan pahat bubut ada tiga macam, yaitu lebih tinggi dari senter, setinggi senter, dan lebih rendah dari senter. Senter yang dimaksud disini adalah sumbu utama dari mesin bubut yaitu pada kepala tetap.

Pastikan anda sudah baca √ Teori Dasar Mesin Bubut [Materi Lengkap + Gambar].

Jangan selalu menentukan tinggi senter dengan senter pada kepala lepas. Karena sering dijumpai senter pada kepala lepas lebih rendah dari senter kepala tetap.Setiap pemasangan memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri.

Ingin tahu apa saja keunggulan dan kekurangan dari masing-masing pemasangan? Sehingga anda tahu pemasangan seperti apa yang anda butuhkan sebelum membubut. Mari kita bahas jenis-jenis pemasangan pahat pada mesin bubut.

Lebih tinggi dari senter

lebih tinggi dari senterPemasangan pahat bubut yang lebih tinggi dari senter ini terkadang menjadi pilihan bagi operator. Karena hasil pembubutan yang lebih halus dan mudah dalam pemasangannya. Namun ada juga operator yang tidak setuju dengan pemasangan lebih tinggi dari senter. Karena ditakutkan bagian pahat yang terkena benda kerja tidak tepat pada mata potongnya, tapi bagian bawah mata potong.

Jadi sebenarnya pemasangan pahat bubut lebih tinggi dari senter itu boleh. Namun selisih jarak dengan tinggi senternya tidak terlalu jauh. Pemasangan pahat seperti ini jangan digunakan untuk membubut facing benda yang rapat. Karena akan menyisakan bagian kecil yang menonjol di tengah benda kerja.

Setinggi senter

setinggi senterDalam teori yang diajarkan, pahat bubut harus dipasang setinggi senter. Pemasangan pahat ini cocok untuk semua jenis pahat. Namun dalam pemasangannya sedikit rumit dan membutuhkan waktu. Tebalnya pengganjal pahat harus diperhitungkan benar-benar agar mata potong tepat berada setinggi senter.

Baca Juga √ Cara Memasang Pahat Bubut [Panduan Lengkap].

Hasil pembubutan tidak jauh berbeda dengan pemasangan lebih tinggi dari senter. Anda bisa membuktikan sendiri bagaimana pemasangan yang akan dipilih. Setinggi senter atau lebih tinggi dari senter.

Lebih rendah dari senter

lebih rendah dari senterPemasangan pahat bubut lebih rendah dari senter sangat tidak dianjurkan. Pemasangan seperti ini mengakibatkan beban yang diterima oleh pahat berlebihan. Pahat akan cepat aus bahkan patah. Bisa dibilang pemasangan pahat bubut lebih rendah dari senter itu berbahaya.

Potensi kecelakaan yang besar. Berbahaya bagi operator, karena bisa melukai. Berbahaya bagi benda kerja, karena bisa merusak benda kerja. Berbahaya bagi mesin, karena bisa merusak kinerja mesin. Maka dari itu jangan gunakan pemasangan pahat yang lebih rendah dari senter.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: