8 Tips Sukses Bisnis Bengkel Motor Untuk Pemula

Bisnis bengkel merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Maka dari itu membutuhkan langkah-langkah yang tepat untuk melakukannya. di sini akan membahas tentang apa saja tips dan trik sukses bisnis bengkel paling greget dan berkah pastinya.

bengkel
pixabay.com

Mungkin orang awam belum tau apa itu bisnis bengkel bubut dan korter. Yang orang-orang tau bengkel itu pekerjaannya bongkar pasang spare part, ganti spare part, las, tambal ban. Hanya sebatas itu saja.

Padahal masih banyak hal-hal yang kemungkinan terjadi kerusakan pada spare part sepeda motor atau mobil. Contohnya, silinder blok pada mesin sepeda motor yang gancet, ulir atau drat yang sudah aus, baut patah saat dilepas dan potongannya tertinggal, dan lain-lain.

Bengkel motor biasa pasti akan kebingungan jika menghadapi masalah seperti itu.

 

Tips Bisnis Bengkel

Di sinilah peran bengkel bubut dan korter. Peluang usaha masih terbuka lebar. Tinggal orang yang mau berusaha atau tidak. Ada beberapa tips agar bisnis bengkel berjalan lancar, yaitu :

Niat

 

from : Kiblat.net

Dalam melakukan apapun. Harus didasari dengan niat. Sesuai hadist yang menjelaskan bahwa semua amalan atau perbuatan didasarkan pada niatnya. Jadi niat disini sangatlah penting.

Tanamkan pada diri anda niat membuka usaha ini semata-mata beribadah kepada Allah SWT, maka usaha kita akan berkah dan selalu dilindungi Allah SWT.

Modal

from : pixabay.com

Modal disini adalah bagian dari usaha yang akan kita jalankan. Misalkan akan memulai usaha dari nol. Anda harus mencari modal yang cukup untuk membuka usaha ini. Gunakan tabungan anda yang sudah anda kumpulkan dari pekerjaan yang sebelumnya.

Tidak disarankan untuk berhutang, apalagi hutang yang mengandung riba. Seperti yang telah dijelaskan pada  Surah Al-Baqarah:75. Ayat ini menyebutkan bahwa Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba, apabila dalam usaha kita mengandung riba maka penghasilan kita akan bernilai haram di hadapan Allah SWT.

Maka dari itu kita dipersiapkan benar-benar usaha yang akan kita jalankan. Menabung memang terlihat lama, tapi jangan terburu-buru dalam melakukan usaha.Karena semua hal membutuhkan proses yang panjang.

Ibaratkan seperti menanam pohon, anda menginginkan pohon yang tinggi dan besar. Maka anda harus menanam bibitnya dan merawatnya selama bertahun-tahun.

istiqomah

from : pixabay.com

Dalam dunia usaha pasti ada pasang surutnya. Terkadang bengkel ramai kadang juga sepi. Tapi anda harus tetap menjalaninya, jangan karena bengkel sepi anda menutup bengkel lebih awal. Harus konsisten dengan jam kerja.

Skill atau keterampilan

from : pixabay.com

Skill operator yang profesional pasti akan dicari oleh semua orang. Walaupun tempatnya tidak strategis tidak menjadi masalah apabila pelayanan yang kita berikan memuaskan hasilnya.

Alat dan perlengkapan

pixabay.com

Usahakan mesin-mesin dan perlengkapan yang anda miliki benar-benar lengkap. Usahakan dalam penataan mesin dan perlengkapannya disusun rapi agar nyaman dalam bekerja. Misalkan kunci-kunci disusun rapi agar mudah mencari apa yang dibutuhkan.

Tempat

from : pixabay.com

Tempat yang strategis memang bagus, apalagi jika memiliki lahan atau bangunan di pinggir jalan raya. Tapi yang lebih penting, anda bisa memanfaatkan yang anda miliki. Baik itu tanah ataupun bangunan. Bisa menggunakan ruang tamu di rumah atau lahan dekat rumah untuk dijadikan bengkel.

Akan terasa lebih nyaman bila tempat kerja dekat dengan rumah. Selain menghemat uang transport, juga menghemat waktu. Sehingga pada saat istirahat makan, bisa makan siang di rumah. Saat istirahat sholat anda bisa pergi berjamaah di masjid.

Siap menghadapi dalam keadaan apapun

from : pixabay.com

Hidup itu perjuangan, jadi harus siap menghadapi keadaan apapun. Hujan dan panas terik jangan menjadi penghalan anda untuk bekerja. Jika memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, anda tidak akan meninggalkan pekerjaan.

Saat bekerja pun mungkin akan menghadapi pekerjaan yang sulit. Anda harus mencari solusinya. Sesuai firman Allah SWT (Al-Baqarah : 75) yang menerangkan bahwa dimana ada kesulitan pasti ada kemudahan. Jadi pasti ada solusi untuk masalah yang dihadapi.

Pelayanan yang memadai

from : pixabay.com

Layani pelanggan dengan maksimal. Gunakan kata-kata yang ramah kepada pelanggan. Sediakan tempat duduk. Akan lebih baik lagi jika ada makanan ringan dan air mineral gratis untuk pelanggan yang menunggu. Pelanggan akan merasa nyaman dengan pelayan yang menyenangkan dan akan datang kembali jika membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: